7 Wisata Masjid Unik dan Indah di Jawa Timur yang Sayang Dilewatkan
Travel

Selain memberikan ketenangan saat beribadah, bangunan-bangunan masjid yang ikonik ini juga indah dipandang mata.

WowKeren - Berwisata rasanya kurang lengkap jika tak mendapatkan foto-foto yang bisa dibagikan kembali lewat media sosial. Oleh karena itu, berbagai destinasi wisata dengan pemandangan menarik selalu menjadi pilihan wisata para pelancong.

Bagi kamu yang muslim, di tengah-tengah kunjungan, kamu pastinya harus menjalankan ibadah, dong. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kamu juga bisa sekalian berwisata ke beberapa masjid ini, lho.


Jika kamu berwisata ke daerah di Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mampir ke masjid-masjid berikut. Selain bisa membuatmu khusyuk beribadah, foto-fotomu di beberapa masjid ini juga akan tampak indah.

Hal itu lantaran beberapa bangunan masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Maka, tak heran kalau banyak pelancong yang selain datang beribadah, juga khusus datang untuk berlibur.

Penasaran masjid apa saja yang bisa kamu singgahi dan sayang banget untuk dilewatkan ini? Yuk, lihat rekomendasinya sebagai berikut.

1. Masjid Tiban di Turen-Malang, Masjid Megah yang Kabarnya Dibangun Pasukan Jin


Masjid Tiban di Turen-Malang, Masjid Megah yang Kabarnya Dibangun Pasukan Jin

Malang menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Tak hanya pilihan wisata alamnya yang melimpah, cuaca sejuk di Malang dan juga Batu banyak menjadi favorit para pelancong.

Jika sedang bertandang ke Malang, kamu bisa melakukan wisata religi ke salah satu masjid yang terkenal. Ya, masjid tersebut bernama Masjid Tiban. Lokasi masjid ini berada di area Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Masjid ini diperkaya dengan bangunan arsitektur khas Timur Tengah. Di sana, kamu bisa menyaksikan pemandangan berupa menara-menara tinggi, kubah dalam berbagai warna dan juga keunikan bangunan masjid. Jika usai beribadah di sana, sayang banget kalau tak mengabadikannya dengan berfoto.

Selain keindahan bangunannya, masjid ini juga sempat diwarnai mitos. Kabarnya, masjid yang berada di Kabupaten Malang ini dibangun oleh Jin. Hal itu lantaran masyarakat sekitar tak tahu proses pembangunan masjid yang tiba-tiba sudah berdiri megah tersebut. Namun, hal itu sudah dibantah oleh pengasuh pondok. Masjid ini dibangun dengan tenaga manusia, kok.

2. Masjid Cheng Ho di Surabaya, Masjid dengan Arsitektur Khas Tionghoa


Masjid Cheng Ho di Surabaya, Masjid dengan Arsitektur Khas Tionghoa

Setelah dari Malang, kita beranjak ke Surabaya. Di Kota Pahlawan ini kamu juga bisa mendapati beberapa masjid yang memiliki arsitektur yang unik. Sayang banget kalau tidak disinggahi.

Salah satu masjid yang bisa menjadi tujuanmu adalah Masjid Cheng Ho. Masjid ini merupakan masjid yang bernuansa Muslim Tionghoa. Berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya.

Masjid Cheng Ho dibangun sebagai bentuk penghormatan pada seorang Laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam, Cheng Ho. Pembangunan masjid ini juga sekaligus untuk mengenang dakwah penyebaran agama Islam.

Masjid Cheng Ho termasuk jenis masjid yang tak terlalu besar. Bangunannya mampu menampung sekitar 200 jamaah. Dominan berwarna merah khas Tionghoa, masjid ini juga dibangun dengan perpaduan gaya Timur Tengah sekaligus budaya lokal Jawa.

Jika sudah beribadah di masjid ini, jangan lupa mengabadikan foto dengan latar belakang halaman depan masjid, ya. Dijamin fotomu akan tampak lebih menarik.

3. Masjid Ampel di Surabaya dengan Sumur Bertuah


Masjid Ampel di Surabaya dengan Sumur Bertuah

Masih di kawasan Surabaya, usai bertandang ke Masjid Cheng Ho, kamu bisa singgah ke Masjid Sunan Ampel, Surabaya. Masjid ini merupakan sebuah masjid kuno yang terletak di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421.

Dengan bangunan lawas khas Jawa, kamu bisa merasakan suasan ibadah yang menyenangkan sekaligus mendamaikan di masjid ini. Menjadi kawasan wisata, kamu juga bisa berbelanja sepuasnya di area sekitar masjid.

Masjid ini rupanya juga diwarnai cerita-cerita mitos. Di samping kiri halaman masjid, terdapat sebuah sumur yang bertuah. Biasanya, air sumur tersebut digunakan untuk mereka yang hendak memperkuat janji atau sumpahnya.

Dengan arsitektur khas Jawa dan Timur Tengah ini, jangan lewatkan untuk berfoto di sekitar area Ampel. Jadi, jangan sampai melewatkan kunjungan ke salah satu masjid di Surabaya ini.

4. Masjid Namira di Lamongan, Masjid Mewah Bintang Lima yang Sedang Viral


Masjid Namira di Lamongan, Masjid Mewah Bintang Lima yang Sedang Viral

Beranjak dari Surabaya, kamu bisa berkunjung ke Masjid Namira yang ada di Lamongan, Jawa Timur. Masjid ini berada di Jalan Raya Mantup, Lamongan. Masjid ini juga sedang menjadi primadona, baik bagi yang ingin berwisata religi maupun yang sedang berwisata biasa.

Masjid ini dibangun oleh sepasang suami istri bernama Helmy Riza dan Eny Yuli Arifah. Meski bangunannya bak masjid besar biasanya, namun Masjid Namira ini memiliki kemewahan bintang lima.

Salah satu hal yang menarik dari Masjid Namira adalah keberadaan kiswah ka'bah yang diletakkan di tempat imam. Selain itu, keunikan lain juga terletak di tatanan ruang wudhu, interior masjid, dan juga halaman sekitarnya.

5. Masjid Agung Sumenep, Bangunan dengan Perpaduan Arsitektur yang Menawan


Masjid Agung Sumenep, Bangunan dengan Perpaduan Arsitektur yang Menawan

Singgah di Madura, kamu juga bisa melakukan kunjungan wisata ke salah satu masjid di Sumenep. Masjid Agung Sumenep merupakan salah satu masjid dengan arsitektur khas yang sayang dilewatkan.

Bangunan masjid ini sebagian besar dipengaruhi oleh unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan juga Madura. Pewarnaan pintu utama dan jendela masjidnya juga disesuaikan dengan gaya Madura. Untuk mendapatkan foto kunjungan yang indah di masjid ini, jangan lupa untuk mengabadikannya di depan gerbang masjid. Fotomu akan terlihat seperti sedang berada di bangunan sebuah istana.

Masjid yang dibangun pada tahun 1779 Masehi hingga 1787 Masehi ini merupakan salah satu landmark Madura. Jadi, sayang banget deh kalau sampai ke Madura dan tak berkunjung ke Masjid ini.

6. Masjid Jami' Tuban yang Berdiri Megah Sebagai Simbol Religius Masyarakat Tuban


Masjid Jami' Tuban yang Berdiri Megah Sebagai Simbol Religius Masyarakat Tuban

Berada di lokasi yang strategis, kunjungan ke Masjid Jami' Tuban akan sangat sayang jika dilewatkan. Masjid yang didirikan pada abad ke-15 ini berlokasi di sekitar alun-alun kota. Masjid ini juga berada di area sekitar kompleks makam Sunan Bonang.

Masjid Jami' Tuban yang megah saat ini merupakan hasil dari pemugaran beberapa kali. Tampilan luar masjid akan mengingatkan pada Masjid Imam yang ada di Kota Isfahan, Iran. Pada malam hari, masjid ini memancarkan kilauan cahaya yang begitu menarik.

Bagian pintu dan mimbar masjid yang terbuat dari kayu begitu menampilkan ukiran khas Jawa. Sementara itu, bagian dalam masjid yang lain terinspirasi dari arsitektur Masjid Cordoba, Spanyol.

Menjadi simbol semangat religius masyarakat Tubah, masjid ini akan sangat menarik jika dikunjungi. Selain khusyuk beribadah, kamu juga bisa merasakan keindahan masjid yang berdiri megah ini.

7. Masjid Aschabul Kahfi di Tuban, Masjid Unik yang Ada di Dalam Goa


Masjid Aschabul Kahfi di Tuban, Masjid Unik yang Ada di Dalam Goa

Masih berada di Tuban, kunjungan selanjutnya bisa kamu lakukan ke Masjid Aschabul Kahfi. Lekat dengan kehidupan pondok pesantrennya, tak heran jika Tuban banyak menyajikan wisata religi, khusunya masjid-masjid dengan arsitektur unik.

Seperti masjid ini, yang letaknya tak biasa, yakni berada di peut bumi. Masjid ini berada di Jalan Gedungombo, Semanding, Tuban. Arsitekturnya begitu menarik dan terlihat mencolok dengan perpaduan warna-warna yang begitu terang.

Arsitektur masjid ini semakin indah dengan ukiran-ukiran kaligrafi yang dikombinasikan dengan aksara Jawa. Keberadaannya yang ada di dalam goa juga akan terlihat sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

You can share this post!

Related Posts