Sering Alami 8 Gejala Ini? Awas, Bisa Jadi Tubuhmu Sedang Dipenuhi Racun!
Health

Saat proses pembuangan racun tidak berjalan dengan maksimal, racun biasanya akan menumpuk di dalam tubuh. Saat itu terjadi, tubuh biasanya menunjukkan beberapa tanda seperti berikut ini sehingga kita harus waspada.

WowKeren - Racun yang masuk ke dalam tubuh pasti akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Racun-racun itu bisa berasal dari makanan tidak sehat yang kamu konsumsi, polusi udara hingga bahan-bahan kimia seperti kosmetik yang kamu gunakan setiap hari.

Tubuh sendiri memiliki sistem untuk membersihkan racun secara otomatis. Organ tubuh yang menangani masalah racun adalah hati dan proses pembersihannya biasanya berlangsung di malam hari saat kita tidur.

Namun ada beberapa hal yang membuat proses pembuangan racun atau detoksifikasi tidak berjalan maksimal, sehingga racun akan terus menumpuk. Jika sudah demikian, tubuh biasanya menunjukkan gejala tertentu yang cukup mengganggu kesehatan. Berikut beberapa tanda tubuh sudah penuh dengan racun, sehingga kita harus waspada.

(wk/eval)

1. Kelebihan Berat Badan Bisa Jadi Tanda Kamu Kelebihan Racun di Dalam Tubuh


Kelebihan Berat Badan Bisa Jadi Tanda Kamu Kelebihan Racun di Dalam Tubuh

Apa kamu pernah mengalami peningkatan berat badan secara terus menerus, meski kamu sudah mengontrol kalori dan berolahraga? Jika iya, bisa jadi kamu sudah kelebihan racun lipofilik yang tersimpan dalam lemak tubuh.

Toksin lipofilik sendiri mengandung pestisida dan dioksin yang bisa menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak sel gemuk agar bisa menyimpan lebih banyak racun di dalamnya. Jika sudah demikian kamu akan kesulitan menurunkan berat badan. Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan proses detoksifikasi.

2. Insomnia Berkepanjangan Merupakan Salah Satu Tanda Tubuh Dipenuhi Racun


Insomnia Berkepanjangan Merupakan Salah Satu Tanda Tubuh Dipenuhi Racun

Insomnia adalah penyakit tidur yang disebabkan oleh ketidakseimbangan di tingkat kortisol. Kortisol sendiri merupakan hormon yang dilepaskan tubuh (terutama di malam hari) untuk menghilangkan stres. Umumnya kadar kortisol biasanya tinggi di pagi hari dan rendah di malam hari. Namun saat racun menumpuk di dalam tubuh, kortisol bisa naik di malam hari sehingga kamu akan mengalami insomnia.

Jika terus dibiarkan, insomnia bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang serius. Sehingga jika kamu mengalami insomnia berkepanjangan, penting untuk melakukan detoksifikasi agar racun-racun dalam tubuh bisa menghilang.

3. Suasana Hati Sering Berubah-Ubah? Awas, Bisa Jadi Tubuhmu Sedang Dipenuhi dengan Racun


Suasana Hati Sering Berubah-Ubah? Awas, Bisa Jadi Tubuhmu Sedang Dipenuhi dengan Racun

Jika kamu mengalami perubahan suasana hati sepanjang hari, artinya ada ketidakseimbangan hormon dalam tubuhmu. Hal ini disebabkan oleh racun yang bernama xenoestrogens. Sehingga kamu akan mudah merasa marah atau bad mood secara tiba-tiba.

Xenoestrogens sendiri merupakan campuran sintetis hormon yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Xenoestrogens biasanya ditemukan dalam berbagai senyawa industri seperti phthaalates, BPA dan PCB. Untuk mengurangi kadar xenoestrogens dalam tubuh, kamu harus menghindari penggunaan plastik terutama di dapur.

4. Tubuh Mudah Lelah dan Nyeri Otot Adalah Tanda Lain dari Menumpuknya Racun Dalam Tubuh


Tubuh Mudah Lelah dan Nyeri Otot Adalah Tanda Lain dari Menumpuknya Racun Dalam Tubuh

Ketika tubuh dipenuhi racun, tubuh biasanya akan mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena ginjal bekerja terlalu keras sehingga fungsinya akan melambat. Hal ini mengakibatkan penumpukan racun yang akhirnya akan menyebabkan gejala kelelahan dan kekurangan energi.

