Jokowi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terbaik Se-Asia, Ini Tanggapan Menhan Prabowo
Nasional

Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan sebagai Asian of The Year 2019 dari The Straits Times Singapura. Mantan rivalnya dalam Pilpres, yakni Prabowo Subianto pun mengungkapkan pendapatnya mengenai hal ini.

WowKeren - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Asian of The Year 2019 dari The Straits Times Singapura pada Kamis (5/12). Wajah Jokowi pun terpajang jelas di headline media asal Singapura itu pada majalah yang berjudul "Respected Leader, at Home and Abroad".

Mengetahui hal tersebut, mantan rival Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019, yakni Prabowo Subianto pun memuji pencapaian itu. Kini, Ketua Umum Partai Golkar yang kini telah menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) itu mengatakan jika pemberian penghargaan tersebut bukti bahwa Indonesia dihargai di mata internasional. "Bagus dong, luar biasa itu, artinya kita dihargai," kata Prabowo yang dilansir Kumparan pada Jumat (6/12).

Jokowi sendiri berhasil mendapatkan penghargaan tersebut karena dianggap sebagai tokoh pemersatu di tengah kondisi Indonesia yang sedang dalam kondisi tidak stabil. "Kepribadiannya yang membumi dan kemampuan dalam berhubungan dengan banyak orang serta berempati kepada rakyat jelata mampu menarik perhatian masyarakat di dalam negeri," kata editorial Straits Times dikutip Kamis (5/12).


Straits Times mengatakan jika Jokowi dapat membawa Indonesia memiliki posisi strategis di ASEAN nantinya. "Adalah Jokowi yang pertama kali memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama, termasuk keterbukaan, inklusivitas, dan sentralitas ASEAN pada KTT Asia Timur di Singapura, November tahun lalu," tulisnya.

Sebelumnya, Jokowi juga mendapatkan penghargaan sebagai 500 umat muslim yang berpengaruh di dunia tahun 2019. Ia menduduki peringkat ke-13 dari 50 orang teratas di antara 500 umat muslim yang berpengaruh di dunia tahun 2019.

Jokowi juga berhasil terpilih sebagai pemimpin terbaik Asia-Australia di 2016 versi Bloomberg. Hal ini karena mantan Wali Kota Solo itu dianggap berhasil memperoleh penilaian yang baik di semua aspek, seperti menaikkan kekuatan nilai tukar rupiah, pertumbuhan ekonomi dan penerimaan publik ketika pemimpin negara lain memiliki kelemahan di salah satu bidang.

(wk/aros)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru