Penumpang Kereta Jarak Jauh Sudah Tidak Bisa Turun Di Stasiun Gambir Mulai 2021
Nasional

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyatakan jika mulai tahun 2021, penumpang kereta api jarak jauh sudah tidak bisa lagi untuk turun di stasiun Gambir.

WowKeren - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyatakan jika penumpang kereta api jarak jauh sudah tidak bisa lagi untuk turun di Stasiun Gambir. Pemberhentian kereta api yang biasa dilakukan di Stasiun Gambir akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai.

Stasiun Manggarai nantinya akan menjadi pusat stasiun (central station) di Jakarta menggantikan Stasiun Gambir. Rencananya, perpindahan ini akan mulai dilakukan pada akhir tahun 2021 mendatang.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi menjelaskan pemindahan ini akan dilakukan setelah revitalisasi Stasiun Manggarai selesai. Saat ini, Stasiun Manggarai masih melakukan pengembangan pembangunan demi memenuhi standar sebagai stasiun utama.

"Kalau rencana 2021, mungkin akhir tahun," jelas Supandi di Jakarta pada Senin (7/10). "Saat Stasiun Manggarai selesai, itu akan mulai dilakukan perpindahan layanan kereta jarak jauh ke situ."


Supandi menjelaskan jika perpindahan pemberhentian kereta jarak jauh hanya akan dilakukan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai saja. Sementara itu untuk pemberhentian layanan perjalanan kereta apik jarak jauh di Stasiun pasar Senen Jakarta masih akan terus dipertahankan.

Stasiun Gambir nantinya hanya akan melayani kereta listrik (KRL) Jabodetabek dan kereta khusus mulai tahun 2021. Sedangkan Stasiun Manggarai akan menerima perjalanan KRL commuter line, kereta jarak jauh, dan kereta api Bandara Soetta. Tak hanya itu, Stasiun Manggarai juga nantinya akan dilengkapi dengan skybridge yang terhubung dengan Halte Transjakarta.

"Manggarai nanti ada commuter line, ada kereta api jarak jauh (main line) yang selama ini berhenti di Gambir, dan kereta api bandara," jelas Supandi. "Integrasinya nanti dengan bus Transjakarta di depan Pasaraya Manggarai, akan dibangun skybride langsung ke Staisun Manggarai sebelah barat."

Stasiun Gambir sendiri saat ini merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A. Stasiun ini melayani transportasi kereta api kelas eksekutif dan campuran dari dan menuju kota-kota penting dan utama di Pulau Jawa. Sementara itu, Stasiun Manggarai saat ini masih menjadi KRL commuter line Jabodetabek khususnya yang dari arah Bekasi, Depok, dan Bogor.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait