Tak Boleh Dilewatkan, 8 Kuliner Paling Favorit di Rumah Makan Padang yang Wajib Dicoba
Kuliner

Hampir semua orang pasti menyukai masakan Padang. Dengan bumbu dan rasa yang khas, makanan daerah tersebut merebut banyak hati pecinta kuliner.

WowKeren - Kenikmatan masakan khas Padang sudah terkenal dipenjuru Indonesia bahan dunia. Warung makan padang dapat dijumpai dimana pun meski bukan di daerah tersebut.

Masakan Padang memiliki ciri yang sangat khas. Biasanya masakan daerah tersebut terkenal dengan santan, cenderung pedas dan bummbu khas Padang yang kental banget.

Nah, berikut 8 kuliner khas Padang yang wajib banget kamu cobain karena jadi favorit banyak orang. Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Rendang Pernah Jadi Makanan Paling Enak di Dunia Versi CNN International


Rendang Pernah Jadi Makanan Paling Enak di Dunia Versi CNN International

Kuliner dari Padang yang paling terkenal adalah rendang. Bahan utamanya adalah daging, santan dan rempah-rempah khas lainnya. Rendang memang sudah terkenal kenikmatannya. Bahkan pada 2011 lalu, makanan ini pernah menduduki peringkat pertama World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

Cara memasak rendang unik, lho. Makanan ini diperoleh dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang hingga berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam. Semakin hitam, rasanya juga semakin nikmat. Rendang juga awet banget sampai berminggu-minggu meskipun berada dalam suhu ruangan.

2. Telur Dadar Tebal Khas Padang yang Tidak Ada Duanya


Telur Dadar Tebal Khas Padang yang Tidak Ada Duanya

Jika sedang berada di rumah makan Padang, hidangan telur dadar selalu jadi sorotan. Bagaimana tidak, telur dadar khas Padang berbeda dengan biasanya. Hidangan ini memiliki ketebalan yang luar biasa. Satu saja sudah cukup membuat perut kenyang.

Telur dadar khas Padang memiliki banyak bahan lain untuk mendukungnya. Sebut saja parutan kelapa, seledri, daun bawang, bawang merah, bawang putih, cabe merah, merica dan tak lupa tepung beras. Nah, dengan banyaknya bumbu tersebut tak heran jika telur dadar khas Padang bisa tebal banget.

3. Gulai Kepala Kakap yang Gurih dan Lembut


Gulai Kepala Kakap yang Gurih dan Lembut

Menu masakan padang yang paling terkenal lainnya adalah gulai kepala kakap. Varian gulai sendiri beragam di rumah makan padang, mulai dari gulai ayam, gulai daun singkong hingga gulai tunjang. Namun yang paling favorit ya gulai kepala kakap.

Kuah kulai dari hidangan ini sangat gurih karena berasal dari santan dan berbagai rempah khas yang menggugah selera. Selain itu, daging ikan kakap yang lembut juga menambah kenikmatannya. Bagaimana? Sudah pada ngiler?

4. Dendeng Balado, Masakan Padang Favorit Banyak Orang


Dendeng Balado, Masakan Padang Favorit Banyak Orang

Dendeng merupakan masakan khas masyarakat Minangkabau yang terbuat dari daging sapi. Meski dari bahan dasar yang sama, hidangan ini sangat berbeda dari rendang. Daging harus diiris tipis dan dikeringkan saat akan diolah menjadi dendeng.

Nah untuk melengkapi dendeng, hidangan ini disajikan dengan sambal balado yang pedas dan tentunya nikmat. Jadilah hidangan ini disebut dengan dendeng balado. Sambal yang diulek kasar membuat dendeng makin T.O.P deh.

5. Ayam Pop, Ayam Goreng Berwarna Putih


Ayam Pop, Ayam Goreng Berwarna Putih

Ayam pop merupakan salah satu makanan yang sering ditemukan di rumah makan Padang. Ayam ini cukup unik karena awalnya direbus dengan air kelapa setelah dilumuri bumbu khas.

Setelah matang, ayam yang telah direbut akan digoreng sebentar dalam minyak panas. Ayam pop tidak perlu digoreng hingga garing, kalian hanya perlu mencelupakannya kemudian dibolak-balik lalu diangkat. Ayam pop pun siap disajikan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal khusus.

6. Sayur Nangka Muda Pelengkap Nasi Padang


Sayur Nangka Muda Pelengkap Nasi Padang

Menyantap nasi Padang sepertinya tidak akan lengkap tanpa sayur nangka. Makanan ini sebenarnya opsional, namun Kebanyakan orang memilih sayur nangka untuk disantap bersama kuliner Padang lainnya.

Kuah kuning pada hidangan ini sebenarnya gulai biasa. Di daerah asalnya, hidangan ini disebut juga dengan gulai cubadak. Beberapa rumah makan padang memasukkan kol dan kacang panjang ke dalam hidangan ini agar rasanya lebih bervariasi.

7. Daun Singkong Rebus yang Tak Boleh Ketinggalan


Daun Singkong Rebus yang Tak Boleh Ketinggalan

Satu lagi kuliner yang tidak boleh dilupakan saat menyantap masakan Padang adalah daun singkong rebus. Cara memasaknya mungkin cukup mudah, namun terdapat beberapa tips agar daun singkong tidak berakhir pahit dan bau.

Saat akan memasak daun singkong, kalian harus memilih daun yang masih muda. Jangan lupa pisahkan batang dan daunnya sebelum memasak, ya. Kemudian rebus daun singkong saat air benar-benar mendidih lalu tambahkan garam.

8. Nikmatnya Sambal Hijau Masakan Padang


Nikmatnya Sambal Hijau Masakan Padang

Masyarakat Indonesia memang sangat lekat dengan yang namanya sambal. Nah jika sambal khas Jawa berwarna merah, masyarakat Minangkabau punya sambal sendiri, nih.

Sambal hijau salah satu komponen dari kelezatan makanan Padang. Sambal yang lebih dikenal dengan sebutan sambal ijo ini terbuat dari cabai hijau besar, cabai hijau rawit, tomat hijau, bawang merah, garam dan gula. Biasanya sambal ijo juga diberi ikan teri agar lebih nikmat.

Selain masakan Padang, berbagai daerah di Indonesia juga memiliki kuliner yang tak kalah nikmat, lho. Seperti kuliner legendaris Semarang yang dapat kalian lihat di sini. Selain itu ada kuliner Surabaya yang udah terkenal banget sejak dulu, baca di sini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel