Tinggalkan Pola Makan Berbahaya, Ini 7 Jenis Diet Sehat yang Ampuh Turunkan Bobot Tubuh
Lifestyle

Jangan tergiur dengan diet yang tidak sehat, yuk ikuti 7 jenis diet ini!

WowKeren - Diet adalah metode untuk mengatur asupan makan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Sebenarnya, tujuan seseorang diet berbeda-beda.

Sebagian orang menjalani diet untuk kesehatan. Ada yang ingin menurunkan bobot tubuh. Ada pula yang ingin menambah berat badannya. Satu hal yang pasti, diet yang dilakukan harus baik dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.


Untuk menurunkan bobot tubuh, terdapat satu diet yang belakangan ini terkenal, yaitu diet ketogenik. Diet satu ini dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan sebaliknya memperbanyak protein dan lemak.

Namun, diet ketogenik dinilai tidak sehat karena karbohidrat merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, mengurangi jumlah karbohidrat dalam tubuh bisa menimbulkan akibat buruk. Sebut saja meningkatnya kolesterol, kekurangan gula hingga dehidrasi parah. Untuk bahaya diet keto selengkapnya di sini.

Nah, masih ada pilihan jenis diet yang lebih sehat dibandingkan dengan diet ketogenik. Mau tahu apa saja? Simak di sini.

(wk/nris)

1. Diet Clean Eating dengan Mengonsumsi Makan Segar


Diet Clean Eating dengan Mengonsumsi Makan Segar

Pernah mendengar diet clean eating? Pasa dasarnya, clean eating merupakan cara hidup sehat dengan memilih makanan yang akan dikonsumsi. Diet satu ini mampu menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan dan metabolisme energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat serta meningkatkan kesehatan mental. Manfaat yang cukup banyak tersebut disebabkan karena pola makan yang sehat.

Lalu, bagaimana cara melakukan clean eating? Dengan diet ini, kalian harus mengonsumsi makanan yang segar san melalui proses masak yang baik.Kalian juga harus memikirkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya, jadi enggak asal makan saja, ya. Penerapan clean eating juga wajib mengonsumsi karbohidrat kompleks.

Nah, yang paling penting adalah untuk tidak mengonsumsi makanan kemasan, seperti makanan kalengan, sosis, nuget dan masih banyak lagi. Bahkan, kalian tidak boleh memakai bumbu kemasan seperti kecap dan saus. Perlu kalian ketahui bahwa makanan kemasan tersebut memiliki bahan pengawet dan zat aditif yang harus dihindari.

2. Diet Food Combining, Mengombinasikan Beberapa Makanan dengan Aturan Tertentu


Diet Food Combining, Mengombinasikan Beberapa Makanan dengan Aturan Tertentu

Selanjutnya adalah diet food combining. Konsep diet satu ini menyatakan, setiap makanan memiliki waktu cerna dan serap yang berbeda-beda. Mereka juga memerlukan enzim berbeda saat dicerna, ada yang alkali dan lainnya asam. Nah, ketika satu kelompok makanan dikonsumsi bersamaan, kedua enzim tersebut akan bertemu sehingga menetralisir satu sama lain dan akhirnya menghambat pencernaan.

Hal tersebut membuat diet food combining melarang mengombinasikan orang-orang untuk menyantap nasi, lauk pauk, sayuran dan buah sekaligus dalam 1 jam makan. Pola makan diet satu ini tidak mencampurkan konsumsi karbohidrat dan protein hewani karena akan membuat kerja sistem pencernaan menjadi berat. Sayuran dan buah segar menjadi bagian utama dalam menu makan food combining. Namun, kalian tentu harus mencukupi asupan lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak dan lainnya.

3. Diet Intermittent Fasting, Mengatur Pola Makan dengan Puasa


Diet Intermittent Fasting, Mengatur Pola Makan dengan Puasa

Jika food combining mengatur makanan yang kalian konsumsi, diet intermittent fasting lebih ke mengatur kebiasaan makan kalian. Metode ini menganjurkan untuk puasa makan selama 16 jam, namun waktunya dapat kalian tentukan sendiri.

