Indonesia Punya Ketupat, Ini 8 Kuliner Enak Khas Lebaran yang Dinikmati Umat Muslim Negara Lain
Kuliner

Ketupat merupakan makanan khas Lebaran masyarakat Indonesia. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada ketupat, kan? Nah, negara lainnya juga memiliki kuliner khas mereka, lho.

WowKeren - Ketupat merupakan makanan yang wajib banget ada saat Lebaran. Enggak cuman di Indonesia, ketupat merupakan hidangan khas Asia Tenggara maritim. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengenal kuliner satu ini.

Perlu kalian tahu bahwa ketupat tak hanya kuliner biasa, namun memiliki beberapa makna. Salah satunya adalah simbol kesalahan manusia yang telah diperbuat. Hal ini terlihat dari rumitnya anyaman ketupat tersebut. Sedangkan, isi ketupat yang berwarna putih bisa diartikan sebagai lambang kesucian hati.


Sementara itu, beberapa daerah di Indonesia percaya bahwa ketupat sebagai penolak bala. Mereka menggantungnya di daun pintu terhindar dari hal-hal buruk.

Nah, negara-negara lain juga memiliki makanan khas yang harus ada saat lebaran, nih. Kulinernya unik-unik, lho. Mai tau apa saja? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Kahk Kue Lebaran Khas Mesir


Kahk Kue Lebaran Khas Mesir

Kahk merupakan kudapan khas Mesir yang kerap disajikan saat Lebaran di Mesir. Kue ini sudah dikenal oleh masyarakat Mesir sejak ratusan tahun lalu, tepatnya pada masa kepemimpinan Fir'aun.

Kuliner satu ini merupakan kue kering yang berisi kurma, buah ara serta buah-buahan kering. Selain itu, beberapa orang juga menambahkan kacang-kacangan seperti walnut atau pistachio untuk isian kahk. Mungkin kalau di Indonesia cocok jadi kue yang disajikan dalam toples, ya.

Pembuatan kue kahk sangat identik dengan kebersamaan. Biasanya wanita dan anak-anak akan berkumpul di ruang tengah membuat kahk. Tiap orang memiliki tugas sendiri-sendiri, ada yg membuat adonan, mengisi buah-buahan serta mencetaknya berbagai bentuk.

2. Sheer Kurma Alias Puding Kurma Nikmat dari Pakistan


Sheer Kurma Alias Puding Kurma Nikmat dari Pakistan

Sheer kurma merupakan resep warisan Kekaisaran Mughal. Makanan manis ini disajikan masyarakat Pakistan saat perayaan Idul Fitri atau Idul Adha. Dilihat dari tampilannya udah bikin ngiler, kan?

Puding kurma ini memiliki perpaduan yang unik. Sebut saja susu, bihun, kacang, ghee (mentega khas Asia Selatan), kurma kering dan taburan kapulaga untuk memperkuat aroma. Bahan utama membuatnya adalah kurma susu.

Lantaran pembuatannya yang mudah, sheer kurma biasanya menjadi kuliner yang pertama kali dimasak saat Lebaran. Ayo siapa yang ingin mencicipi makanan ini?

3. Baklava Manis dari Turki


Baklava Manis dari Turki

Baklava merupakan makanan Turki yang cukup terkenal di Indonesia. Rupanya, kuliner ini wajib banget ada saat Lebaran tiba, lho. Pastry satu ini memiliki sensasi rasa yang berbeda membuatnya banyak digemari oleh pecinta kuliner.

Perlu kalian tahu bahwa baklava masuk dalam jajaran pastry panggang tertua yang pernah ada dengan bahan utama kacang, vufka, mentega dan madu. Adonan tepungnya dibuat setipis mungkin, kemudian ditumpuk-tumpuk sehingga menjadi renyah.

Nah, baklava memiliki tekstur gurih karena potongan kacang di dalamnya. Madu atau sirup akan memanjakan lidah dengan rasa manis yang sangat nikmat.

4. Cambaabur yang Disebut Roti Lebaran dari Somalia


Cambaabur yang Disebut Roti Lebaran dari Somalia

Selanjutnya adalah cambaabur, makanan Lebaran khas Somalia. Meski disebut roti, cambaabur lebih mirip pancake atau martabak mini. Rasanya sendiri sangat gurih.

Cambaabur dibuat dengan campuran tepung, ragi, gula, garam, bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang halus, kunyit bubuk, jinten hitam dan adas bubuk. Untuk membuatnya, kalian membutuhkan 4-6 jam agar mengembang, lho. Maka dari itu, diperlukan waktu sehari sebelum Idul Fitri untuk membuatnya.

Adonan yang sudah jadi kemudian digoreng di wajan datar sampai matang. Cambaabur kemudian dicelupkan ke dalam yoghurt, dikucuri lelehan butter atau taburan gula halus.

5. Bolani, Roti Tipis Khas Afghanistan


Bolani, Roti Tipis Khas Afghanistan

Nah, di Afghanistan terdapat kuliner khas Lebaran bernama bolani. Roti tipis tersebut diisi dengan bayam, labu, kentang atau lenti hijau. Jika dilihat dari tampilannya bolani mirip dengan parata, ya.

Perlu kalian tahu bahwa bolani sangat cocok buat kalian yang tengah deit. Pasalnya, kuliner satu ini mengandung nutrisi lengkap. Tak hanya karbohidrat, namun juga protein, fiber dan vitamin.

6. Hyderabadi Haleem yang Mirip dengan Bubur dari India


Hyderabadi Haleem yang Mirip dengan Bubur dari India

Hyderabadi haleem merupakan hidangan khas India yang populer saat bulan Ramadhan dan Lebaran. Hidangan ini sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan orang Arab di India.

Hidangan satu ini memiliki rasa yang gurih karena menggunakan beberapa bumbu tradisional, seperti, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya. Sedangkan bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus.

7. Chicken Bastilla, Sajian Istimewa Lebaran Warga Maroko


Chicken Bastilla, Sajian Istimewa Lebaran Warga Maroko

Maroko memiliki sajian istimewa saat lebaran yaitu pie ayam alias chicken bastilla. Hidangan ayam satu ini memiliki rasa gurih dan sedikit asam. Makanan ini kemudian diberi topping almond yang renyah juga dibumbui dengan air jeruk lemon.

Chicken bastilla biasanya dibuat dari satu ekor ayam besar yang dipotong-potong tanpa kulit dan lemak. Kemudian dibumbui dengan bawang putih, jahe, garam, lada putih dan hitam juga kunyit. Lalu dicampur dengan adonan phyllo dan kuning telur.

8. Sa Nwin Ma Kin Puding Gandum di Myanmar


Sa Nwin Ma Kin Puding Gandum di Myanmar

Myanmar juga memiliki hidangan khas Lebaran, yakni sa nwin ma kin. Kuliner ini berupa puding yang diolah dari semolina atau butiran gandum. Kuliner ini dipadukan dengan Danbauk Htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.

Selain itu ada pula semolinja. Jika dilihat tampilannya mirip dengan ketan. Semolina merupakan kue manis yang biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Cocok banget buat bersantai bareng keluarga di Hari Raya Idul Fitri, nih.

Simak pula kue kering paling populer di Indonesia saat Lebaran di sini. Selain itu, kalian perlu berhati-hati saat mengonsumsi makanan bersantan di hari Lebaran. Pasalnya, banyak efek buruk yang ditimbulkan. Simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel