MAMA 2018: Mnet Respon Kontroversi IZ*ONE Menang Best New Female Artist
Twitter/official_izone
Musik

Mnet menegaskan tak ada manipulasi atau intervensi dalam kemenangan IZ*ONE.

WowKeren - Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 menggelar premiere di Korea Selatan pada Senin (10/12) kemarin. Di antara sederet pemenang rookie yang diumumkan, IZ*ONE sukses membawa pulang piala Best New Female Artist.

Namun kemenangan IZ*ONE rupanya menuai kontroversi. Pasalnya banyak yang menilai jika (G)I-DLE lebih layak mendapatkan piala tersebut. Yuqi cs justru meraih penghargaan Best of Next.

Kemenangan IZ*ONE menjadi kontroversi karena dalam voting online yang diadakan MAMA 2018, (G)I-DLE sukses menempati peringkat pertama dengan 51,91 persen. Sedangkan IZ*ONE di posisi kedua dengan raihan 17,64 persen.

Di sisi lain untuk voting Best New Male Artist, Stray Kids juga berhasil menduduki peringkat pertama. Bang Chan cs pun sukses meraih membawa pulang piala Best New Male Artist saat malam penghargaan kemarin.


Kontroversi kemenangan IZ*ONE pun akhirnya direspon oleh Mnet selaku pihak penyelenggara. Menurut pihak Mnet, kemenangan IZ*ONE murni berdasarkan kalkulasi data dan tak ada manipulasi atau intervensi di dalamnya.

MAMA 2018: Mnet Respon Kontroversi IZ
Source: Pann

"Benar kalau (G)I-DLE menerima banyak voting online. Tapi yang harus dipahami adalah ada aspek lain seperti penjualan digital, di mana mereka jauh di bawah IZ*ONE. Tak ada manipulasi atau intervensi dalam upacara penghargaan," tutur pihak Mnet.

Terkait kontroversi ini, netter juga banyak yang memberikan pembelaan kalau IZ*ONE memang pantas menang. Sebagian besar netter bahkan menjabarkan poin-poin di mana Jang Won Young cs lebih banyak unggul dibanding (G)I-DLE.

Sementara itu, MAMA 2018 masih akan digelar di Jepang dengan tema "Fans Choice" pada 12 Desember besok. Selanjutnya MAMA 2018 akan ditutup di Hong Kong pada 14 Desember mendatang yang turut dimeriahkan oleh Bangtan Boys, Twice, Seventeen (II) dan masih banyak lagi.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru