WowKeren.com Logo
WK COMMUNITY
Topik Keren
TAGS

Waspada Serangan Ransomware WannaCry, Lakukan 6 Cara Mudah Untuk Lindungi Komputer dari Virus Jahat

15 May 2017 09:18:21 WIB
Nggak usah panik, berikut cara mudah dan lengkap untuk menangani serangan virus global Ransomware WannaCry dari komputer.

WowKeren.com - Publik internasional kini tengah dihebohkan dengan virus Ransomware WannaCry yang menyerang berbagai instansi penting dunia. Virus itu bahkan telah menyerang beberapa rumah sakit di Indonesia. Tak heran jika kabar itu langsung menghebohkan warga.

Nah, untuk mencegah terkena serangan virus Ransomware WannaCry hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah tak perlu panik. Lakukan beberapa langkah-langkah berikut agar komputer kalian aman dari malware atau virus jahat.

1. Kenali Jenis Ransomware





Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengenali jenis virus Ransomware yang kini tengah banyak menyerang. Pasalnya, ada banyak jenis Ransomware yang sudah tersebar. Sementara yang tengah menyerang sekarang adalah jenis WannaCry.

Nah, biasanya para peretas akan selalu memperbarui ransomware mereka. Sehingga ada baiknya jika kalian terus mengikuti perkembangannya. Jika ingin lebih aman, kalian bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengamankan komputer yang terkait bisnis.

2. Backup Data





Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mem-backup seluruh informasi atau data penting yang ada di komputer kalian. Kalian bisa memilih-milih aset penting mana yang harus dilindungi terlebih dahulu dan memindahkannya ke perangkat lain seperti eksternal HDD.

Cara terbaik untuk mem-backup data adalah dengan menyimpannya di eksternal HDD yang sama sekali tidak terhubung dengan internet. Sehingga jika terkena serangan, kalian tak perlu khawatir kehilangan data-data yang ada di dalam perangkat.

3. Curigai Email, Situs Web dan Aplikasi Asing





Hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mencurigai email, situs web dan aplikasi asing yang muncul di komputer kalian. Pasalnya, hal itulah yang biasa dilakukan oleh para hacker pada umumnya.

Mereka akan melakukan serangan dengan menggunakan metode phishing email, iklan palsu di situs web atau aplikasi dan program mencurigakan yang membuat kalian mengklik sebuah link asing yang justru menjadi virus. Sehingga ada baiknya kalian berhati-hati ketika membuka email atau berkunjung ke situs web yang tak dikenal.

4. Gunakan Program Antivirus





Langkah pencegahan berikutnya adalah memanfaatkan program antivirus dengan semaksimal mungkin. Pasalnya program antivirus memang dapat menghentikan serangan ransomware sebelum diunduh ke dalam komputer dan menghapusnya jika terdeteksi.

Cara kerja program antivirus biasanya bisa langsung memblokir proses instalasi otomatis dari beberapa iklan palsu saat kita menyalakan internet. Dengan begitu mereka akan mencari apakah ada malware yang menginfeksi komputer.

5. Install Update





Sesuai dengan arahan Menkominfo, kalian juga perlu memperbarui software atau aplikasi yang digunakan saat tersedia. Dengan begini, pengembang bisa memperbaiki kesalahan yang sering dimanfaatkan untuk menjadi cela bagi serangan Ransomware.

Kalian bisa mengunduh dan menginstall update security pada sistem operasi Windows dengan menginstall patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft. Namun virus itu lebih banyak menyerang para pengguna Windows 8.

6. Jangan Bayar tebusan





Jika sudah menyerang, pihak Ransomware WannaCry akan menuliskan pesan agar para korban mau membayar sejumlah uang untuk mendapatkan kembali akses ke dalam data. Namun pemerintah, menghimbau kepada para korban agar tidak membayar uang tebusan yang diminta.

Hal ini karena usai membayar tebusan belum berarti data-data yang disandera akan bisa langsung didapatkan kembali. Biasanya para hacker akan mengulur waktu dan meminta tebusan tambahan.

Itulah beberapa informasi dan langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah serangan Ransomware WannaCry. Dengan cara mem-backup dan mengupdate, kalian bisa segera memulihkan data dan mencegah serangan virus jahat tersebut. (wk/kr)

loading...
loading...


Berita Unik Menarik terkait :
Jomblo Nggak Usah Ngelamun, Mending Ngabuburit Dengan Hal Seru Ini Biar Puasamu Tetap Asyik
Jangan Asal Kenyang, Inilah Menu Buka Puasa yang Sehat Biar Tubuhmu Nggak Gampang Sakit
Buat yang Susah Bangun Sahur, Lakukan 5 Tips Ini Biar Nggak Telat dan Nyusahin Orang Serumah
Bukan Gambar Makanan, Ternyata Ini Lho yang Dicari Orang Indonesia Lewat Google Saat Ramadan

BERITA : Seleb | Korea | Film | TV | Musik | Olahraga | Umum | RSS | WK on Twitter | WK on Facebook | Mobile Version
Tentang Kami | Kontak | Job Vacancy | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan    © 2017 Copyright MEDIA INFO. All Rights Reserved.