Petugas Gunung Gede Pangrango Temukan Sarang 'Burung Garuda' yang Hampir Punah
Nasional

Adanya penemuan Elang Jawa yang kerap diidentikkan dengan lambang negara Indonesia menunjukkan bahwa kondisi ekosistem Gunung Gede Pangrango menjadi rumah yang nyaman bagi burung tersebut.

WowKeren - Salah satu satwa endemik kebanggaan Indonesia, elang jawa, yang terancam punah telah ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Elang jawa selama ini kerap diidentikkan dengan burung garuda yang merupakan lambang negara NKRI.

Penemuan sarang "sang penguasa langit Jawa" ini tentu saja membuat petugas di sana girang bukan kepalang. Kegembiraan tersebut diungkapkan lewat unggahan di akun media sosial resmi TNGGP.


"Alhamdulillah, gembira kuadrat ini mah," kata Mukti, salah satu tim pemantau sarang tersebut melalui akun Instagram @tn_gedepangrango pada Minggu (20/4). "Sarang baru termasuk anaknya berhasil terpantau."

Humas Balai Besar TNGGP Ade Bagja Hidayat mengatakan bahwa sarang burung tersebut berada di dalam kawasan konservasi. Namun, ia enggan menyebut dimana letak tepatnya demi melindungi satwa ini dari tangan-tangan jahat yang ingin memburu mereka.

"Lokasi sarangnya di dalam kawasan konservasi," tutur Ade dilansir dari Kompas, Selasa (23/4). "Namun, posisi tepatnya tidak bisa kami sebutkan soalnya khawatir diburu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab."

Keberadaan sarang tersebut pertama kali terpantau pada Sabtu (13/4). Namun, tim monitoring tidak bisa terus-terusan memantau burung tersebut karena dikhawatirkan justru akan mengganggu aktivitasnya.

"Namun, tim tidak bisa terlalu sering memantau kondisi sarang barunya dari jarak dekat," tutur Ade. "Karena khawatir mengganggu aktivitas mereka."

Penemuan sarang elang jawa menunjukkan bahwa kondisi ekosistem TNGGP masih baik sebab keberadaan burung ini bisa menjadi indikator kesehatan ekosistem di habitatnya. Ade menuturkan bahwa elang jawa sangat peka terhadap kerusakan lingkungan. Jika satwa endemik ini mampu melahirkan anaknya hingga memiliki sarang, itu artinya TNGGP adalah rumah yang nyaman bagi mereka.

"Top predator ini sangat peka terhadap kerusakan lingkungan," terang Ade. "Karena itu, apabila masih mampu melahirkan anaknya, berarti TNGGP jadi rumah nyaman bagi elang jawa untuk berkembang biak."

You can share this post!

Related Posts
Loading...