Ini 10 Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi saat Sahur dan Berbuka Puasa, Enggak Bakal Lemas!
Kuliner

Penting bagi kalian memilih makanan yang akan dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka, seperti buah-buahan. Selain mencegah adanya gangguan pencernaan, buah-buahan akan membuat tubuh tidak lemas selama berpuasa.

WowKeren - Saat berpuasa, tubuh mengalami sejumlah perubahan termasuk produksi enzim dalam tubuh. Enzim tersebut yang biasanya diproduksi oleh sistem pencernaan akan perlahan berkurang seiring lamanya waktu kalian berpuasa.

Hal tersebut menyebabkan lapisan-lapisan yang melindungi perut akan ikut menipis. Jika kalian mengonsumsi makanan yang rentan menimbulkan iritasi pada perut, resiko mengalami gangguan pencernaan akan meningkat.


Nah, penting bagi kalian memilih makanan yang akan dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka, seperti buah-buahan. Selain mencegah adanya gangguan pencernaan, buah-buahan akan membuat tubuh tidak lemas selama berpuasa.

Berikut 10 buah-buahan yang baik kalian konsumsi saat berpuasa. Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Konsumsi Apel saat Berbuka Puasa


Konsumsi Apel saat Berbuka Puasa

Apel merupakan salah satu buah yang baik untuk pencernaan lantaran mengandung banyak serat. Mengonsumsi apel sebelum makan berat saat berbuka akan membantu mempersiapkan pencernaan kalian untuk menerima makanan tersebut.

Makan apel diawal berbuka juga akan membuat kalian tidak kalap menyantap hidangan utama. Kandungan serat di dalamnya akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga mencegah untuk makan berlebihan. Pencernaan juga bakal lancar Keesokan harinya.

2. Semangka Memiliki Kandungan Air yang Banyak


Semangka Memiliki Kandungan Air yang Banyak

Buah selanjutnya adalah semangka. Buah satu ini baik dimakan saat sahur maupun berbuka puasa, lho. Pasalnya, semangka memiliki 91% air yang akan membantu asupan cairan untuk tubuh. Kandungan antioksidan likopen di dalamnya juga akan melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat serangan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi lingkungan.

Selain itu, semangka memiliki vitamin A dan C yang membantu menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. Jadi, mengonsumsi buah berwarna merah ini saat sahur menjadi pilihan yang tepat.

3. Stroberi dapat Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa


Stroberi dapat Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Tak hanya semangka, stroberi pun mengandung 91% air yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Stroberi sebaiknya kalian konsumsi sebagai makanan pencuci mulut saat sahur. Hal tersebut lantaran buah ini akan membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya.

Stroberi pun bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.Asam salisilat, vitamin C, AHA dan flavonoid dapat menghilangkan jerawat di wajah serta mengurangi minyak berlebih.

4. Jeruk Bikin Tubuh bugar saat Puasa


Jeruk Bikin Tubuh bugar saat Puasa

Kalian pasti tahu bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk memicu produksi sel darah putih yang berperan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, manfaat tersebut tentu sangat baik jika kalian mengonsumsi jeruk saat tengah berpuasa.

Rutin mengonsumsi jeruk akan membantu mencegah penyakit seperti flu dan pilek. Selain itu, jeruk juga membantu pencernaan lancar serta mengobati sembelit lantaran mengandung flavanol naringenin.

5. Alpukat Punya Banyak Manfaat


Alpukat Punya Banyak Manfaat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan, meremajakan kulit, meningkatkan kesehatan otak dan masih banyak lagi. Kalian bisa simak manfaat alpukat lainnya di sini.

Manfaat dari alpukat tersebut lantaran buah ini mengandung lemak baik, vitamin E, biotin, magnesium dan lainnya. Nah, saat berbuka puasa, alpukat cocok banget buat kalian yang tengah diet. Perut akan kenyang lebih lama dan berat badan tetap terjaga.

6. Pepaya untuk Melancarkan Pencernaan


Pepaya untuk Melancarkan Pencernaan

Saat puasa, sebagian orang mengalami sembelit lantaran kekurangan cairan dan serat dalam asupan makanan. Nah, buah yang paling cocok mengatasi masalah ini adalah pepaya. Buah ini akan melancarkan pencernaan kalian dan mencegah terjadinya kanker usus besar.

Pepaya juga mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan, menjaga kekebalan tubuh dan mencegah sariawan. Kandungan vitamin dalam pepaya akan membantu kalian terhindar dari penyakit seperti asma, stroke, rematik dan lainnya.

7. Anggur Akan Membuat Tubuh Kembali Segar saat Puasa


Anggur Akan Membuat Tubuh Kembali Segar saat Puasa

Buat selanjutnya adalah anggur. Buah satu ini memiliki rasa yang manis sehingga dapat mengganti gula yang berkurang selama berpuasa. Kandungan airnya yang cukup tinggi juga membantu kalian mengatasi sembelit. Tubuh akan segar kembali saat kelian mengonsumsi anggur ketika berbuka.

8. Pisang untuk Menambah Energi


Pisang untuk Menambah Energi

Kalian pasti kehilangan energi saat berpuasa, kan? Nah, pisang menjadi pilihan yang tepat saat sahur dan berbuka. Buah berwarna kuning ini akan membantu mengembalikan energi kalian.

Selain itu, buah ini juga mengandung kadar potasium yang tinggi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pisang dapat pula mengatasi diabetes, mengobati sakit maag, mengatasi anemia, menyehatkan tulang dan menjaga keseimbangan jumlah cairan tubuh.

9. Blewah Bikin Tubuh Segar


Blewah Bikin Tubuh Segar

Blewah merupakan salah satu buah yang populer saat bulan puasa. Mengonsumsi buah blewah akan membantu makanan yang tidak kalian kunyah secara halus dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Buah satu ini mampu mengatasi rasa mual dan stres, lho. Batalkan buka puasa dengan es blewah yang menyegarkan.

10. Makan Kurma saat Buka Puasa


Makan Kurma saat Buka Puasa

Kurma memiliki kandungan gula yang berbentuk glukosa dan fruktosa di dalamnya. Kandungan ini bermanfaat untuk menambah pasokan energi bagi tubuh. Agar jaringan penting dalam tubuh seperti sel-sel otak, sel tulang belakang, sel saraf dan lainnya bekerja dengan baik, kalian membutuhkan asupan energi yang banyak. Maka dari itu, konsumsi kurma saat sahur dan buka puasa.

Simak pula olahraga yang dapat menjaga ketahanan tubuh saat puasa di sini. Selain itu, simak cara mencegah bau mulut tak sedap di bulan puasa di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel