8 Menu Vegetarian dari Berbagai Negara, Indonesia Juga Punya Banyak
Kuliner

Menu vegetarian sendiri rupanya sudah ada sejak dulu, lho. Ini dia makanan yang cocok untuk vegetarian dari banyak negara, termasuk Indonesia.

WowKeren - Vegetarian merupakan pola makan yang tidak mengonsumsi semua daging. Beberapa masih mengonsumsi olahan daging seperti susu, keju dan telur. Namun, sebagian juga secara total menjauhi makanan tersebut.

Menjadi vegetarian bukan hal yang mudah. Godaan dari berbagai pihak pasti datang. Selain itu, susahnya mencari hidangan untuk vegetarian membuat sebagian orang tak kuat dan memutuskan kembali mengonsumsi daging.


Menu vegetarian sendiri rupanya sudah ada sejak dulu, lho. Tanpa kalian sadari banyak kuliner tradisional dari berbagai negara, termasuk Indonesia yang cocok untuk para vegetarian.

Berikut 8 olahan tradisional yang dapat dikonsumsi para vegetarian. Mau tahu? Yuk simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Kushari, Makanan Kesukaan Firaun dari Mesir


Kushari, Makanan Kesukaan Firaun dari Mesir

Mesir merupakan negara yang pas bagi kalian pecinta sejarah dan ingin berwisata religi. Jika berkunjung ke Mesir, belum lengkap rasanya bila kalian tidak menyantap Kushari. Kuliner tersebut merupakan makanan kuno yang disukai oleh Raja Ramses II, Firaun ketiga di Mesir. Koshari sendiri telah ada sejak awal abad ke-19.

Kushari terbuat dari nasi, makaroni, dan lentil, jenis kacang-kacangan. Bahan tersebut kemudian dicampur bersamaan dan diberi saus tomat-cuka di bagian atasnya yang disebut shatta. Selain itu, beberapa juga ditambahkan potongan pendek spageti. Tak berhenti sampai di situ, kushari diberi taburan bawang bombai atau bawang merah yang telah digoreng. Meski tak memiliki bahan daging, kushari tetap nikmat disantap dan cocok untuk para vegetarian.

2. Dal Tadka dari India yang Penuh Cita Rasa Khas


Dal Tadka dari India yang Penuh Cita Rasa Khas

Makanan India selalu memiliki rasa yang khas dengan rempah-rempah menggiurkan. Salah satu makanan yang cocok dikonsumsi para vegetarian adalah dal takda. Makanan ini termasuk populer di India dan memiliki banyak peminat.

Dal takda terbuat dari kacang lentil yang dibumbui berbagai macam rempah. Sebut saja kunyit, garam masala, ketumbar, bawang merah, cabai dan tomat bakal memanjakan lidah kalian. Kuliner satu ini bercita rasa gurih sedikit pedas. Penyajiannya bisa dimakan bersama nasi hangat atau potongan roti tipis khas India. Para vegetarian, tertarik mencoba?

3. Pampoenkoekies, Gorengan Khas Afrika Selatan


Pampoenkoekies, Gorengan Khas Afrika Selatan

Jika di Indonesia ada pisang goreng atau ubi jalar goreng, Afrika Selatan memiliki labu goreng yang disebut pampoenkoekies. Kuliner ini jadi kudapan para vegetarian. Jika sepanjang minggu sudah mengonsumsi sayuran, kalian bisa mengakhiri dengan manisnya pampoenkoekies.

Labu kuning menjadi bahan utama dari pembuatan pampoenkoekies. Kuliner ini digoreng dengan tepung dan diberi taburan bubuk kayu manis, pala atau saus karamel. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan selera. Sama seperti gorengan di Indonesia, masyarakat Afrika Selatan menikmati pampoenkoekies pada pagi atau sore hari sebagai kudapan saat minum teh atau kopi.

