WowKeren.com Logo
WowKeren Slogan
WK COMMUNITY
Topik Keren
TAGS

Ini 10 Cara Mudah Deteksi Kebohongan yang Wajib Kamu Tahu

09 Oct 2017 14:30:43 WIB
Berikut ini 10 cara mudah mendeteksi dan mengetahui jika seseorang sedang berbohong.

WowKeren.com - Kadang-kadang, seseorang berbohong memang untuk sengaja menutup-nutupi atau hanya berusaha agar tidak membuat orang lain terluka. Namun nyatanya, berkata jujur meski menyakitkan jauh lebih baik ketimbang harus mencari alasan dengan berbohong.

Bagi kamu yang sering dibohong, hal ini tentu tidak mengenakkan. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa menghindarinya karena kebohongan sebenarnya dapat dideteksi. Berikut ini 10 cara mudah mendeteksinya seperti dikutip dari Brightside:

1. Jawaban Samar




Kebohongan dapat dideteksi dari bagaimana cara seseorang menjawab sebuah pertanyaan. Seperti contoh pada gambar di atas dan poin-poin lain di bawah ini. Memberikan jawaban yang ambigu, samar dan tidak jelas terhadap sebuah pertanyaan bisa menjadi tanda seseorang sedang menutupi kebenaran. Padahal harusnya pertanyaan seperti pada gambar bisa dijawab dengan "Ya" atau "Tidak".

2. Menertawakan Pertanyaan




Jika seseorang menjadikan pertanyaanmu sebagai bahan candaan, besar kemungkinan ia sedang berbohong. Mereka menipumu dengan cara membuatmu tertawa. Meski pertanyaanmu serius, gara-gara responnya, maka obrolan kalian malah jadi tidak berguna.

3. Jujur yang Berlebihan




Ketiga, ketika seseorang itu bersumpah tidak melakukan sesuatu hal, justru tanda-tanda kebohongannya semakin jelas terlihat. Jangan percaya pada sikapnya yang terkesan jujur namun dilebih-lebihkan ini.

4. Bersimpati




Tanda keempat ini mungkin akan menyulitkanmu. Ia bisa saja menunjukkan simpati, tapi sebaiknya kamu jangan tertipu. Seseorang ini mungkin mencoba untuk menipumu.

5. Menjawab Pertanyaan dengan Pertanyaan




Orang yang berbohong kepadamu tidak akan menjawab secara langsung. Mereka justru akan bertanya balik atas pertanyaan yang kamu berikan. Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan yang lebih banyak ini sudah jelas tanda kebohongan.

6. Bengong




Seseorang sedang berbohong, atau setidaknya berusaha untuk tidak jujur ketika ia berpikir terlalu lama untuk memberikan jawaban. Lebih banyak bengong bisa jadi. Seperti contoh di atas, ia sudah pasti memakan kue milikmu dan kamu harus membuatnya mengaku untuk itu.

7. Overacting




Seseorang yang berlebihan dalam menanggapi pertanyaan sederhana juga kemungkinan besar bersalah. Emosi manusia berubah cukup cepat dalam kurang dari 10 detik. Jadi kalau dia tidak jujur, dia akan pura-pura terkejut untuk meyakinkanmu.

8. Marah




Marah dan terlihat tersinggung adalah satu dari tanda-tanda kebohongan. Ini hanya caranya membela diri. Ketika dia mulai menanggapinya dengan serius, coba untuk menenangkan dan tanyakan lagi apa yang sebenarnya terjadi.

9. Mengulang Pertanyaan




Ia sudah jelas berbohong ketika pertanyaanmu dijawab dengan pengulangan. Tapi pastikan, dia tidak dapat menipumu dengan cara ini, karena kamu tahu itu bohong.

10. Menolak Menjawab




Tanda terakhir adalah, seorang yang sedang berbohong lebih sering mengalihkan pembicaraan. Rasanya, ia seperti hendak mengatakan padamu agar tidak membicarakan soal ini lagi. (wk/kr)

Berita Unik Menarik terkait :
Tak Perlu ke Rumah Sakit, 6 Tes Kesehatan Sederhana Ini Bisa Kamu Lakukan Sendiri
Waspada! Ini 8 Tanda Awal Penyakit Kanker yang Sering Diabaikan
Menunjang Penampilan, Simak 4 Alasan Bra Ternyata Tak Baik untuk Kesehatan Payudara
Bekerja Terlalu Keras? Konsumsi Makanan Ini Jika Sering Pusing dan Insomnia

BERITA : Seleb | Korea | Film | TV | Musik | Olahraga | Umum | RSS | WK on Twitter | WK on Facebook | Mobile Version
Tentang Kami | Kontak | Job Vacancy | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan    © 2017 Copyright MEDIA INFO. All Rights Reserved.