7 Tanda yang Ditunjukkan Kulit Jika Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka, Teliti Sebelum Membeli!
Lifestyle

Kulit wajah biasanya menunjukkan beberapa tanda jika kita salah dalam memilih produk pembersih muka. Mau tahu apa saja tanda-tanda tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Mencuci wajah adalah salah satu ritual harian dalam perawatan wajah yang sangat sederhana. Meski sederhana dan sering diremehkan, mencuci wajah sangat penting untuk dilakukan jika ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan terawat.

Yang tak kalah penting dari ritual mencuci wajah adalah produk pembersih wajah apa yang digunakan. Sebab jika kita salah dalam memilih produk, hasilnya malah tidak baik untuk kulit kita.


Kalau kamu sudah memiliki produk pembersih wajah andalan, maka tak perlu khawatir. Tapi jika kamu sering gonta-ganti produk dan kulit wajah menunjukkan beberapa perbedaan setelah menggunakannya, segera hentikan pemakaian produk tersebut.

Nah mau tahu tanda-tanda apa yang ditunjukkan kulit wajah saat kita salah dalam memilih produk pembersih? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Wajahmu Sering Berjerawat? Perhatikan Apakah Sabun Cuci Muka yang Kamu Gunakan Sudah Tepat


Wajahmu Sering Berjerawat? Perhatikan Apakah Sabun Cuci Muka yang Kamu Gunakan Sudah Tepat

Jerawat yang muncul di kulit wajah memang disebabkan oleh berbagai hal, seperti hormon, pola makan, gaya hidup dan salah sabun wajah. Mungkin ada kandungan di sabun cuci muka yang tidak sesuai dengan kulit wajah hingga membuat kamu mudah jerawatan. Selain itu, sabun cuci muka yang kamu gunakan mungkin kurang efektif dalam membersihkan pori-pori yang masih tersumbat hingga memunculkan jerawat.

Karena itu, berhati-hatilah sebelum memilih sabun pembersih wajah. Pastikan untuk memilih sabun muka yang ramah di kulit dan bersifat melembabkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih sabun cuci muka yang mengandung benzoyl peroxide atau ekstrak pepaya yang bisa membantu meredakan pembengkakan akibat jerawat.

2. Kulit Wajah Kasar dan Kering? Bisa Jadi Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka


Kulit Wajah Kasar dan Kering? Bisa Jadi Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka

Apa kulit wajahmu jadi kasar dan kering? Jika iya, kemungkinannya disebabkan oleh salah dalam memilih sabun cuci muka. Hal ini disebabkan karena produk yang digunakan membuat kulit mengalami dehidrasi dari waktu ke waktu.

Selain itu, kulit wajah yang kering setelah mencuci muka juga ditandai dengan kulit yang terasa kaku, tidak elastis dan sering terasa gatal. Jika sudah mengalami masalah ini, sebaiknya kamu beralih menggunakan produk pembersih berbasis air (water based) yang efektif untuk membersihkan dan melembutkan kulit wajah.

3. Tanda Paling Umum Jika Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka Adalah Kulit Terasa Lebih Kencang


Tanda Paling Umum Jika Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka Adalah Kulit Terasa Lebih Kencang

Salah satu tanda paling umum dan mudah dikenali jika kamu salah memilih sabun cuci muka adalah kulit terasa lebih kencang. Jadi jika kulit terasa lebih kencang atau tertarik sesaat dan setelah mencuci wajah, kemungkinan besar kamu salah dalam memilih produk pembersih wajah.

Jika kulit terasa kencang, tandanya sabun wajah yang kamu gunakan terlalu banyak menyedot minyak alami pada wajah dan membuat pH kulit tidak seimbang. Karena itu sebaiknya kamu gunakan sabun muka yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid untuk menjaga kulit dengan baik.

4. Kulit Iritasi dan Kemerahan Bisa Jadi Tanda Salah dalam Memilih Produk Pembersih Wajah


Kulit Iritasi dan Kemerahan Bisa Jadi Tanda Salah dalam Memilih Produk Pembersih Wajah

Jika kulit wajahmu terasa perih dan tampak kemerahan setelah atau saat mencuci wajah, maka produk pembersih yang kamu gunakan mengandung bahan yang terlalu keras. Karena itu sebaiknya hindari sabun muka yang mengandung butiran scrub, alkohol dan sulfat yang terbilang cukup keras untuk kulit sensitif.

Dan jika masalah ini sering terjadi, sebaiknya ganti sabun cuci muka kamu dengan produk yang memiliki kandungan lebih ramah di kulit wajah. Karena itu, selalu teliti sebelum membeli dan hindari produk dengan kandungan yang berpotensi mengiritasi kulit, seperti fragrance.

5. Bisa Jadi Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka Jika Kulit Wajah Semakin Berminyak


Bisa Jadi Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka Jika Kulit Wajah Semakin Berminyak

Apa kulit wajahmu masih berminyak bahkan setelah mencuci muka? Jika iya, bisa jadi kamu salah dalam memilih produk pembersih wajah. Karena produk pembersih yang tidak terlalu bagus biasanya akan membuat wajah terasa lebih berminyak dari sebelumnya.

Kalau kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih produk yang bersifat oil free atau oil absorbing. Hindari juga pemakaian sabun cuci muka untuk wajah normal atau kering karena hanya akan membuat wajah jadi lebih berminyak.

6. Kulit Akan Terlihat Lebih Kusam Jika Salah Pilih Sabun Cuci Muka


Kulit Akan Terlihat Lebih Kusam Jika Salah Pilih Sabun Cuci Muka

Tanda berikutnya yang ditunjukkan oleh kulit jika kamu salah pilih sabun cuci muka adalah kulit terlihat lebih kusam dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena kulit tidak terhidrasi dengan baik sehingga jadi kasar dan semakin kusam. Untuk kamu yang memiliki kulit kusam, ada baiknya untuk mencoba menggunakan masker dari bahan alami ini.

7. Pori-Pori yang Membesar di Wajah Bisa Jadi Pertanda Sabun Muka yang Kamu Gunakan Tidak Cocok


Pori-Pori yang Membesar di Wajah Bisa Jadi Pertanda Sabun Muka yang Kamu Gunakan Tidak Cocok

Pori-pori yang membesar pada kulit wajah jadi salah satu pertanda jika sabun cuci muka yang kamu gunakan tidak cocok untuk jenis kulitmu. Hal ini dikarenakan sabun tersebut tidak maksimal dalam menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di wajah. Karena itu, sebaiknya gunakan sabun yang bisa mengecilkan pori-pori ya.

Demikian tujuh sinyal yang diberikan oleh kulit jika kamu salah memilih produk pembersih wajah. Simak artikel ini untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dalam mencuci wajah yang sering banget dilakukan. Selain itu, simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi lipstik yang murah tapi tidak murahan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru