WowKeren.com Logo
WK COMMUNITY
Topik Keren
TAGS

Nggak Harus Diukur dari Nilai, Inilah Tanda Anak yang Punya Kecerdasan di Atas Rata-Rata

13 May 2017 17:46:09 WIB
Coba cek sendiri, kalau punya tanda-tanda seperti ini mungkin kamu juga termasuk orang yang cerdas.

WowKeren.com - Banyak orang yang berpikiran jika kecerdasan seseorang dapat dilihat dari nilai-nilainya di sekolah. Jika ada anak memiliki nilai di bawah rata-rata, pasti dicap dengan label pemalas atau bodoh. Namun hal itu tak sepenuhnya benar.

Ternyata, tingkat kecerdasan seseorang sulit untuk diukur secara pasti, bahkan jika dilihat dari ukuran nilai. Albert Einstein sebagai ilmuwan paling berbakat pun dianggap bodoh karena kesulitan belajar di sekolahnya.

Lalu seperti apa sih tanda-tanda dari anak yang cerdas? Berikut ulasannya.

1. Punya Gangguan Mental





Gangguan mental dan kecerdasan memang masih kontroversial bahkan dianggap sebagai hal yang bertentangan. Tapi lihat saja beberapa orang berbakat di bidang sastra Vincent Van Gogh dan Ernest Hemingway yang ternyata menderita bipolar.

Kaitan antara kecerdasan dan kesehatan mental memang masih belum terlalu jelas. Tapi dalam salah satu teori menyebut jika protein spesifik yang terkait dengan memori dan rasa ingin tahu juga terkait dengan gangguan bipolar dan skizofrenia pada manusia.

Selain itu, menyelesaikan soal matematika dan memproses informasi dengan cepat bisa membuat seseorang beresiko mengalami mania. Jadi jangan menganggap remeh anak yang memiliki gangguan mental ya. Siapa tahu dia sebenarnya adalah anak cerdas.

2. Bahasa Kurang Sopan





Secara umum, kebanyakan orang memang mengaitkan tata bicara yang kasar atau tidak sopan dengan rendahnya tingkat pendidikan seseorang. Tapi dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengumpat ternyata adalah orang cerdas.

Hal itu terjadi karena mereka biasanya memiliki kosa-kata yang lebih banyak. Ditambah dengan pemikiran kritis yang ada di sekitarnya membuat mereka cenderung tidak puas. Namun dilihat-lihat dulu ya, kalimat kurang sopan apa yang diucapkan.

3. Berani Ambil Risiko





Ada yang suka dengan tantangan? Wah bisa jadi kamu adalah orang yang cerdas juga nih. Hal ini terungkap dari sebuah penelitian pada 2015 lalu yang dilakukan di Finlandia.

Seseorang atau anak yang suka dan terbuka pada tantangan baru dinilai sebagai orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Pasalnya, mereka tidak takut mengambil risiko sehingga cenderung punya kecerdasan lebih tinggi.

4. Kurang Aktif





Malas memang erat kaitannya dengan kebodohan. Bahkan ada sebuah perkataan yang menyebut jika, "tak ada orang bodoh, yang ada hanya orang malas".

Meski sifat pemalas tak akan membuat seseorang lebih pintar, tetapi orang yang banyak berpikir biasanya tidak tertarik pada olahraga. Daripada menggunakan tenaga untuk mengerahkan tenaga fisik, mereka lebih senang menghabiskan waktunya untuk berpikir.

5. Anak Sulung





Siapa sangka ternyata urutan lahir juga berpengaruh pada tingkat kecerdasan seseorang lho. Pada umumnya anak sulung punya kecerdasan lebih tinggi dibanding adik-adiknya.

Kemungkinan ini terjadi karena pengaruh dari orangtua. Pasalnya, anak pertama biasa dididik dengan keras untuk berdisiplin dan bertanggung jawab kepada adik-adiknya kelak.

Itulah beberapa tanda-tanda dari tingkat kecerdasan seseorang. Kalau kalian atau kerabat punya anak yang memiliki tanda-tanda di atas, jangan dianggap remeh ya. Siapa tahu suatu hari mereka akan menjadi ilmuwan cerdas. Yang jelas, kecerdasan itu masih perlu diasah dengan belajar dengan rajin. (wk/kr)

Berita Unik Menarik terkait :
Ucapkan Kata-Kata Ini di Kencan Pertama, 10 Sinyal Ini Jadi Pertanda Kamu Wajib Tinggalkan Gebetan
Kadang Kelewat Sensitif, 10 Tanda Ini Justru Jadi Bukti Kamu Adalah Pacar Romantis
Astaga! 8 Kebiasaan Sehari-Hari yang Kamu Lakukan Ini Bisa Merusak Tulang Belakang, Awas Bungkuk
Nggak Sekedar Diseduh, 7 Sajian Teh Unik Khas dari Penjuru Dunia Ini Wajib Dicoba Para Pecinta Teh

BERITA : Seleb | Korea | Film | TV | Musik | Olahraga | Umum | RSS | WK on Twitter | WK on Facebook | Mobile Version
Tentang Kami | Kontak | Job Vacancy | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan    © 2017 Copyright MEDIA INFO. All Rights Reserved.