Selain itu jika kamu menderita sakit otot dan merasa tidak ada penyebabnya, bisa jadi tubuhmu penuh dengan racun. Sebab racun memiliki kemampuan untuk merangsang reseptor rasa sakit yang terletak di otot yang kemudian menyebabkan kejang dan kram.

5. Nafas Tidak Sedap dan Bau Badan Adalah Tanda yang Ditunjukkan Tubuh Saat Dipenuhi Racun


Nafas Tidak Sedap dan Bau Badan Adalah Tanda yang Ditunjukkan Tubuh Saat Dipenuhi Racun

Bau mulut atau nafas yang tidak sedap tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, tapi bisa karena metabolisme tubuh yang tidak berjalan normal. Hal ini dikarenakan usus besar yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun tidak berjalan lancar, sehingga racun akan menumpuk di perut yang bisa menyebabkan nafas tidak sedap. Hal serupa juga berlaku jika kita mengalami bau badan yang cukup menyengat. Jika mengalami hal seperti ini sebaiknya lakukan detoksifikasi ya.

6. Sering Kesulitan BAB dan Sembelit? Bisa Jadi Ada Banyak Racun yang Menumpuk Dalam Tubuhmu Loh


Sering Kesulitan BAB dan Sembelit? Bisa Jadi Ada Banyak Racun yang Menumpuk Dalam Tubuhmu Loh

Kesulitan buang air besar selain disebabkan oleh kebiasaan makan atau kurang mengkonsumsi air putih juga bisa terkait dengan racun yang terus menumpuk dalam tubuh. Jika kita mengalami konstipasi dalam waktu yang lama, tubuh tidak akan mampu membuang zat-zat atau sisa racun lewat buang air besar. Racun-racun ini akan terus menumpuk di dalam tubuh yang membuat kondisi tubuh semakin parah.

Konstipasi atau sembelit sendiri akan membuat perut sakit, lelah, pegal dan nyeri. Setiap hari usus akan berusaha menyingkirkan racun dari tubuh. Tapi jika mengalami sembelit, tubuh akan menyimpan semua racun tersebut dan memberikan efek buruk pada tubuh. Sebagai solusinya, sebaiknya kamu memperbanyak konsumsi sayuran, biji-bijian dan minum banyak air putih yang bisa membantu pergerakan usus. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral juga bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

7. Apa Kesehatan Kulitmu Bermasalah? Waspadalah, Itu Bisa Jadi Tanda Tubuh Dipenuhi Racun


Apa Kesehatan Kulitmu Bermasalah? Waspadalah, Itu Bisa Jadi Tanda Tubuh Dipenuhi Racun

Di antara tanda paling jelas yang ditunjukkan tubuh saat penuh dengan racun adalah munculnya gangguan kesehatan kulit. Misalnya jika kita sering mengalami bisul, jerawat atau gatal-gatal parah tanpa sebab, maka ada kemungkinan tubuh sedang dipenuhi racun.

Hal ini disebabkan karena hati tidak dapat bertahan dan organ lain mencoba mengeluarkan toksin melalui kulit saat tubuh dipenuhi racun. Sehingga ketika kulit mencoba untuk menghilangkan racun, ia akan bereaksi buruk.

8. Apa Kamu Sering Sakit Kepala? Hati-Hati, Bisa Saja Ada Racun yang Menumpuk dalam Tubuhmu


Apa Kamu Sering Sakit Kepala? Hati-Hati, Bisa Saja Ada Racun yang Menumpuk dalam Tubuhmu

Jika kamu sering menderita sakit kepala parah yang tidak bisa dijelaskan akibatnya, bisa jadi tingkat toksitias di dalam tubuhmu lebih tinggi dari biasanya. Ada racun yang bisa mempengaruhi otak, seperti aspartame dan monosodium glutamat juga akan menyebabkan sakit kepala. Selain itu, ada juga racun yang menyebabkan sakit kepala yang berasal dari pewarna makanan, pengawet, bahan kimia hingga MSG yang sering kita dapatkan karena mengkonsumsi makanan tertentu.

Demikian delapan tanda yang ditunjukkan tubuh ketika dipenuhi dengan racun. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara deteksi penyakit autoimun sejak dini. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui macam-macam pusing dan cara mengatasinya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru