Harap Diperhatikan, Ini Daftar 15 Game Berbahaya untuk Anak Versi Kemendikbud
SerbaSerbi

Jika tidak diawasi, game bisa berdampak buruk bagi anak-anak.28

WowKeren - Saat ini, banyak anak-anak yang ketergantungan bermain game. Sebenarnya bermain game tidak dilarang, namun orang tua hendaknya lebih memperhatikan jenis game apa yang dimainkan anak-anaknya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menyebut jika anak-anak memainkan permainan untuk dewasa maka bisa menimbulkan dampak negatif. Apalagi jika mereka sudah kecanduan, hal itu bisa memacu adrenalin dan menyebabkan perilaku brutal.

"Tidak semua game memiliki karakteristik yang cocok untuk dimainkan anak-anak," ujar Anies dilansir melalui Sahabat Keluarga Kemendikbud, Senin, (25/4). "Orangtua perlu tahu dan peduli bahwa ada sistem peringkat (rating) yang memberi peringatan pembelinya tentang kecocokan konten untuk dimainkan anak usia tertentu. Sehingga anak-anak terhindar dari dampak buruknya."


Berikut daftar 15 game berbahaya versi Kemendikbud:

  1. World of Warcraft
  2. Call of Duty
  3. Point Blank
  4. Cross Fire
  5. War Rock
  6. Counter Strike
  7. Mortal Kombat
  8. Future Cop
  9. Carmageddon
  10. Shelshock
  11. Raising Force
  12. Atlantica
  13. Conflict Vietnam
  14. Bully
  15. Grand Theft Auto

Dengan pengkategorian seperti ini, Anas berharap orang tua dapat menyadari dan membimbing anak-anaknya memilih game yang cocok sesuai usia. Penggunaan game dalam porsi yang pas dan seimbang tetap dapat menghibur tanpa berisiko memberikan dampak buruk.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru