Lapor Usai Temui Bos Freeport, Luhut Sebut SBY Tak Mau Perpanjang Kontrak
Nasional

Luhut melaporkan pertemuannya dengan Bos Freeport pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

WowKeren - Senin (14/12), Luhut Binsar Panjaitan memenuhi panggilan dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Dalam sidang tersebut, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan ini menjawab sejumlah pertanyaan terkait namanya yang disebut-sebut dalam rekaman.

Dari keterangan yang diberikan, ia mengakui pernah bertemu dengan Chairman of Board PT Freeport McMoran, James R Moffett pada April 2012 lalu. Luhut yang saat itu belum berada di pemerintahan menyampaikan pertemuannya ke beberapa pihak termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya minta izin ke SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Menko Perekonomian (Hatta Rajasa) dan Menkeu (Agus Martowardojo)," ujar Luhut. Namun, ia mengaku tak ingat apakah pertemuan itu juga disampaikannya ke Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid atau tidak.


Luhut mengatakan, James saat itu mengajak bekerja sama untuk memperpanjang kontrak Freeport. Ia kemudian menyampaikan keinginan bos Freeport tersebut kepada SBY.

Namun, Luhut tak membantu Freeport karena SBY dan pemerintah menolak dengan tegas perpanjangan kontrak tersebut. "Pemerintah tidak setuju. Kami sepakat lupakan, tidak ada lagi terjun di situ," ujarnya.

Sementara itu, Luhut sebelumnya sempat menggelar konferensi pers untuk menjelaskan posisinya dalam kasus "papa minta saham" ini. Langkah tersebut ia lakukan karena telah mengganggu privasi keluarganya.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait