Ingin Terhindar dari Penipuan Telepon dan SMS? Terapkan Saja 7 Cara Ampuh dan Mudah Ini
Tekno

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menangkal penipuan via telepon dan SMS agar tidak sampai mengalami kerugian. Mau tahu apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Di era modern seperti saat ini banyak sekali kasus penipuan via telepon atau SMS. Berbagai modus digunakan pelaku untuk membujuk dan menipu korbannya. Mulai dari dapat undian, pemberitahuan keluarga sakit atau kecelakaan, kerabat ditangkap polisi dan sebagainya.

Biasanya pelaku akan meminta nomor PIN ATM, kode password Go-Pay dan masih banyak lagi. Dalam beberapa kasus, orang akan tertipu karena kurang waspada atau langsung percaya oleh perkataan penipu.


Apakah penelepon menggunakan metode hipnotis saat melancarkan aksinya? Karena beberapa orang merasa tidak sadar saat menerima telepon dari mereka. Kalaupun mereka memang menggunakan metode hipnotis, kamu juga bisa menangkalnya kok bila pikiran selalu dalam keadaan sadar dan fokus.

Karena itu, sebaiknya kita selalu waspada atau menaruh curiga terhadap panggilan atau SMS dari nomor yang tidak dikenal. Nah, untuk mencegah agar kamu tidak sampai terjebak dengan penipuan via telepon atau SMS, kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Mudah Percaya Terhadap Nomor yang Tidak Dikenal


Jangan Mudah Percaya Terhadap Nomor yang Tidak Dikenal

Untuk melancarkan aksinya, para penipu akan membuat targetnya mempercayai perkataannya. Karena itu jangan mudah percaya saat ada panggilan dan SMS dari nomor yang tidak dikenal. Sangat penting untuk memastikan atau menyelidiki kebenaran identitas dari penelepon. Karena itu kamu harus waspada dan curiga.

Penipu via telepon biasanya mengatasnamakan dirinya sebagai polisi, pihak rumah sakit, petugas pajak hingga pegawai Bank. Mereka kerap memberikan iming-iming hadiah, anggota keluarga terkena musibah atau berurusan dengan polisi. Nah, jika kamu ditelepon oleh orang-orang seperti itu jangan langsung percaya. Bila mereka berkata anggota keluarga terkena musibah, sebaiknya hubungi langsung anggota keluarga yang dimaksud untuk memastikan kebenarannya.

2. Jangan Beri Informasi Pribadi Apapun Saat Dapat Telepon dari Nomor Tak Dikenal


Jangan Beri Informasi Pribadi Apapun Saat Dapat Telepon dari Nomor Tak Dikenal

Penipu yang kurang profesional biasanya akan menanyakan nama, alamat atau hal-hal lainnya. Hal ini sangat berbeda dengan penipu profesional yang bisa mengetahui segala informasi tentang targetnya.

Karena itu jika kamu menerima panggilan telepon atau SMS dari nomor tak dikenal, jangan sekali-kali memberikan informasi pribadi ya. Misal nama dan alamat lengkap, pekerjaan, rekening Bank hingga password ATM. Intinya kembali ke peraturan pertama, jangan mudah percaya dan selalu waspada.

3. Abaikan Saja Nomor Tidak Dikenal Agar Kamu Tak Terkena Penipuan


Abaikan Saja Nomor Tidak Dikenal Agar Kamu Tak Terkena Penipuan

Cara satu ini bisa dibilang sangat ampuh untuk menghindari penipuan. Jadi saat ada telepon atau SMS dari nomor yang tidak kamu kenal, langsung abaikan saja. Dengan begitu, si penipu tidak akan menghubungimu lagi karena merasa bahwa kamu telah memahami niat buruknya.

Tapi jika nomor tersebut terus menghubungi, tinggal abaikan lagi saja. Anggap saja si penipu sebagai mantan tukang selingkuh yang ingin mengajakmu balikan, sehingga kamu enggak mau berhubungan dengannya lagi. Atau jika kamu bosan mengabaikannya, kamu bisa menjawab telepon tersebut tapi jangan biarkan si penipu banyak bicara. Tegaskan saja kalau kamu tak ingin dihubungi lagi dan segera tutup teleponnya.

4. Gunakan Aplikasi Tertentu Agar Terhindar dari Penipuan Telepon dan SMS


Gunakan Aplikasi Tertentu Agar Terhindar dari Penipuan Telepon dan SMS

Ada beberapa aplikasi di smartphone yang memungkinkan kita untuk menghindari penipuan. Kita bisa mengatur nomor ponsel yang masuk dan tidak. Cukup download dan instal, maka ponsel kamu akan terbebas dari penipuan yang kini semakin marak terjadi. Sebab si penipu tidak akan bisa mengakses nomor ponselmu meski hanya dengan mengirimkan SMS.

Ada juga aplikasi yang bisa menunjukkan identitas penelepon meski tak ada di kontakmu. Salah satunya adalah True Caller. Dengan mengunduh aplikasi ini kamu bisa mengetahui apakah nomor yang menghubungi telepon spam atau penipu. Sehingga bisa membantumu untuk mengabaikannya dan tidak mudah mempercayainya.

5. Blokir Nomor Telepon Tidak Dikenal Agar Kamu Terhindar dari Penipuan


Blokir Nomor Telepon Tidak Dikenal Agar Kamu Terhindar dari Penipuan

Jika kamu sudah mencium indikasi penipuan, jangan biarkan penelepon berbicara terlalu lama denganmu. Bila ingin bersikap sopan kamu bisa berkata sedang sibuk atau langsung saja tutup panggilannya. Tapi jika nomor yang sama terus menghubungimu bahkan setelah kamu abaikan, langsung saja lakukan pemblokiran.

Jika sudah kamu blokir, nomor itu takkan bisa lagi menghubungimu. Tapi bila ada nomor lain lagi yang mengirimkan SMS serupa atau bahkan menelepon, kamu bisa memblokir nomor asing itu juga. Memblokir nomor yang tidak memakan waktu lama bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menyelamatkanmu dari penipuan.

6. Tipu Balik Serta Ancam Penelepon Tak Dikenal Jika Ingin Terhindar dari Penipuan Telepon dan SMS


Tipu Balik Serta Ancam Penelepon Tak Dikenal Jika Ingin Terhindar dari Penipuan Telepon dan SMS

Ketika kamu sadar sedang menjadi target penipuan, tidak ada salahnya untuk menggoda penipu dengan balik menipunya. Misalnya kamu bisa membalas SMS-nya dengan menyebutkan nominal uang yang jauh lebih besar dari yang disebutkannya. Hal ini memang tidak berpengaruh apa-apa, tapi mungkin bisa membuat si pelaku kesal dan malas mengirimkan SMS penipuan padamu lagi.

Atau kamu juga bisa mengancam pelaku dengan mengatakan kalau panggilannya denganmu sedang kamu rekam. Dengan melakukan itu, penelepon tak dikenal biasanya akan langsung menutup teleponnya tanpa diminta. Sebab dengan merekam panggilan suara, identitasnya dapat dilacak. Para penipu biasanya sangat menghindari reaksi seperti ini dari calon korbannya.

7. Melaporkan Penelepon Tak Dikenal Bisa Membuatmu Terhindari dari Penipuan Telepon dan SMS


Melaporkan Penelepon Tak Dikenal Bisa Membuatmu Terhindari dari Penipuan Telepon dan SMS

Jika cara-cara di atas sudah tidak mempan, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat laporan atau melaporkan mereka. Setiap provider biasanya memiliki format laporan masing-masing dengan nomor tujuan yang berbeda-beda. Nah kamu bisa menggunakan fitur ini untuk melaporkan nomor ponsel yang menurutmu digunakan untuk melancarkan aksi penipuan. Jika cara ini tak berhasil juga dan menurutmu pemilik nomor telepon itu sudah sangat meresahkan, kamu bisa melaporkannya ke aparat penegak hukum.

Demikian tujuh tips menghindari penipuan lewat telepon dan SMS yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tanda-tanda ponsel telah disadap. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips mengatasi android yang lemot.

You can share this post!

Related Posts