Tak Hanya di Dubai, Indonesia Juga Punya 7 Wisata Gurun Pasir yang Tak Kalah Keren
Instagram/ibnukf
Travel

Untuk menikmati panorama gunung pasir, kalian enggak perlu jauh-jauh ke Dubai, kok. Datang saja ke 7 lokasi di Indonesia ini.

WowKeren - Padang pasir di Dubai merupakan salah satu lokasi wisata yang terkenal di dunia. Lokasi ini tampak sangat eksotis dengan hamparan pasir luar dan teriknya matahari yang menyinari.

Selain itu, padang pasir di Dubai juga menjadi salah satu lokasi uji nyali, lho. Pasalnya, saat menyusuri padang pasir, kalian akan diajak merasakan sensasi menyenangkan dari gunungan pasir yang berkelok. Pengemudi mobil yang kalian tumpangi dengan sengaja akan melewati jalanan yang ekstrem.


Untuk menikmati panorama gunung pasir, kalian enggak perlu jauh-jauh ke Dubai, kok. Indonesia sendiri memiliki lokasi wisata serupa yang tak kalah indah dan menarik.

Mau tahu di mana saja? Ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Indahnya Panorama Gumuk Pasir Sumalu di Toraja


Indahnya Panorama Gumuk Pasir Sumalu di Toraja
Instagram/achmadhy_

Gumuk Pasir Sumalu merupakan lokasi wisata a la padang pasir yang tak boleh dilewatkan jika sedang berada di Toraja. Lokasi ini terbilang lebih berbukit-bukit dari pada padang pasir di Dubai dan permukaannya juga sangat padat.

Perlu diketahui bahwa gumuk pasir ini terbentuk dari proses alam, seperti dilansir dari travel.kompas. Pasir dibawa oleh angin hingga bertumpuk dan membentuk sebuah gumuk. Selain itu, arah angin yang tidak beraturan kemudian membentuk gumuk yang tidak simetris dan membuat bentuk gunung menjadi liuk-liukan yang indah.

Berada di Gumuk Pasir Sumalu kalian dapat menikmati keindahan matahari terbit maupun terbenam sambil duduk di atas gumuk. Semilir angin yang seujuk juga bakal membuat kalian betah. Apalagi dengan banyaknya penjual makanan ringan dan segelas kopi atau teh hangat. Selain itu, biasanya pengunjung mencoba untuk berseluncur ke bawah gumukan, namun kalian harus terus berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ya.

Gumuk Pasir Sumalu juga bisa menjadi spot foto yang keren banget, lho. Bagi kalian yang lagi suka-sukanya sama hunting foto, tempat ini tidak akan mengecewakan. Kalian juga bisa membawa tenda dan bermalam di lokasi ini, kok. Seru banget, kan?

2. Wisata Baru di Bintan, Gurun Pasir Telaga Biru Busung


Wisata Baru di Bintan, Gurun Pasir Telaga Biru Busung
Instagram/hongrui.xu__

Bintan banyak menarik perhatian karena Crystal Lagoon, kolam tersesar se-Asia Tenggara yang berlokasi di tepi pantai. Wisata di Bintan lainnya yang enggak kalah menarik adalah Gurun Pasir Telaga Biru di Dusun Busung.

Gurun pasir ini rupanya bekas penambangan pasir bauksit yang kini sudah mengeras. Penambangan tersebut sudah dihentikan sejak masa Orde Baru pemerintahan Presiden Soeharto, namun terbengkalai. Nah, saat ini, lokasi penambangan jadi tempat wisata yang keren banget.

Hal yang bikin Gurun Pasir Telaga Biru Busung lebih keren lagi adalah keberadaan telaga dengan air berwarna biru. Telaga tersebut terbentuk karena cekungan bekas galian terisi air hujan. Nah, panoramanya jadi tampak seperti oasis di tengah gurun pasir.

Semenjak di buka menjadi lokasi wisata, pengelola menambahkan spot foto yang menarik perhatian pengunjung seperti ayunan, boneka unta, hiasan bambu dan arena memanah. Selain itu, juga ada perahu bebek dan kano khusus di telaga dengan tarif sewa Rp. 15 ribu hingga Rp 20 ribu saja.

3. Padang Pasir Oetune di NTT Bagai Gurun Sahara Mini


Padang Pasir Oetune di NTT Bagai Gurun Sahara Mini

Ingin merasakan sensasi berfoto di Gurun Sahara? Kalian tak perlu jauh-jauh, Pantai Oetune bakal memberikan kalian hal serupa dengan biaya yang lebih sedikit. Pantai yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki padang pasir dengan luas mencapai 100 meter persegi di sepanjang pantainya.

Padang Pasir Oetune dihiasi dengan gumuk pasir yang menggulung dan bergelombang layaknya Gurun Sahara. Tekstur pasirnya juga lembut sehingga kalian bisa bermain tanpa takut celaka berada di sana. Selain padang pasir, kalian juga dapat menikmati panorama pantai yang indah.

Lokasi Padang Pasir Oetune cukup jauh sekitar 2,5-3 jam dari Kota Kupang. Jalan menuju tempat wisata ini juga penuh rintangan, kalian akan melewati kelokan, naik turun bukit serta lembah. Namun, berkunjung ke lokasi ini dijamin tidak akan menyesal, kok.

4. Padang Pasir Pantai Tulamben Bali


Padang Pasir Pantai Tulamben Bali

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang memiliki pesona bawah laut yang indah adalah Pantai Tulamben. Lokasi ini terkenal banget buat melakukan aktivitas snorkeling dan diving.

Tak hanya pesona lautnya, bagian daratan Pantai Tulamben juga menarik perhatian. Lokasinya cukup luas dan tampak seperti padang pasir dengan pohon palem yang menjulang tinggi. Dengan sudut foto yang bagus, dijamin hasil foto kalian bakal seperti di luar negeri.

5. Padang Pasir Kersik Luway di Hutan Borneo


Padang Pasir Kersik Luway di Hutan Borneo

Padang Pasir Kersik Luway mungkin sedikit berbeda dengan lainnya. Jika kebanyakan terletak di dekat pantai, tapi lokasi yang satu ini berada di tengah hutan belantara Kalimantan Timur. Perlu diketahui bahwa lokasi ini masuk dalam Cagar Alam Padang Luaway.

Berkunjung ke Padang Pasir Kersik Luway, kalian akan merasa takjub melihat sekitar 500 hektar pasir putih yang dikelilingi oleh hutan lebat dengan pohon-pohon raksasa seolah pengawal. Hutan belantara tersebut seolah menjaga berbagai flora langka yang tumbuh di padang pasir tersebut. Sebut saja kantong semar, pardu dan berbagai spesies termasuk yang sangat langka di di dunia, yakni Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata).

Sayangnya, Padang Pasir Kersik Luway belum memiliki infrastruktur yang mendukung perhubungan. Wilayahnya yang berada di pedalaman Kalimantan Timur membuat kalian perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk sampai ke lokasi tersebut.

6. Keindahan Pasir Berbisik Bromo yang Tak Pernah Pudar


Keindahan Pasir Berbisik Bromo yang Tak Pernah Pudar

Pasir Berbisik merupakan salah satu lokasi di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berupa lautan pasir. Disebut dengan "Pasir Berbisik" karena angin yang bertiup dan butiran-butiran pasir beterbangan terdengar seperti bisikan yang sampai pada orang yang melewatinya.

Keindahan Pasir Berbisik tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Pengunjung pasti akan mengabadikan momen tersebut. Apalagi, dengan bukit hijau sebagai latar belakangnya. Tak jarang juga wisatawa berfoto diatas jeep yang mereka sewa.

Selain itu, Pasir Berbisik juga sering banget digunakan sebagai lokasi sesi pemotretan prewedding, lho. Kalian bakal mendapatkan foto yang keren banget, apalagi lokasi di sekitarnya juga sangat mendukung.

7. Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta


Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu destinasi wisata yang enggak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Yogyakarta. Lokasi wisata ini sudah lama terkenal karena spot foto yang keren abis. Gumuk pasir ini juga menjadi satu-satunya lokasi sandboarding di Asia Tenggara.

Saat ini, Gumuk Pasir Parangkusumo juga menyajikan spot foto baru yang semakin menarik perhatian pengunjung yakni adanya taman bunga berbentuk hati. Lokasi ini menjadi viral kembali dan banyak dikunjungi wisatawan. Apa kalian sudah pernah berkunjung ke sini?

Bagi kalian yang ingin mengetahui wisata yang dibangun dari bekas lokasi bencara alam, simak di sini. Selain itu, ini dia 6 tempat wisata yang terancam rusak karena sampah, baca di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait