'Kang's Kitchen 2' Tak Bisa Ambil Tindakan Hukum Meski Menunya Diplagiat, Ini Alasannya
TV

Menu-menu yang disediakan oleh 'Kang's Kitchen 2' dijiplak secara terang-terangan oleh sebuah restoran. Namun, pihak produksi kesulitan dan tidak ingin mengambil tindakan hukum karena beberapa alasan ini.

WowKeren - Salah satu reality show yang saat ini sedang tayang dan mendapat banyak perhatian adalah "Kang's Kitchen 2". Pasalnya, program acara yang digawangi Kang Ho Dong cs ini selalu diminati oleh banyak kalangan.

Namun kabar tak sedap datang pada Selasa (9/7) kemarin. Pasalnya, di hari itu beredar foto-foto restoran yang menyediakan menu sama persis dengan yang ada di "Kang's Kitchen 2".


Beberapa netizen yang geram atas hal ini meminta agar tvN mengambil langkah hukum. "Tidak bisakah Baek Jong Won atau tvN mengambil tindakan hukum untuk ini?" ujar netizen.

Namun, Herald Biz menjelaskan jika resep "Kang's Kitchen 2" tidak dilindungi oleh hak cipta, sehingga jika ada orang lain yang menirunya, tidak akan bermasalah secara hukum. Selain itu juga sulit untuk tvN mengambil tindakan hukum mengenai nama-nama menu, karena mereka tidak bermerek dagang.

Menanggapi hal ini, PD Na Young Suk yang memproduksi "Kang's Kitchen 2" angkat bicara. Ia merasa terganggu karena ada restoran yang menggunakan menu-menu "Kang's Kitchen 2" sebagai ladang bisnis.

"Menu yang dibuat berasal dari ide-ide kami dan konsultasi dengan Baek Jong Won. Kami selalu menyambut pemirsa untuk mencoba resepnya di rumah," ujar PD Na Young Suk. "Itulah sebabnya kami membagikan resepnya melalui siaran. Namun, itu mengganggu bagi sebuah restoran untuk menyalin kerja keras kami tanpa izin."

Meski demikian, Na Young Suk mengatakan jika pihaknya tidak ingin mengambil tindakan hukum. Sebaliknya, dia meminta pemirsa untuk berhenti membahasnya, agar restoran tersebut tidak mendapat lebih banyak perhatian.

"Aku tidak ingin restoran yang menyalin menu kami mendapat perhatian dan membuat lebih banyak penjualan," tutur Na Young Suk. "Aku tidak percaya akan ada banyak ketulusan atau rasa yang luar biasa pada makanan yang seharusnya menciptakan sensasi hidup yang singkat."

"Aku pikir jika pemirsa memikirkannya, mereka akan tahu bahwa mereka tidak harus keluar dan membeli makanan itu," terangnya. "Karena ini adalah waktu yang sulit untuk semua orang, aku tidak ingin mengambil tindakan (hukum)."

Sementara itu, "Kang's Kitchen 2" akan menayangkan episode terbarunya pada Kamis (11/7) besok. Apakah kalian mengikuti acara ini?

You can share this post!

Related Posts
Loading...