Tak Disangka, 8 Hal Sepele Yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Bisa Merusak Ponsel Loh!
Tekno

Beberapa kebiasaan sepele ini nyatanya mempengaruhi performa ponsel itu sendiri. Sehingga jika kita terus-terusan melakukannya, enggak heran jika ponsel kalian akan cepat rusak dan enggak awet lagi

WowKeren - Di jaman teknologi seperti ini, kehadiran ponsel tentu sangat membantu banyak kegiatan sehari-hari. Mulai dari pekerjaan sekolah hingga aktivitas di kantor tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa hadirnya ponsel.

Untuk itu, kita harus senantiasa menjaga ponsel agar tidak rusak atau pun error. Namun, tahukah kalian bahwa ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata menjadi penyebab rusaknya ponsel kalian? Kebiasaan ini sering banget kalian lakukan dan tidak disadari dapat merusak ponsel.

Beberapa kebiasaan sepele ini nyatanya mempengaruhi performa ponsel itu sendiri. Sehingga jika kita terus-terusan melakukannya, enggak heran jika ponsel kalian akan cepat rusak dan enggak awet lagi. Kira-kira kebiasaan apa saja ya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 kebiasaan sepele yang ternyata bisa merusak ponsel. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Salah Memilih Casing Justru Bisa Meningkatkan Suhu Ponsel Loh


Salah Memilih Casing Justru Bisa Meningkatkan Suhu Ponsel Loh

Casing ponsel memang sangat berguna banget. Selain untuk melindungi bagian luar ponsel, warna dan model yang beragam casing ponsel akan makin membuat ponsel kalian cantik. Namun berhati-hatilah dalam memilih casing, karena ternyata bisa berpengaruh buruk juga loh. Beberapa casing ternyata mampu menyimpan panas ponsel sehingga suhu ponsel akan semakin tinggi.

Pilih bahan casing yang bisa melepaskan panas dari ponsel seperti kulit atau material yang berlubang. Pemakaian casing yang salah akan cepat mengurangi daya baterai, kalau dibiasakan akan memungkinkan ponsel cepat rusak. Usahakan untuk melepas casing dari ponsel ketika sedang di-charge supaya enggak kepanasan.

2. Jangan Terlalu Sering Membiarkan Baterai Terlalu Lama Kosong, Bisa Bikin Rusak!


Jangan Terlalu Sering Membiarkan Baterai Terlalu Lama Kosong, Bisa Bikin Rusak!

Sebelumnya, kalian harus mengetahui bagaimana cara kerja baterai ponsel. Baterai ponsel berisi sel-sel baterai yang akan menampung arus listrik. Saat daya yang ditampungnya habis, sel-sel baterai akan mulai tidur.

Jika semua sel kehabisan daya yang ditampungnya, maka akan membuat proses 'membangunkan" sel baterai semakin lama. Bahkan bukan tidak mungkin sel baterai akan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik. Makanya jika dalam keadaan darurat, gunakan bantuan power bank. Usahakan untuk segera mengisi daya ponsel ketika baterai minimal 20% ya.

3. Membiarkan Wifi Dan Bluetooth Ponsel Selalu Menyala Juga Enggak Baik


Membiarkan Wifi Dan Bluetooth Ponsel Selalu Menyala Juga Enggak Baik

Hal ini kerap kali tak diperhatikan, namun nyatanya bisa mempengaruhi kinerja ponsel. Usahakan saat tidak sedang terhubung dengan perangkat lain, selalu matikan Bluetooth dan WiFi di ponsel kalian. Pasalnya saat tidak sedang terhubung dengan suatu perangkat, WiFi dan Bluetooth kamu akan terus menerus aktif memindai, sehingga membuat baterai cepat habis dan merusak ponsel.

Selain membuat baterai cepat habis, saat Bluetooth dan WiFi yang menyala namun tidak terhubung itu sangat beresiko terhadap serangan hacker. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu sebaiknya matikan Bluetooth dan WiFi jika tidak digunakan. Atau aktifkan Smart WiFi yang akan membuat ponsel kamu otomatis terhubung dengan WiFi yang kalian percaya.