4. Tortilla dari Spayol yang Beda dari Lainnya


Tortilla dari Spayol yang Beda dari Lainnya

Jika mendengar kata tortilla, yang terlintas dalam pikiran adalah lembaran tipis yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Namun, berbeda dengan tortilla dari Spanyol. Kuliner yang biasa disebut dengan tortilla espanola ini sangat populer di negara asalnya. Apalagi cara membuatnya mudah.

Tortila espanola terbuat sayuran, seperti kentang, bombai, tomat dan paprika yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan telur. Bahan tersebut kemudian dibumbui dengan minyak zaitun, garam dan merica. Secara konsep, kuliner satu ini seperti omelette alias telur dadar. Tortila espanola bisa kalian buat sendiri di rumah sebagai variasi makanan vegetarian agar tidak bosan.

5. Pecel, Makanan Vegetarian yang Kaya Gizi


Pecel, Makanan Vegetarian yang Kaya Gizi

Setelah mengetahui berbagai hidangan vegetarian dari beberapa negara, kini kita berpindah ke Indonesia. Salah satu makanan yang cocok buat vegetarian yang berasal dari Tanah Air adalah pecel. Makanan satu ini biasanya dijadikan sarapan atau pun makan siang. Karena penuh dengan sayur-sayuran, hidangan satu ini tentu penuh dengan gizi.

Untuk membuatnya hampir semua orang Indonesia tahu. Pecel terbuat dari campuran beberapa sayuran yang direbus seperti bayam, kacang panjang, tauge, kecipir dan masih banyak lagi. Sebenarnya, untuk sayuran sendiri tergantung dengan selera masing-masing. Nah, campuran sayur tersebut diberi bumbu kacang. Pecel juga disajikan dengan nasi hangat, tempe, tahu atau telur dan peyek kacang.

6. Sayur Urap dengan Bumbu Khas Kelapa Parut


Sayur Urap dengan Bumbu Khas Kelapa Parut

Tak hanya pecel, urap juga menjadi salah satu makanan yang cocok banget buat para vegetarian. Jika pecel diberi bumbu kacang, urap dibumbui dengan taburan kelapa parut. Namun tak hanya itu, kelapa parut tersebut mulanya diberi bumbu khas sehingga berwarna merah dan terasa pedas. Jadi ngiler, ya.

7. Gado-Gado yang Terkenal di Kalangan Internasional


Gado-Gado yang Terkenal di Kalangan Internasional

Makanan selanjutnya adalah gado-gado. Siapa yang tak kenal gado-gado, makanan yang juga populer di luar negeri. Makanan satu ini bisa disebut sebagai saladnya orang Indonesia. Bahan yang digunakan tak hanya campuran sayur seperti urap dan pecel.

Bahan yang membuat gado-gado menjadi makanan yang mengenyangkan namun cukup ringan adalah lontong serta tahu dan tempe. Kuliner satu ini juga disertai dengan telur yang penuh protein. Jadi, pas banget buat kalian yang sedang diet dan para vegetarian.

8. Lumpia Jajanan untuk Para Vegetarian


Lumpia Jajanan untuk Para Vegetarian

Lumpia merupakan jajan yang banyak di jual di pasar tradisional. Jajanan satu ini cocok dinikmati para vegetarian karena memiliki isian sayuran. Lumpia yang paling khas berasal dari Semarang dengan bahan dasar rebung, daging ayam, udang ebi dan telur yang kemudian dibungkus dengan kulit lumpia.

Nah, para vegetarian enggak perlu khawatir, lumpia kini banyak dijual dengan isian sayuran saya seperti kentang, wortel dan rebung. Bahan tersebut kemudian ditumis bersama dengan bumbu khas sebelum dibungkus. Tak lupa diberi potongan telur rebus agar menambah cita rasa.

Bagi kalian para vegetarian di Surabaya yang kesulitan menemukan restoran khusus vegan, coba simak di sini. Selain itu, berikut ini terdapat kuliner Indonesia yang punya kembaran di luar negeri, intip di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel