Ikuti Arah Lama, 2 Ribu Masjid di Bandung Salah Kiblat
Nasional

Separuh dari jumlah masjid yang ada di Kota Bandung ternyata salah arah kiblat.

WowKeren - Bulan ini, Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung akan mengukur dan mengkalibrasi ulang separuh dari jumlah masjid yang ada di Bandung. Pasalnya, sekitar 2 ribuan masjid itu rupanya salah arah kiblat.

Menurut Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung, Maftuh Kholil, ketidakakuratan ini terjadi karena kebanyakan masjid hanya menentukan arah barat yang telah ditentukan sejak dulu. Untuk itu, pihaknya akan melakukan perbaikan dan penentuan arah kiblat di enam wilayah Kota Bandung segera.

"Itukan dulu ya, keilmuan belum secanggih sekarang ini," terangnya soal ketidakakuratan arah kiblat. "Setelah dipahami dengan teknologi ternyata arah kiblat Bandung 25 derajat dari titik barat ke kanan."

Meski diperbaiki, Maftuh memastikan jamaah masjid tak akan banyak terganggu. Masjid pun tak perlu melakukan perombakan atau bahkan merubah arah bangunan.

"Setelah kita terima, kita akan perbaiki," imbuhnya seperti dikutip dari Merdeka, Rabu (10/12). "Tidak akan ganggu dan sampai merubah bangunan. Paling juga hanya karpet yang diperbaiki."

You can share this post!