Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Booking Hotel, Biar Liburan dan Istirahatmu Jadi Lebih Menyenangkan
Travel

Beberapa orang tanpa sadar melakukan berbagai kesalahan saat melakukan pemesanan hotel yang digunakan untuk berlibur. Padahal kesalahan kecil sekalipun yang dilakukan saat pemesanan bisa berpengaruh besar pada pengalaman menginap.

WowKeren - Liburan menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Sebab liburan memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kita, seperti menjauhkan diri dari stres, meningkatkan kesehatan mental, mempererat hubungan dengan orang terkasih dan masih banyak lagi.

Jika kita berencana melakukan liburan di tempat yang jauh, kita pasti membutuhkan penginapan. Di era digital seperti saat ini pemesanan penginapan seperti hotel bukan jadi hal yang sulit dilakukan. Sebab kita bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun, asal kita memiliki ponsel pintar atau laptop.

Namun beberapa orang kerap melakukan kesalahan saat memesan hotel lewat internet. Padahal kesalahan kecil sekalipun yang dilakukan saat pemesanan bisa berpengaruh besar pada pengalaman menginap. Kamu pasti tidak mau hal itu sampai terjadi kan? Karena itu, sebaiknya hindari tujuh kesalahan ini saat melakukan pemesanan hotel sebelum liburan.

(wk/eval)

1. Jangan Sepenuhnya Percaya dengan Situs Pemesanan Saat Memesan Hotel


Jangan Sepenuhnya Percaya dengan Situs Pemesanan Saat Memesan Hotel

Saat melakukan booking hotel, jangan sepenuhnya percaya pada situs pemesanan di internet. Tidak ada salahnya untuk mengecek dua kali pada hotel yang akan kamu tuju. Sebaiknya telepon hotel yang yang akan kamu inapi dan bertanya secara langsung.

Lewat telepon kamu bisa memastikan berbagai fasilitas yang ada di foto situs. Kamu juga bisa meminta fasilitas khusus seperti kasur dobel, kasur tambahan, kamar yang tersambung hingga kamar dengan pemandangan tertentu. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan penginapan yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Jangan Sampai Salah dalam Mengatur Waktu Check In dan Check Out Hotel Ya!


Jangan Sampai Salah dalam Mengatur Waktu Check In dan Check Out Hotel Ya!

Kesalahan umum selanjutnya yang sering dilakukan saat booking hotel berhubungan dengan pengaturan waktu check in dan check out. Beberapa traveler terkadang lupa memperhitungkan jarak tempuh perjalanan menuju ke tempat penginapan.

Alhasil tidak sedikit dari mereka yang harus membayar biaya yang tak perlu karena memilih waktu check in yang hampir bersamaan dengan waktu keberangkatan dari tempat asal. Karena itu sebelum melakukan reservasi selalu pertimbangkan pemilihan waktu check in dan check out dengan estimasi perjalananmu dari tempat asal ya.

3. Jangan Hanya Fokus Pada Fasilitas Hotel, Tapi Perhatikan Juga Lokasinya


Jangan Hanya Fokus Pada Fasilitas Hotel, Tapi Perhatikan Juga Lokasinya

Kebanyakan orang lebih fokus dan mempertimbangkan fasilitas di dalam hotel daripada lokasinya. Hal ini memang sah-sah saja dan tidak ada yang salah, namun sebaiknya perhatikan juga lokasi hotel yang akan kamu gunakan sebagai tempat menginap.

Jika hotel yang kamu pilih memiliki fasilitas lengkap dan bagus namun letaknya tidak strategis dan jauh dari tempat wisata, kamu mungkin akan kesulitan. Sebab jika kamu menggunakan transportasi umum kamu harus membayar lebih banyak ongkos perjalanan ke tempat tujuan, belum lagi jika kamu akan kelelahan di jalan. Jadi sebaiknya lebih bijak dalam memilih hotel tujuanmu saat berlibur ya.