Diet intermittent fasting adalah membuat kita memperbaiki perilaku makan yang lebih sehat, melatih ketahanan tubuh agar tetap menjalankan fungsinya walau sedang tidak mengonsumsi makanan dalam periode tertentu. Selain itu, diet ini membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol karena tubuh melakukan pembakaran lemak efektif saat puasa.

Nah, untuk melakukannya terdapat metode 16/8. Metode ini mengharuskan kalian membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan. Contohnya, kalian diperbolehkan makan dari jam 1 siang hingga 9 malam, kemudian berpuasa hingga 16 jam ke depan. Untuk masalah pengaturan waktunya bisa disesuaikan dengan kegiatan kalian.

4. Diet Atkin dengan Mengurangi Karbohidrat


Diet Atkin dengan Mengurangi Karbohidrat

Diet atkin mungkin terlihat mirip diet keto. Namun, diet ini hanya "mengurangi" karbohidrat bukan "menghilangkannya" dalam asupan sehari-hari. Diet atkin pertama diluncurkan oleh Dr. Robert C. Atkins yang juga seorang kardiolog di awal tahun 70-an.

Untuk melakukan diet atkin, kalian perlu mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak dan tidak mengonsumsi karbohidrat hanya dalam 2 minggu. Saat hal tersebut berlangsung, tubuh akan membangun ketosis, keadaan di mana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar sehingga berat badan menurun.

Menghilangkan karbohidrat tentu tidak selamanya, pada minggu selanjutnya kalian sudah boleh mengonsumsi asupan tersebut dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kalian juga harus mengonsumsi makanan yang sehat dan penuh gizi, ya.

5. Diet Mayo, Mengurangi Asupan Garam dalam Makanan


Diet Mayo, Mengurangi Asupan Garam dalam Makanan

Salah satu jenis diet yang sehat dan terkenal adalah diet mayo. Diet stu ini dilakukan dengan puasa garam alias tidak mengonsumsi makanan yang mengandung garam dalam waktu 13 hari. Kalian juga harus memperhatikan asupan kalori setiap hari, tidak boleh kurang dari 1200-1800.

Saat melaksanakan diet mayo, asupan garam yang sedikit akan meningkatkan keluarnya air dalam tubuh sehingga berat badan berkurang. Garam rupanya dapat mengikat air dalam tubuh sehingga tidak dapat keluar. Jadi, siap-siap mengonsumsi makanan tawar untuk 13 hari, ya. Tenang saja, dijamin jika dilakukan dengan baik, bobot tubuh kalian akan turun.

6. Diet General Motors (GM), Turun Berat Badan dalam 7 Hari


Diet General Motors (GM), Turun Berat Badan dalam 7 Hari

Diet general motors (GM) mengharuskan kalian untuk merencanakan asupan makanan yang minim kalori namun bergizi tinggi. Pola makan tersebut harus dipatuhi selama 7 hari berturut-turut. Menu diet GM ini melibatkan variasi sayuran dan buah-buahan.

Untuk menjalani diet ini, kalian wajib memperbanyak makanan yang mengandung air tinggi. Pasalnya, buah, sayuran dan makanan yang mengandung banyak air dipercaya meningkatkan pembakaran lemak sembari membantu membilas racun dari dalam tubuh.

7. Diet Paleo dapat Memperbaiki Kesehatan


Diet Paleo dapat Memperbaiki Kesehatan

Siapa yang pernah dengar tentang diet paleo? Diet ini menerapkan pola makan nenek moyang kita pada zaman dahulu, masa Paleolitik, sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu. Namun, enggak semuanya meniru apa yang dikonsumsi oleh manusia gua, kok.

Pada masa modern ini, salah satu yang dijadikan patokan adalah makanan bebas gluten. Gluten sendiri sifatnya seperti lem atau perekat yang merupakan gabungan protein yang bisa ditemukan di dalam gandum. Makanan yang memenuhi syarat tersebut adalah, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging rendah lemak dan ikan kaya asam lemak omega 3.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru