9 Tempat Wisata Di Indonesia Ini Dianggap Angker Sampai Jadi Perbincangan Turis Manca Negara
bisniswisata.co.id
Travel

Keangkeran tempat wisata ini sudah terkenal sampai menjadi pembicaraan di berbagi forum-forum internasional loh. Penasaran apa saja? berikut 9 tempat wisata angker di Nusantara.

WowKeren - Destinasi wisata di Indonesia memang enggak ada habisnya untuk dieksplor. Berbagai macam pilihan wisata bisa kalian pilih mulai dari wisata alam, wisata menyelam, berkemah atau bahkan wisata yang berbau horor.

Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang dianggap angker dan horor. Dengan nuansa mistis dan misterius yang bisa membuat bulu kuduk berdiri, wisata horor tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menambah pengalaman travelling kamu. Intip juga rekomendasi wisata anti mainstream di sini.


Para pengunjung beberapa tempat wisata ini juga tak jarang diminta untuk menjaga sikap agar tak membuat "sang penunggu" marah. Beberapa latar belakang beberapa tempat ini juga cukup menarik untuk dieksplor para wisatawan yang berkunjung. Selain itu simak juga rekomendasi wisata berkemah di sini.

Bahkan keangkeran tempat wisata ini sudah terkenal sampai menjadi pembicaraan di berbagi forum-forum internasional loh. Penasaran apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 9 tempat wisata angker di Nusantara yang wajib banget dikunjungi untuk kalian yang bernyali tinggi.

(wk/putr)

1. Wajib Banget Ke Lawang Sewu Yang Kisahnya Sudah Difilmkan


Wajib Banget Ke Lawang Sewu Yang Kisahnya Sudah Difilmkan

Baik pecinta horor maupun tidak, Lawang Sewu sudah terkenal banget akan keangkerannya. Tempat wisata yang terletak di Semarang ini kesan horor begitu terasa, terutama saat malam hari. Meskipun sudah dihujani dengan ratusan lampu terang, namun kesan angker tempat ini enggak hilang dengan mudah loh.

Lawang Sewu yang berarti 1000 Pintu ini dahulunya merupakan tempat industri kereta api yang dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1917. Setelah ditinggalkan, banyak kisah-kisah angker yang menyelimutinya. Hal angker yang paling terkenal dan menjadi perbincangan netizen dunia adalah ketika salah satu stasiun televisi swasta melakukan uji nyali di tempat ini dan terlihat sosok kuntilanak secara jelas di depan kamera.

2. Jangan Sekali-kali Pakai Pakaian Berwarna Hijau Di Pantai Parangtritis


Jangan Sekali-kali Pakai Pakaian Berwarna Hijau Di Pantai Parangtritis

Pantai yang terletak di Yogyakarta ini sudah enggak asing lagi dengan berbagai kisah mistisnya. Salah satu yang paling populer hingga menarik wisatawan dunia adalah tentang kerajaan Nyai Roro Kidul sang Penguasa Pantai Selatan. Nyai Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali

Nyai Roro Kidul digambarkan sebagai ratu dari segala jenis lelembut (jin) tanah Jawa dan menjadi motif populer dalam cerita rakyat dan mitologi. Beberapa mitos yang paling santer terdengar soal Nyai Roro Kidul dan Pantai Parangtritis ini adalah larangannya kepada siapa pun untuk memakai warna hijau ketika berenang. Hal ini karena menurut mitos, siapa pun yang memakai baju hijau dan berenang di pantai ini akan tenggelam dan akan memasuki istana Nyai Roro Kidul sang Ratu Pantai Selatan.

3. Hotel Terbengkalai Bedugul Yang Disebut Istana Para Hantu Di Bali


Hotel Terbengkalai Bedugul Yang Disebut Istana Para Hantu Di Bali

Tempat yang satu ini mungkin enggak terlalu populer di telinga wisatawan lokal. Tapi, tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan para turis manca negara yang melancong ke Bali. Tempat ini bahkan sering disebut sebagai "Istana Hantu" karena bangunan hotel ini sangat luas dan besar namun tidak ada penghuninya.

Seorang youtuber dengan kanal bernama Exploring With Josh berhasil mendokumentasikan kengerian hotel besar yang tak terawat ini. Bayangkan, melihat bangunan super besar namun tidak berpenghuni, suram dan kotor, serta terlihat gelap saat malam, kesan pertama yang muncul pasti tidak jauh-jauh dari hal yang menyeramkan.

4. Gunung Kawi Yang Dikenal Sebagai Sarangnya Pesugihan Dan Tumbal


Gunung Kawi Yang Dikenal Sebagai Sarangnya Pesugihan Dan Tumbal

Gunung Kawi sebenarnya merupakan gunung indah dengan pemandangan yang mengagumkan. Gunung ini berlokasi di dekat Gunung Butak dan selalu ramai dikunjungi banyak orang. Para pengunjung biasanya mengunjungi tempat ini sebagai tempat pendakian dan juga dijadikan tempat ziarah Pesarean.

Kesan horor dan angker tercipta karena tempat ini banyak sekali terjadi aktivitas ritual apalagi saat Jumat Legi. Salah satunya adalah ritual perayaan wafatnya Eyang Sujo (Raden Mas Iman Sudjono). Selain itu, Gunung Kawi juga biasa menjadi tempat pesugihan dan tumbal. Mereka yang datang kebanyakan bertujuan untuk meminta berkah kekayaan dengan jalan pintas yakni melalui ritual pemujaan pada penguasa gaib gunung Kawi.

5. Gunung Merapi, Salah Satu Gunung Indah Indonesia Yang Menyimpan Banyak Kisah Mistis


Gunung Merapi, Salah Satu Gunung Indah Indonesia Yang Menyimpan Banyak Kisah Mistis

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini terakhir kali meletus pada 1 Juni 2018 pada pukul 08.20 WIB dengan durasi 2 menit. Hingga saat ini, gunung ini telah meletus kurang lebih sebanyak 68 kali sejak 1548. Selain cukup berbahaya, ternyata gunung Merapi menyimpan banyak misteri.

Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi favorit dengan ketinggian puncak 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl). Banyak pendaki mengenal puncak gunung itu dengan sebutan puncak Garuda. Dalam gunung ini terdapat larangan untuk mendaki hingga sampai puncak tertinggi. Kalau sedang sial, beberapa pendaki bahkan mengaku mendengar suara-suara aneh seperti suara gamelan atau keramaian pasar di tengah sunyinya malam loh.

6. Kota Tua Jakarta, Salah Satu Wisata Angker Peninggalan Belanda


Kota Tua Jakarta, Salah Satu Wisata Angker Peninggalan Belanda

Dalam Kota Tua Jakarta ini terdapat berbagai bangunan khas peninggalan pemerintah Hindia-Belanda yang masih berdiri kokoh. Sekilas tempat ini hanya tempat wisata eksotis yang menyajikan desain bangunan tua, tapi tahukah kalian bahwa dahulu kala lapangan di depan Museum Fatahilah dahulu digunakan pemerintah Hindia-belanda untuk menyaksikan tahanan yang akan dihukum mati?

Hal inilah yang membuat banyak warga lokal atau turis manca negara menyebut bahwa komplek kota tua Jakarta ini angker dan horor. Banyak penampakan aneh di sekitar tempat ini, yang paling terkenal adalah hantu tanpa kepala dan hantu Noni Belanda dengan gaun khas era penjajahan yang berkeliaran malam hari.

7. Taman Festival Bali Awalnya Merupakan Taman Bermain Menyenangkan Yang Terbengkalai


Taman Festival Bali Awalnya Merupakan Taman Bermain Menyenangkan Yang Terbengkalai

Tempat wisata di Sanur, Bali ini enggak menghadirkan kesan keindahan dan kenyamanan, melainkan lebih ke nuansa yang horor dan mengerikan. Taman Festival Bali ini merupakan theme park terbengkalai dan penuh belukar dengan wahana permainan yang sudah rusak, bahkan hilang dari tempatnya.

Cat tembok yang terkelupas, banyaknya grafiti dan mural yang tercoret di hampir setiap dindingnya, serta rangka atap bangunan yang tidak tersisa menambah atmosfer mengerikan dari tempat ini. Cerita horor yang beredar di tempat ini adalah adanya sebuah kejadian di mana salah satu pengunjung meninggal di tempat ini saat sedang menaiki salah satu wahana yang ada di sana. Mitos buaya yang hilang dan tidak bisa ditangkap dari kandangnya di tempat ini juga masih menjadi misteri loh.

8. Rumah Gurita Di Bandung Yang Sempat Diduga Sebagai Tempat Untuk Aliran Sesat


Rumah Gurita Di Bandung Yang Sempat Diduga Sebagai Tempat Untuk Aliran Sesat

Bangungan yang terletak di Jalan Cipedes Selatan No.6 Bandung ini dijuluki Rumah Gurita karena memiliki patung gurita di atapnya. Hingga saat ini, fungsi utama bangunan ini masih menjadi misteri dan perdebatan netizen baik di Indonesia maupun dunia. Banyak netizen yang berspekulasi bahwa Rumah Gurita ini awalnya adalah sebuah gereja setan.

Hal ini karena pernah sekelompok jurnalis yang berusaha memasuki rumah tersebut. Namun, para jurnalis menemukan beberapa kejanggalan termasuk adanya tiga buah angka 6 yang terpasang di depan rumah tersebut. Menanggapi rumor itu, sang pemilik rumah akhirnya berbicara ke publik dan menyatakan bahwa patung gurita raksasa di atap rumahnya adalah bentuk karya seni belaka.

9. Taman Nasional Alas Purwo Yang Punya Hutan Tua Dan Diyakini Angker


Taman Nasional Alas Purwo Yang Punya Hutan Tua Dan Diyakini Angker

Bagi yang pernah melakukan perjalanan darat dari Surabaya ke Bali atau sebaliknya, pasti akan melewati Alas Purwo di Banyuwangi. Hutan tertua di Pulau Jawa ini begitu rapat dan teduh. Namun bila dijelajahi saat malam hari, minimnya cahaya lampu dan bulan bisa menawarkan sensasi yang menyeramkan.

Pada dasarnya, Taman Nasional Alas Purwo menawarkan keindahan alam khas Jawa Timur. Namun siapa yang sangka bahwa taman nasional ini diselimuti dengan mitos yang mengatakan bahwa tempat ini terdapat kerajaan jin oleh paranormal. Tak jarang para penduduk lokal melihat penampakan seperti genderuwo hingga kuntilanak. Pohon-pohon yang tumbuh rapat di Alas Purwo, terkadang menimbulkan masalah seperti tersesat atau diculik jin.

You can share this post!

Related Posts