4. Gonta Ganti Charger Sembarangan Sering Banget Disepelekan


Gonta Ganti Charger Sembarangan Sering Banget Disepelekan

Ponsel yang sering digunakan tentu saja akan mengurangi daya baterainya. Namun karena kebutuhan yang padat, kalian sering kali asal men-charge ponsel dengan sembarang charger. Mulai dari menggunakan laptop, men-charge di dalam mobil hingga menggunakan power bank. Namun perlu kalian ketahui bahwa sembarangan mengganti charger itu enggak baik loh.

Saat ini mulai banyak beredar power bank yang kualitasnya buruk. Selain kapasitas yang tertulis tidak sesuai aslinya, beberapa power bank bahkan memiliki output arus yang tidak cocok untuk digunakan pada ponsel. Dampak lanjutan dari men-charge ponsel menggunakan power bank abal-abal adalah membuat baterai ponsel kamu cepat rusak.

5. Mulai Sekarang Hindari Men-charge Ponsel Semalaman Ya


Mulai Sekarang Hindari Men-charge Ponsel Semalaman Ya

Nah kebiasaan ini sering banget dilakukan oleh banyak orang. Jangan membiasakan mengisi daya ponsel semalaman penuh jika kalian ingin ponsel bertahan lama. Membiarkan ponsel terhubung ke pengisi daya mereka semalaman akan mengurangi kapasitas baterai dari waktu ke waktu.

Dampak lainnya adalah ponsel jadi over charging. Untuk ponsel yang charger-nya tidak dibekali sertifikat over charging protection, hal ini akan membuat baterai jadi cepat rusak. Sebagai solusi untuk kalian yang sering meninggalkan charge saat tidur, belilah adaptor yang dibekali timer.

6. Kebiasaan Memainkan Ponsel Saat Diisi Daya Juga Harus Ditinggalkan


Kebiasaan Memainkan Ponsel Saat Diisi Daya Juga Harus Ditinggalkan

Kebiasaan yang satu ini sepertinya juga telah menjadi hal yang umum dilakukan. Nyatanya, memainkan ponsel saat sedang diisi daya dapat membuat ponsel cepat rusak. Proses pengisian daya baterai menimbulkan energi panas pada ponsel.

Nah, ketika kalian menggunakannya saat sedang di-charge, entah untuk keperluan chatting, bermain game atau memutar musik, maka intensitas panas di baterai smartphone akan meningkat. Enggak heran kalau baterai ponsel kamu cepat nge-drop, membengkak, lalu menjalar ke kerusakan yang lainnya.

7. Hindari Untuk Meletakkan Ponsel Di Tempat Yang Panas Karena Bisa Bikin Cepat Rusak


Hindari Untuk Meletakkan Ponsel Di Tempat Yang Panas Karena Bisa Bikin Cepat Rusak

Hal ini sepertinya masih dianggap sepele banyak orang. Banyak orang cenderung tidak peduli di mana mereka meletakkan ponselnya, padahal hal ini bisa mempengaruhi kinerja ponsel. Suhu ruangan memang diketahui dapat memengaruhi panas di dalam ponsel kalian. Umumnya, ponsel digunakan pada suhu 16 sampai 30 derajat celcius.

Sebaiknya jangan biarkan ponsel terkena sinar matahari secara langsung dan terus-menerus karena dapat terjadi peningkatan suhu pada mesin yang dapat merusaknya. Jadi, makin panas suhu ruangan, maka suhu di dalam ponsel juga bakal makin panas, meski enggak seratus persen mempengaruhi panas yang terjadi di dalam ponsel.

8. Menyimpan Ponsel Di Saku Celana Ketat Bisa Fatal Banget Untuk Ponsel


Menyimpan Ponsel Di Saku Celana Ketat Bisa Fatal Banget Untuk Ponsel

Baik wanita atau pria pasti pernah menyimpan ponselnya di saku belakang celana. Tapi jangan keseringan menyimpan ponsel di saku celana yang ketat karena kebiasaan ini bisa merusaknya. Selain beresiko layar jadi tergores, dikhawatirkan ponsel kalian jadi bengkok karena tertekuk.

Jika bengkok, bisa-bisa menyebabkan baterai smartphone meledak dan menyebabkan luka bakar loh. Selain itu, Menyimpan ponsel di saku belakang juga bakal meningkatkan kemungkinan ponselmu akan dicuri. Ngeri banget kan?

Selain itu, kalian bisa mencoba melihat bagaimana tips memilih laptop yang berkualitas di sini. Kalian juga bisa menyimak tips mengatasi anak yang kecanduan gadget di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru