Tjahjo Terkait Pemangkasan Eselon: Mudah-Mudahan Kesejahteraan Tidak Berubah
Nasional

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo berharap pemangkasan eselon tidak berdampak pada kesejahteraan pekerja.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah merencanakan akan segera merampingkan birokrasi di Indonesia dengan memangkas pejabat eselon III dan IV. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan harapannya terkait pemangkasan eselon ini.

Tjahjo Kumolo menjelaskan jika sejumlah pejabat yang terdampak kebijakan pemangkasan eselon akan dialihfungsikan dalam jabatan fungsional. Tjahjo pun berharap agar perubahan jabatan tersebut tidak akan mempengaruhi kesejahteraan pegawai yang saat ini menjabat di eselon tiga dan empat.

Mantan Mendagri ini juga telah mengumpulkan seluruh jajaran sekretaris jenderal dan sekretaris menteri serta lembaga nasional untuk mempersiapkan penyederhanaan dalam jabatan eselon ini. Rencananya, konsep penyederhanaan birokrasi dapat diselesaikan dalam waktu hingga enam bulan.

"Mudah-mudahan (kesejahteraan) tidak berubah," kata Tjahjo kepada wartawan saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/11). "Tadi baru kami minta masukan awal, dari seluruh sekjen, seluruh sekretaris kementerian dan lembaga-lembaga nasional."

Tjahjo menjelaskan jika diskusi bersama pihak-pihak yang bersangkutan telah berjalan dengan begitu alot hingga memakan waktu lima jam. Pada rapat tersebut, masing-masing kementerian dan lembaga diminta untuk bisa segera melakukan revisi dari konsep yang sudah diberikan.


"Semua hadir tadi, tadi kami paparkan dari aspek kelembagaannya, kita paparkan dari timeline-nya, tahapan per tahapan," jelas Tjahjo. "Habis dari situ, kami minta masing-masing kementerian/lembaga untuk menyampaikan koreksi dari konsep yang kami sampaikan."

Sebelumnya Tjahjo menjelaskan tentang pemangkasan eselon dalam Kemenpan-RB. Seperti yang dijelaskannya, Kemenpan-RB akan menjadi pionir dalam melakukan pemangkasan eselon tiga dan empat. Maka kementerian tersebut hanya akan memiliki dua eselon yaitu eselon satu dan dua.

Walau begitu, Tjahjo masih enggan untuk menjelaskan secara terbuka terkait langkah yang akan dilakukan Kemenpan-RB guna mengantisipasi perombakan ini. Tjahjo berjanji akan segera menjelaskan ke publik saat peluncuran struktur baru di kementeriannya sekitar setengah bulan lagi.

"Nanti begitu launching akan kami umumkan," kata Tjahjo. "Kami mudah-mudahan dalam pertengahan bulan ini selesai."

Sementara itu seorang pegawai Kemenpan-RB yang mengisi jabatan eselon tiga, Mulyanah mengaku belum mendapatkan informasi secara detail dari kementeriannya mengenai pemangkasan tersebut. Hal ini lantaran rencana tersebut masih masuk dalam tahapan perencanaan struktural.

"Disesuaikan tugas teknis dari masing-masing kementerian. Kebetulan kalau kemenpan itu kan kebijakan, merumuskan kebijakan," jelas Mulyanah. "Otomatis nanti penyesuaiannya tentang teknis kebijakan."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait