Tertua Dunia, Lukisan Gua Di Sulawesi Ini Tunjukan Hal Mistis
Nasional

Para arkeolog mengatakan jika lukisan gua tertua di dunia yang ditemukan di Sulawesi itu menunjukkan jika manusia purba di Sulawesi memiliki kemampuan untuk memahami hal-hal yang mistis.

WowKeren - Sebuah lukisan gua tertua ditemukan di Indonesia, tepatnya di Sulawesi. Lukisan tersebut pertama kali ditemukan oleh Arkeolog Indonesia, Hamrullah. Lukisan tersebut diperkirakan telah berusia 44 ribu tahun lamanya.

Setelah diamati, para arkeolog yang tergabung dalam tim Brumm arkeolog dari Griffith University, Australia meyakini lukisan dinding yang ada di gua Leang Bulu’ Sipong 4 itu mengisahkan tentang perburuan babi dan kerbau. Bruno David, seorang arkeolog dari Universitas Monash di Melbourne berpendapat, jika keseluruhan lukisan yang ditemukan di Sulawesi itu memang telah berusia lebih dari 44 ribu tahun.

Ditemukannya lukisan tersebut menunjukkan adanya kemungkinan manusia purba di Asia Tenggara kala itu sudah memiliki kemampuan bercerita. Selain itu, lukisan tersebut juga menunjukkan mereka sudah bisa menampilkan representasi simbolik dari aktivitas keseharian mereka.

Tertua Dunia, Lukisan Gua Di Sulawesi Ini Tunjukan Hal Mistis

Nature


Lukisan sepanjang 4,5 meter itu menampilkan objek yang dengan warna coklat kemerahan. Arkeolog melihat jika terdapat objek dalam lukisan yang menggambarkan sosok mirip manusia yang tengah berburu hewan lokal.

Mereka menduga hewan lokal yang ada dalam lukisan tersebut adalah babi liar yang banyak ditemukan di Sulawesi. Ada juga spesies lain seperti anoa dalam lukisan tersebut. Menariknya, ada sosok di dalam gambar yang menampilkan sosok manusia setengah hewan lengkap dengan ekor dan moncongnya. Salah satu bagian dari rangkaian gambar dalam lukisan memperlihatkan anoa yang diapit oleh makhluk mirip manusia yang sedang memegang tombak dan benda seperti tali.

Dalam mitologi, lukisan yang menampilkan figur manusia setengah hewan dikenal sebagai therianthropes. Lukisan yang ditemukan di Sulawesi itu menunjukkan jika manusia purba di Sulawesi memiliki kemampuan untuk memahami hal-hal yang mistis. "Kami tidak tahu apa artinya, tetapi tampaknya tentang berburu dan berhubungan pula dengan hal-hal mitologis atau supranatural," kata Brumm, dilansir Nature pada Rabu (11/12).

Penemuan lukisan kuno di gua Sulawesi itu menjadi bukti bahwa Indonesia menjadi negara yang lebih dahulu mengabadikan karya seni tersebut. “Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Maksudnya, kami telah melihat ratusan situs seni cadas di wilayah ini, tetapi kami belum pernah melihat pemandangan berburu,” papar Brumm.

(wk/aros)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru