7 Angkringan Paling Terkenal di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan
Instagram/angkringanjabrik
Kuliner

Memburu kuliner di Jogja memang mengasyikkan. Kalian wajib berkujung ke 7 angkringan terkenal ini.

WowKeren - Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang akrab disebut jogja merupakan daerah tujuan wisata yang terkenal. Lokasi wisata yang menarik mulai dari tempat bersejarah hingga kekinian membuat Jogja tak pernah sepi oleh pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri.

Jogja juga terkenal dengan ramainya angkringan yang buka setiap malam. Bermodalkan gerobak sederhana, terpal plastik dan karpet, berbagai angkringan mudah ditemukan di berbagai sudut kota satu ini.


Kuliner di angkringan memang tidak istimewa. Kebanyakan berupa makanan tradisional Jawa Tengah. Namun, harganya yang murah, lokasinya yang sederhana, ramai dan suasana akrab membuat angkringan selalu jadi tempat nongkrong anak muda Jogja.

Terdapat 7 angkringan yang wajib kalian kunjungi kalau sedang berada di Jogja. Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Angkringan Pak Jabrik yang Dikenal Juga dengan Nama Angkringan KR


Angkringan Pak Jabrik yang Dikenal Juga dengan Nama Angkringan KR

Angkringan Pak Jabrik berlokasi di sepanjang teras SKH Kedaulatan Rakyat. Maka dari itu, angkringan ini lebih dikenal dengan nama Angkringan KR (Kedaulatan Rakyat). Lokasinya juga mudah banget untuk ditemukan. Kalian hanya perlu mengetik nama kantor tersebut di GPS.

Angkringan KR memiliki menu yang lebih bervariasi dari pada tempat lainnya. Nasi kucingnya saja sangat beragam, mulai dari sambal teri, oseng tempe, oseng ati, oseng jamu, mercon jamur dan masih banyak lagi. Selain itu, ada aneka gorengan dan lauk seperti sate telur puyuh, sate usus, sate keong dan lainnya yang menggugah selera.

Harganya yang sangat bersahabat dengan kantong, membuat angkringan KR selalu jadi pilihan bagi para mahasiswa mencari makan. Kalian bisa duduk di kursi yang disediakan, kursi taman atau lesehan di teras kantor Kedaulatan Rakyat saat berkunjung ke sini.

2. Angkringan Wijilan Memiliki Dua Lantai


Angkringan Wijilan Memiliki Dua Lantai

Angkringajn Wijilan mungkin cocok banget buat kalian yang menginginkan lokasi nongkrong nyaman. Pasalnya, angkringan yang memiliki nama asli Angkringan Pak Harjo ini dibangun 2 lantai demi menampung pengunjung yang padat setiap harinya. Lokasinya di Jl. Wijilan, Panembahan, Kraton.

Selain makanan bungkusan seperti nasi kucing, Angkringan Wijilan juga menyediakan meja besar penuh lauk pauk dan sayur mayur yang bisa kalian pilih sendiri. Pemilik membebaskan pengunjung untuk mengambil makanan termasuk nasi dalam porsi yang mereka inginkan. Kemudian kalian tinggal membayarnya di kasir.

Menunya juga cukup bervariasi, kok. Lauk yang digoreng, bakar maupun pepes tersedia di Angkringan Wijilan. Disediakan macam-macam sayur dan sambal juga, lho. Berkunjung ke angkringan ini kalian tak perlu khawatir buru-buru pulang saat hujan, karena tempatnya sudah dibangun dengan layak.

3. Angkringan Pendopo Ndalem atau Angkringan JAC


Angkringan Pendopo Ndalem atau Angkringan JAC

Ingin merasakan kearifan lokal Jojga? Angkringan Pendopo Ndalem bisa jadi pilihan yang tepat. Angkringan ini bertempat di sebuah pendopo rumah bangsawan Jawa sehinga tempatnya sangat klasik dan nyaman. Selain itu, ada fasilitas seperti WiFi, lho.

Nah, untuk makanannya juga masih tradisional banget. Kalau angkringan lain menyediakan gorengan, Angkringan Pendopo Ndalem ini menjual berbagai jajanan pasar tradsional seperti cucur, wajik, klepon, serabi solo, kue apem dan masih banyak lagi. Kalian tinggal memilih sendiri di tempat yang sudah disediakan dan berjalan menuju kasir untuk membayar.

Menu makanan beratnya juga bervariasi. Terdapat menu angkringan seperti biasa dan yang paling laris adalah bakmi Jawa. Bagaimana? Tak sabar ingin berkunjung ke Angkringan Pendopo Ndalem ini?

4. Angkringan Pak Jack Jadi Tempat Nongkrong Para Mahasiswa


Angkringan Pak Jack Jadi Tempat Nongkrong Para Mahasiswa

Angkringan Pak Jack merupakan salah satu angkringan yang terkenal di Jogja. Angkringan ini berada di Jl. Jendral Sudirman, di sebelah Barat Jembatan Gondolayu. Lokasi tersebut, membuat angkringan ini menjadi favorit anak muda Jogja nongkrong.

Meski tempatnya sederhana, Angkringan Pak Jack menyediakan WiFi yang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Menunya pun sangat bervariasi, mulai dari aneka sate, gorengan, nasi kucing dan Kopi Joss yang terkenal.

5. Angkringan Klebengan dengan Penyajian yang Unik


Angkringan Klebengan dengan Penyajian yang Unik

Angkringan Klebengan jadi tempat favorit para mahasiswa UGM dan UNY karena lokasinya dekat dengan kedua universitas tersebut. Angkringan satu ini cukup luas sehingga bisa menampung banyak pengunjung tanpa berdesakan.

Nah, yang unik dari Angkringan Klebengan adalah penambahan kecap saat penjual menghangatkan makanan seperti varian sate. Maka bagi yang tidak begitu suka makanan manis, kalian bisa memesan khusus pada penjualnya.

6. Angkringan Lek Man Pionir Kopi Joss


Angkringan Lek Man Pionir Kopi Joss

Angkringan Lek Man merupakan pionir kopi yang terkenal, yakni kopi joss. Kopi ini sangat unik dengan memasukkan arang kayu yang masih menyala ke dalamnya. Masalah rasa, tentu tidak perlu diragukan lagi. Kopi ini tak akan terkenal jika rasanya tidak enak, bukan?

Lokasi Angkringan Lek Man juga mudah ditemukan. Angkringan ini berada dekat dengan Malioboro. Kalian hanya perlu menyeberang rel kereta api di Stasiun Tugu. Karena lokasinya yang dekat dengan tempat wisata, tak heran jika angkringan ini cukup padat.

Menu favorit di Angkringan Lek Man tak hanya kopi joss. Jadah bakar juga banyak diminati pengunjung. Jadah sendiri merupakan nasi ketan yang dihaluskan bersama kelapa hingga pulen. Proses pembakarannya di atas bara api tungku yang digunakan untuk merebus air.

7. Angkringan Ngango Suwe Lek Adi yang Sudah Berdiri Cukup Lama


Angkringan Ngango Suwe Lek Adi yang Sudah Berdiri Cukup Lama

Angkringan Lek Adi atau yang dikenal dengan Angkringan Ngango Suwe berada disekitar Jln. Pramuka Kotagede. Angkringan ini tidak menggunakan gerobak dan tampak seperti warung biasa. Mulanya sang pemilik hanya menyediakan wedangan, teh, jahe, asem dan minuman lainnya. Namun, rupanya pengunjung meminta pemiliknya untuk menjual nasi bungkus dan lauk pauk.

Kini, Angkringan Ngango Suwe telah memiliki berbagai varian menu yang lengkap. Mulai dari aneka sate, ayam sambal, gorengan, jajanan dan masih banyak lagi. Angkringan ini memiliki kapasitas hingga 30 orang. Jadi kalian harus bersabar untuk berdiri jika nongkrong di angkringan ini.

You can share this post!

Related Posts