WowKeren.com Logo
WK COMMUNITY

Biografi Renee Zellweger


Index | Bio | Profil | Berita | Film

Renee Zellweger

Nama asli : Renee Kathleen Zellweger
Tanggal lahir : 25 April 1969
Lahir di : Katy, Texas, USA
Zodiac : Taurus
Terkenal sejak berperan sebagai Dorothy Boyd di film "Jerry Maguire" (1996)

Lahir di Katy, Texas, pada 25 April 1969, Renee Kathleen Zellweger atau yang akrab disapa Renee Zellweger adalah adik dari Andrew sekaligus putri bungsu pasangan Emil Erich Zellweger (insiyur mekanik dan listrik) dan Kjellfrid Irene Andreassen (mantan perawat dan guru privat).

Sejak masih muda, Renee dikenal sebagai gadis yang aktif dalam pergaulan dan berbakat olahraga. Adapun dia ahli dalam sepak bola, basket, bisbol dan football. Saat menempuh pendidikan di Katy High School, Renee terpilih menjadi pesenam dan pemandu sorak. Selain itu dia juga menjadi anggota tim pidato dan klub drama. Keterlibatannya di klub drama tersebut membuat Renee menyadari bakat aktingnya. Dia kerap tampil bermain dalam drama sekolah dan mendapat predikat Best Looking oleh teman-temannya.

Setelah lulus, Renee kuliah di University of Texas di Austin, Amerika Serikat, dan mengambil jurusan bahasa Inggris. Semasa kuliah, Renee adalah mahasiswi berprestasi dan kerap menjadi kesayangan Dekan. Di kampusnya, Renee juga memilih kelas drama sebagai salah satu bidang studinya. Awalnya, Renee mengambil kelas tersebut untuk meningkatkan nilainya. Seiring berjalannya waktu, Renee menyadari bahwa keputusan itu hanyalah bukti bahwa dia benar-benar menyukai akting.

Tahun 1991, Renee lulus dan meraih gelar sarjananya. Dia pun kemudian memperoleh pekerjaan sebagai bintang iklan untuk produk makanan. Tak puas menjadi bintang iklan, Renee pun mulai berburu dan mengikuti audisi di berbagai wilayah Texas. Renee berhasil mengawali debut sebagai aktris lewat serial TV "A Taste for Killing" (1992). Meski Renee telah mendapat kesempatan untuk tampil di film terkenal seperti "Reality Bites" (1994) dan "Texas Chainsaw Massacre: The Next Generation" (1994), namun namanya baru dikenal ketika dia berperan sebagai kekasih Tom Cruise, Dorothy Boyd, di film "Jerry Maguire" (1996). Kepiawaiannya sebagai Dorothy dipuji para kritikus film. Apalagi, Renee berhasil terpilih setelah sebelumnya bersaing dengan aktris senior seperti Mira Sorvino dan Marisa Tomei.

Nama Renee semakin melejit saat dia terpilih menghidupkan karakter Bridget Jones di film adaptasi novel karangan Helen Fielding berjudul sama, "Bridget Jones's Diary" (2001). Berkat film tersebut, Renee mendapat kesempatan untuk tampil di film-film box office seperti "Down with Love", "Cinderella Man" dan "Case 39". Selama perjalanan karirnya, Renee juga mendapat banyak penghargaan bergengsi seperti dua penghargaan Golden Globe Award untuk kategori Best Actress - Motion Picture Musical or Comedy di film "Nurse Betty" (2000) dan "Chicago" (2002) serta satu penghargaan Oscar untuk kategori Best Supporting Actress di film "Cold Mountain".

Seiring kesuksesan Renee sebagai aktris, kehidupan pribadinya juga tak pernah sepi dari pemberitaan media. Kisah asmara Renee mulai menjadi sorotan sejak dia dikabarkan dekat dengan George Clooney. Tak lama setelah itu, Renee menjalin kasih dengan lawan mainnya di film "Me, Myself & Irene" (2000), Jim Carrey. Sayangnya, hubungan asmara itu berakhir pada Desember 2000. Setelah putus dari Jim, Renee menjalin kasih selama dua tahun dengan vokalis band The White Stripes, Jack White. Pasangan berbeda profesi itu berkenalan saat Renee terlibat penggarapan film "Cold Mountain".

Pada 9 Mei 2005, Renee menikah dengan penyanyi country Kenny Chesney dan menggelar upacara di pulau St. John yang masih masuk wilayah kepulauan Karibia. Renee mulai mengenal Kenny sejak mereka bertemu di acara konser amal Tsunami pada bulan Januari. Lagi-lagi, Renee tak bisa mempertahankan hubungan asmara sekaligus pernikahan pertamanya itu. Setelah empat bulan menikah, Renee memutuskan untuk membatalkan pernikahannya.

Kabarnya pembatalan tersebut dikarenakan Renee merasa dirinya telah ditipu. Namun ketika media terus menerus menyelidiki pernyataannya itu, Renee pun melansir pernyataan agar pihak media tidak menyimpulkan perkataannya dan memohon agar mereka memberikan dukungan pada dirinya dan Kenny. Pembatalan itu akhirnya diresmikan pada akhir Desember 2005. Setelah pernikahannya dengan Kenny berakhir, Renee menjalin kasih dengan lawan mainnya di film "Case 39", Bradley Cooper, pada Agustus 2009. Hingga saat ini, pasangan yang terpaut usia enam tahun tersebut dikenal sangat tertutup dalam menyimpan kehidupan asmara mereka.

PROFIL SELEB

Irfan Hakim
Astrid
Rachel McAdams
Slash

BERITA : Seleb | Korea | Film | TV | Musik | Olahraga | Umum | RSS | WK on Twitter | WK on Facebook | Mobile Version
Tentang Kami | Kontak | Job Vacancy | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan    © 2014 Copyright MEDIA INFO. All Rights Reserved.