6 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan yang Mudah Dijumpai
Lifestyle

Kemunculan komedo akan membuat wajah kasar dan menjadi gangguan saat mengaplikasikan make up. Mau tahu cara menghilangkannya?

WowKeren - Banyak sekali jenis masalah yang terjadi pada wajah seseorang. Mulai dari bintik hitam, jerawat, kantong mata, wajah kering atau berminyak, komedo dan masih banyak lagi.

Komedo sendiri menjadi salah satu masalah yang bikin sebagian orang tidak nyaman. Komedo terbentuk dari sel-sel kulit mati, minyak dan kotoran menyumbat pori-pori kulit.

Pada wajah, komedo biasanya muncul pada daerah yang sering berminyak seperti daerah sekitar hidung. Kemunculan komedo akan membuat wajah kasar dan menjadi gangguan saat mengaplikasikan make up.


Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan masalah wajah yang sangat menggangu ini. Mulai dari menggunakan alat-alat kecantikan hingga krim wajah dari dokter.

Namun, rupanya banyak cara-cara alami untuk membasmi komedo. Bahkan beberapa juga mudah ditemui di kehidupan sehari-hari atau dapur kita sendiri.

Apa saja ya kira-kira? Simak di sini, ya?

(wk/nris)

1. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Manfaat dari lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi. Selain sangat bermanfaat untuk rambut, tanaman satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, lho. Rupanya kandungan mineral dalam lidah buaya lah yang membantu kita melakukan hal tersebut.

Caranya cukup mudah, kalian hanya tinggal mengoleskan daging lidah buaya keseluruh wajah atau ke daerah komedo. Sembari mengoleskan, pijat lembut wajah kalian.

Diamkan kira-kira 25 hingga 30 menit, ya. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk melakukan hal ini secara rutin agar cepat mendapatkan khasiatnya.

2. Air Hangat


Air Hangat

Cara ini mungkin menjadi yang paling mudah diantara beberapa lainnya. Uap dari air hangat dapat membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan komedo dari dalam wajah.

Kalian cukup mendidihkan air dan kemudian tuang ke dalam sebuah wadah. Posisikan wajah kalian tepat di atas wadah air hangat tersebut hingga mengenai uapnya.

Lakukan selama 3 hingga 5 menit sembari memijat daerah wajah yang berkomedo. Langkah terakhir, jika komedo sudah keluar bersihkan dengan handuk. Kalian juga bisa mengompres wajah dengan air dingin setelahnya agar pori-pori tertutup dan mencegah kembalinya komedo.

3. Teh Hijau


Teh Hijau

Teh hijau banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Ternyata, kandungannya mampu menyerap kelebihan minyak dan mengatasi komedo yang menyumbat pori-pori.

Kandungan antioksidannya dapat menghambat penyerapan androgen pada kulit serta mengurangi produksi minyak. Jika rutin dikonsumsi setiap hari, teh hijau dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Kalian juga dapat mengaplikasikan teh hijau langsung pada wajah, lho. Caranya dengan merendam 3 sampai 5 menit kantong teh hijau. Lalu gosokkan dengan lembut pada wajah kalian.

4. Putih Telur


Putih Telur

Putih telur menjadi salah satu cara yang banyak digunakan untuk menghilangkan komedo. Menurut penelitian, putih telur mengandung beberapa bahan berguna seperti protein dan asam amino.

Nah, protein dan asam amino inilah yang dapat memperkecil pori-pori sehingga produksi minyak tidak berlebih. Jika produksi minyak berkurang, maka pertumbuhan komedo pun menurun.

Caranya mudah, kalian cukup memisahkan putih telur dengan kuningnya. Lalu kocok hingga mengembang seperti krim. Diamkan hingga 30 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

5. Garam Dapur


Garam Dapur

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa garam dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Cara penggunaannya juga terbilang gampang, lho.

Larutkan 2 hingga 3 sendok garam ke dalam setengah baskom air, namun jangan diaduk. Lalu gunakan air tersebut untuk membasuh wajah. Sementara sisa garam di bawahnya dapat digunakan sebagai scrub.

6. Campuran Madu dan Kayu Manis


Campuran Madu dan Kayu Manis

Sudah pernah mencoba menghilangkan komedo dengan campuran madu dan kayu manis? Jika belum kalian patut mencobanya.

Madu telah dikenal sebagai antiseptik dan antibiotik alami. Inilah sebabnya madu sangat efektif untuk membasmi jerawat dan menghilangkan komedo.

Sedangkan kayu manis juga mempunyai kandungan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri, mencegah infeksi dan mengurangi iritasi kulit wajah akibat komedo dan jerawat. Maka kombibasi keduanya akan sangat sempurna.

Caranya, kalian hanya harus mencampurkan bubur kayu manis dengan madu murni. Kemudian oleskan secara merata pada wajah. Setelah dirasa agak kering, bilas wajah dengan air dingin.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait