Setelah George Clooney, Kini Giliran Lupita Nyong'o Protes Isu Rasis di Oscar 2016
Film

Oscar 2016 dianggap terlalu diskriminatif terhadap para pelaku seni keturunan Afrika-Amerika.

WowKeren - Meski belum digelar, pergelaran Oscar 2016 nampaknya juga tak luput dari kontroversi yang sama selama beberapa tahun terakhir ini. Isu ketidakadanya keberanekaragaman ras di dalam nominasi dianggap sebagai tindakan diskriminatif terhadap para pelaku seni keturunan Afrika-Amerika.

Setelah aktor tampan George Clooney memberikan komentarnya terkait hal tersebut, kini giliran aktris keturunan Kenya Lupita Nyong'o angkat suara. Meski dirinya pernah maju ke atas panggung dan menerima piala Oscar pada 2013 lalu, Lupita lebih memilih untuk berdiri bersama mereka yang memprotes Oscar.

"Aku kecewa dengan hasil nominasi Oscar tahun ini. Itu membuatku berprasangka tentang apa yang membawa wibawa bangsa kita," tulis Lupita dalam akun Instagram-nya. "Penghargaan seharusnya tak mendikte aturan seni dalam kehidupan modern, tapi lebih menunjukkan beragam refleksi dari bagian diri kita yang terbaik saat ini."

"Aku berdiri bersama rekan-rekanku yang ingin sebuah perubahan luas dalam hal ini," lanjutnya. "Dan juga untuk orang-orang yang seharusnya mendapat pengakuan."


Sementara itu, pihak Oscar sudah berupaya untuk memberikan keanekaragaman dalam setiap nominasi dengan mengganti para anggota. Namun nyatanya hal tersebut tak berpengaruh sama sekali dengan hanya sedikit sineas keturunan Afrika-Amerika yang masuk dalam daftar nominasi atau bahkan tidak ada sama sekali untuk tahun ini.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru