Trending

Hiburan

Ada beberapa pertimbangan yang membuat Majelis Hakim akhirnya mengurangi masa hukuman Pinangki. Salah satunya adalah Pinangki merupakan seorang ibu dari balita berusia empat tahun.

Jun 15, 2021 10:01

Hukuman untuk mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari dalam kasus korupsi dan pencucian uang dipotong oleh Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta. Dari yang sebelumnya 10 tahun menjadi empat tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama empat tahun dan denda sebesar Rp 600 juta dengan ketentuan bila denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan," demikian kutipan putusan tersebut.

Ada beberapa pertimbangan yang membuat Majelis Hakim akhirnya mengurangi masa hukuman Pinangki. Salah satunya adalah Pinangki telah menyesali perbuatannya dan ikhlas dipecat, sehingga ke depannya masih bisa diharapkan berperilaku sebagai warga yang baik.

"Bahwa terdakwa adalah seorang ibu dari anak yang masih balita (berusia empat tahun) layak diberi kesempatan untuk mengasuh dan memberi kasih sayang kepada anaknya dalam masa pertumbuhan," tutur hakim. Selain itu, Pinangki sebagai wanita yang harus mendapat perlindungan, perhatian, dan diperlakukan secara adil juga menjadi salah satu pertimbangan lain.

  BACA JUGA...

"Bahwa perbuatan Terdakwa tidak terlepas dari keterlibatan pihak lain yang turut bertanggung jawab, sehingga kadar kesalahannya memengaruhi putusan ini," lanjut hakim. "Bahwa tuntutan pidana Jaksa/Penuntut Umum selaku pemegang azas Dominus Litus yang mewakili negara dan pemerintah dianggap telah mencerminkan rasa keadilan masyarakat."

Putusan majelis hakim ini lantas disesalkan oleh pihak Indonesia Corruption Watch (ICW). Menurut ICW, Pinangki bahkan seharusnya mendapat hukuman lebih berat dari 10 tahun.

"ICW menilai putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terhadap Jaksa Pinangki Sirna Malasari sudah benar-benar keterlaluan. Betapa tidak, Pinangki semestinya dihukum lebih berat, 20 tahun atau seumur hidup, bukan justru dipangkas dari 10 tahun menjadi empat tahun penjara," ujar peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, dalam keterangannya, Selasa (15/6).

Lebih lanjut, Kurnia mengingatkan bahwa Pinangki melakukan aksi kejahatan seperti korupsi suap, pencucian uang, dan pemufakatan jahat sembari menyandang status sebagai seorang jaksa. Oleh sebab itu, ICW menilai bahwa putusan banding Pinangki tersebut merusak akal sehat publik.

"Rata-rata hukuman koruptor sepanjang tahun 2020 hanya tiga tahun satu bulan penjara. Dengan kondisi ini, maka semestinya para koruptor layak untuk mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mahkamah Agung," tegas Kurnia.

(wk/Bert)

Most Read

Bagian Mata Richard Kyle Jadi Sorotan di Unggahan Terbaru, Sedih Jessica Iskandar Menikah?

Oct 24, 2021

Penampilan Baru Shin Min A Usai 'Hometown Cha-Cha-Cha' Bikin Pangling

Oct 25, 2021

Rating 'Jirisan' Cetak Sejarah tvN, Episode Perdana Justru Dikritik Habis-Habisan

Oct 25, 2021

Dijuluki Diva, Lisa BLACKPINK Cantik Elegan Tanpa Poni di Iklan Baru BVLGARI

Oct 25, 2021

Irena Fabiola Akhirnya Buka Suara Soal Dugaan Suami Selingkuh Dengan Thalita Latief

Oct 25, 2021

Ditinggal Shandy Aulia Syuting, Claire Terciduk Joget Ditemani Ayah Tampan Bikin Terenyuh

Oct 25, 2021

Jadi Heboh, Bio One Respons Nyelekit Ucapan Saiful Jamil Yang Ogah Disebut Pedofil

Oct 25, 2021

Larissa Chou Beri Pesan ke Alvin Faiz Soal Anak Sambung: Tolong Tetap Utamakan Yusuf

Oct 23, 2021

Latest News

Angka-Angka di Papan Mugshot BTS Berubah, Maknanya Lebih Mendalam

Meskipun ada banyak kesamaan dengan video musik aslinya, ARMY memperhatikan bahwa ada beberapa perbedaan besar. Nomor di papan foto para member telah berubah.

Lee Sang Yeob Curhat Soal Kesendirian Sampai Tak Punya Foto Selfie, Nama Jessi Terseret

Selama acara variety show tvN 'The Sixth Sense' musim kedua berlangsung, Lee Sang Yeob diketahui memiliki chemistry yang so sweet dengan rapper Jessi sehingga keduanya didoakan berjodoh di dunia nyata.

Istri Kevin Aprilio Tampil Anggun Nan Seksi di Perayaan Anniversary Pernikahan, Banjir Pujian

Kevin Aprilio mengajak sang istri tercinta, Vicy Melanie, dinner di restoran mewah untuk merayakan anniversary pernikahan mereka yang pertama. Lewat video yang dibagikan Kevin, netter salah fokus dengan penampilan memukau Vicy.

Adam Levine 'Ngamuk' Pada Fans Yang Terobos Paksa Naik Panggung Dan Memeluknya, Tuai Pro Kontra

Sikap Adam Levine dianggap tak pantas usai didapati sangat kesal saat ada fans yang menerebos naik ke atas panggung dan mendadak memeluk tubuhnya. Seperti apa reaksi mengejutkan Adam itu?

Kim Seon Ho Bahas Kesulitan dan Beri Pesan Bijak di Wawancara Terbaru

Majalah pria Arena Homme+ menerbitkan wawancara Kim Seon Ho dalam edisi November di situs resminya. Ini adalah jadwal sebelum kontroversi mengenai kehidupan pribadi sang aktor.

Deddy Corbuzier Bikin Fans Kecewa, Undang Farhat Abbas ke Podcast YouTube

Biasa berhasil menarik perhatian lewat setiap bintang tamu yang dihadirkan di podcast Close The Door, kini Deddy Corbuzier justru membuat penggemar kecewa lantaran mengundang Farhat Abbas.

Detik-Detik HyunA Terima Buket Bunga di Pernikahan Teman, Fans Doakan Segera Menikah

HyunA yang telah menjalin hubungan dengan rapper DAWN sejak lama kembali mendapatkan doa restu yang terbaik dari penggemar karena penyanyi wanita satu ini baru saja mendapatkan buket bunga di pernikahan rekannya.

Raline Shah Bahas Project Bareng Kate Winslet di Film Dokumenter Hingga Kecintaan Pada Satwa Liar

Raline Shah berbagi cerita mengenai project terbarunya mengisi suara untuk sebuah film dokumenter. Raline juga mengungkap kecintaannya pada satwa liar dalam kesempatan itu.