4. Tidak Membaca Informasi Secara Detail Adalah Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Booking Hotel


Tidak Membaca Informasi Secara Detail Adalah Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Booking Hotel

Ada banyak sekali orang yang tidak membaca informasi dengan detail saat melakukan pemesanan kamar hotel. Beberapa di antara mereka hanya membaca sekilas tentang fasilitas, lokasi dan harga. Padahal sikap ceroboh ini akan sangat merugikan jika nantinya kita mendapati hotel yang kita pesan tak sesuai dengan keinginan.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengabaikan review dari pelanggan sebelumnya ya. Karena terkadang yang ditulis dalam kolom deskripsi tidak sesuai dengan bentuk aslinya. Ulasan dari pelanggan sebelumnya akan membantumu memutuskan akan bermalam di hotel incaranmu atau tidak.

5. Tidak Memilih Pemesanan dengan Ganti Rugi Pembatalan Saat Booking Hotel? Hindari Itu Ya


Tidak Memilih Pemesanan dengan Ganti Rugi Pembatalan Saat Booking Hotel? Hindari Itu Ya

Beberapa agen perjalanan online biasanya memberikan dua opsi harga untuk kamar hotel. Pertama mereka memberi harga yang lebih murah karena uang pemesanan hotel tidak dapat dikembalikan, kedua harganya lebih mahal karena ada jaminan pengembalian uang jika dibatalkan.

Kebanyakan orang akan memilih opsi yang pertama karena bisa mendapat harga lebih murah. Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi hal ini tidak ada salahnya. Namun alangkah baiknya jika kita memilih opsi kedua, pemesanan kamar dengan jaminan uang kembali. Sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja saat hendak berangkat terhalang cuaca buruk, visa yang bermasalah, belum dapat tiket dan masih banyak lagi.

6. Sebaiknya Jangan Lewatkan Promo Khusus Keanggotaan Saat Booking Hotel


Sebaiknya Jangan Lewatkan Promo Khusus Keanggotaan Saat Booking Hotel

Jika kita terdaftar sebagai anggota pelanggan di sebuah hotel, kita akan mendapat beberapa promo khusus. Ada banyak keuntungan yang akan kita dapatkan, seperti diskon, gratis makan dan minuman tertentu hingga akses yang lebih baik daripada tamu biasa.

Tapi beberapa orang enggan daftar sebagai anggota pelanggan, padahal untuk daftar caranya sangat mudah dan tidak memerlukan biaya. Karena itu sebaiknya daftarkan dirimu sebagai anggota pelanggan hotel tujuan dan jangan lewatkan berbagai promo khusus yang mereka tawarkan ya.

Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas dari kartu kredit saat melakukan booking hotel ya. Dengan melakukan itu kamu bisa menghemat banyak biaya karena akan mendapatkan diskon khusus hingga penginapan gratis. Menarik banget kan?

7. Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon dan Tidak Membandingkan Harga Hotel Saat Melakukan Pemesanan


Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon dan Tidak Membandingkan Harga Hotel Saat Melakukan Pemesanan

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan saat booking hotel adalah mudah tergiur dengan diskon. Saat melihat diskon besar kita mungkin akan langsung memutuskan untuk menginap di hotel tersebut. Namun sebaiknya pastikan untuk melihat dengan teliti fasilitas yang diberikan. Jangan-jangan harga diskon itu tidak termasuk biaya sarapan, tidak adanya tempat parkir atau akses yang sulit.

Selain itu jangan lupa untuk membandingkan harga hotel yang akan kamu tuju ya. Jangan terpaku pada satu situs saja dan kunjungi lebih banyak situs agar kamu bisa membandingkan harganya. Intinya jangan mudah terkecoh agar bisa melakukan pemesanan dengan bijak.

Demikian tujuh kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat melakukan booking hotel. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips liburan seru dengan budget pas-pasan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini jika ingin melakukan perjalanan liburan yang nyaman dan aman dengan kereta api kelas ekonomi.

You can share this post!

Related Posts