7 Cara Alami untuk Sembuhkan Ambeien
Health

Meski ambeien dapat langsung disembuhkan dengan operasi, rupanya banyak cara alami yang lebih murah dan terjangkau, lho. Apa saja ya?

WowKeren - Ambeien atau wasir adalah penyakit dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah di anus atau dubur. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur sehingga menghalangi aliran darah menuju anus.

Penyakit ini merupakan masalah medis paling umum yang dihadapi oleh orang dewasa. Gejala umum adanya ambeien ini dapat meiliputi rasa sakit, gatal dan pendarahan saat buang air besar (BAB).

Ambeien dapat disebabkan karena kesulitan buang air, duduk dalam keadaan yang sangat lama dan sering. Selain itu, ambeien terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh tak terpenuhi, batuk terus menerus dan mengonsumsi makanan pedas.

Tahap yang paling parah bagi penderita ambeien adalah saat terjadi pendarahan ketika BAB. Mungkin ambeien memang bukan penyakit mematikan, namun jika dibiarkan dan infeksinya meluas, penderita dapat mengalami gangguan pada sistem saraf.

Pengobatan ambeien dapat dilakukan dengan cara operasi. Benjolan yang terdapat di anus akan diangkat. Namun, kalian tidak perlu buru-buru menjalani operasi karena terdapat beberapa cara alani menyembuhkan wasir.

Berikut 7 cara alami yang dapat mengobati ambeien tanpa mengeluarkan uang besar untuk operasi. Simak terus, ya?

1. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal dengan banyak manfaat. Tumbuhan ini memiliki anti-inflamasi sembuhkan iritasi kulit. Untuk ambeien sendiri, tumbuhan tersebut dapat mengurangi pembengkakan, rasa gatal dan terbakar.

Kalian dapat mengoleskan lidah buaya pada anus atau dubur. Pastikan gunakan lidah buaya murni tanpa bahan kimia, ya?

Selain itu, kalian juga dapat mengonsumsinya langsung. Caranya cukup cuci bersih dan potong-potong lidah buaya. Lalu belender dan minum jus ini secara rutin.

2. Minyak Kelapa


Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kemampuan anti-peradangan dan penyembuhan yang dapat berguna untuk mengobati ambeien internal maupun eksternal. Minyak ini membantu mengecilkan daerah yang membesar di anus dan mempercepat proses penyembuhan.

Terdapat berbagai cara yang bisa kalian lakukan. Pertama, dengan mengoleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena ambeien setiap kali selesai BAB.

Kedua, dengan mencampurkan minyak kelapa ke dalam makanan atau saat meminum teh hijau. Selain itu, kalian bisa mengonsumsinya langsung sebanyak 1 hingga 2 sendok makan setiap hari.

3. Bawang Putih


Bawang Putih

Mengobati ambeien dengan bawang putih merupakan salah satu cara yang cukup terkenal. Bumbu dapur ini memiliki senyawa aktif yang disebut dengan allicin atau alisin.

Alisin sendiri merupakan senyawa sulfur yang memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Senyawa ini dapat memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan bakteri yang berada di sekitar anus atau dubur. Selain itu, alisin dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Cara mengobati ambeien dengan dengan bawang putih cukup mudah. Kalian hanya perlu menumbuk halus bawang putih, kemudian oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus. Selain itu, meminum jus bawang putih secara rutin juga ampuh membuat benjolan ambeien segera kempes, lho.

4. Kompres dengan Air Dingin atau Kantong Es


Kompres dengan Air Dingin atau Kantong Es

Tak hanya untuk dikonsumsi, es batu juga memiliki manfaat, lho. Bagi penderita ambeien, es batu dapat membantu, mengurangi iritasi dan bengkak pada anus.

Caranya dengan membungkus es batu pada handuk yang higenis. Lalu letakkan di area ambeien yang bengkak selama 15 menit. Ulangi kegiatan ini secara rutin.

5. Akar Kangkung


Akar Kangkung

Bagi kalian penderita ambeien, mulai sekarang jangan langsung buang bagian akar saat memasak kangkung. Rupanya bagian tersebut dapat bermanfaat untuk mengobati ambeien yang menyiksa.

Caranya penggunaannya cukup mudah, ambil lah batang dan akar kangkung, kemudian cuci bersih. Rebus dengan dua gelas air mineral hingga menyisakan satu gelas. Minum air rebusan tersebut setiap hari.

6. Berendam Air Hangat dengan Garam Epsom


Berendam Air Hangat dengan Garam Epsom

Mungkin banyak yang tidak mengetahui soal garam Epsom. Garam ini dikenal dengan khasiatnya sebagai pereda nyeri yang berasal dari daerah Surrey, Inggris.

Mandi dengan air hangat yang dicampur garam Epsom dapat membantu mengurangi iritasi pada ambeien. Kalian hanya perlu merendam tubuh di campuran tersebut selama sekitar 20 menit.

7. Perbanyak Minum Air


Perbanyak Minum Air

Penyebab ambeien kebanyak karena sulit buang air besar. Sementara hal itu disebabkan karen tubuh kekurangan air atau serat pada makanan.

Maka, penderita ambeien wajib memperbanyak minum air mineral. Dengan begitu feses akan cenderung melunak. Disarankan untuk mengonsumsinya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari.

You can share this post!

Related Posts