Soal Gerindra Incar Kursi Mentan, NasDem: Siapa yang Akan Kontrol Pemerintah?
Nasional

Baru-baru ini santer isu bahwa Gerindra lebih menyasar kursi Menteri Pertanian (Mentan). Menanggapi hal itu, Ketua DPP NasDem pun menyatakan penolakannya dan mempertanyakan bagaimana soal kontrol pemerintah jika Gerindra masuk kabinet Jokowi.

WowKeren - Isu terkait Gerindra yang mengincar kursi menteri di Kabinet Jokowi menjadi sorotan dari berbagai partai politik (Parpol). Disebutkan jika partai yang diketuai oleh Prabowo Subianto ini rencananya tengah mengincar posisi Menteri Pertanian (Mentan).

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago pun turut buka suara. Ia pun mempertanyakan siapa yang akan mengontrol pemerintah jika Gerindra yang menjadi rival Jokowi di Pilpres 2019 turut bergabung dalam pemerintahan.

"Ini yang sejak awal saya tentang," kata Irma, Selasa (8/10). "Jika semua parpol oposisi mau ikut di dalam pemerintahan, lalu siapa yang akan jadi control system yang efektif di parlemen?"

Irma kemudian menjelaskan jika partai politik saat ini hanya berpikir tentang perebutan kekuasaan. Karena itu, ia merasa khawatir jika hal ini nantinya akan membuat program pemerintah jadi terabaikan jika semuanya bekerja untuk kepentingan partai masing-masing.


"Parpol kita hari ini seperti kehilangan marwah, sepertinya semua berpikir bagaimana merebut kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan untuk 2024," jelasnya. "Saya khawatir karena semua fokus untuk 2024, maka program pemerintah atau program Presiden malah terabaikan. Semua bekerja untuk partai masing-masing. Kasihan Presiden jika itu terjadi."

Sebelumnya diberitakan jika Gerindra masih menanti respon dari Presiden Joko Widodo soal konsep yang ditawarkan ke pemerintah. Salah satu titik yang ditekankan oleh Gerindra adalah terkait swasembada pangan.

Gerindra pun mengungkapkan terkait kemungkinan kadernya untuk menduduki kursi Menteri Pertanian (Mentan). "Ya kalau diterima, ya, mungkin pos itu yang diberikan," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab kemungkinan partainya mendapat kursi Mentan dalam wawancara dengan wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Meski begitu, Dasco menegaskan bahwa Gerindra tidak dalam posisi meminta kursi ke Jokowi. Partai berlambang kepala burung Garuda itu hanya menawarkan konsep dan bila diterima tentunya mereka berharap dapat mengawal pelaksanaan konsep tersebut.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru