PLN Pastikan Kabel Listrik di Ibu Kota Baru Tak Semrawut Jakarta
Nasional

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda ingin agar listrik di ibu kota bisa lebih baik dari yang ada selama ini, dengan mengusung konsep 'underground cable'.

WowKeren - Pemerintah kian mantap menyusun perencanaan pembangunan yang akan dilakukan di ibu kota baru. Seperti diketahui, memindahkan ibu kota artinya pemerintah juga harus memastikan bahwa infrastruktur sarana dan prasarana di sana memadai untuk memenuhi kebutuhan.

Salah satunya terkait kebutuhan akan listrik. PT PLN (Persero) menyatakan bahwa rangkaian kabel listrik yang dipasang di ibu kota baru nantinya tidak akan semrawut yang ada di kota-kota besar, termasuk Jakarta.

"Harus lebih rapi (kabel listrik di IKN), tidak boleh terus kemudian nanti semrawut seperti yang bisa dilihat di beberapa kota termasuk Jakarta," kata Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda di Jakarta, Jumat (31/1). "Ini kan banyak sekali kabel-kabel yang semrawut."


Oleh sebab itu, nantinya PLN akan membuat sistem kabel bawah tanah sehingga kabel-kabel listrik yang terhubung ke pelanggan akan disalurkan melalui bawah tanah. Dengan kata lain, tidak akan ada pemandangan tiang listrik dengan kabel membentang seperti yang selama ini ada.

"Jadi nanti semuanya nanti di bawah tanah," lanjut Syamsul. "Jadi underground cable, tidak ada kabel-kabel yang di atas."

Melanjutkan, Syamsul menyebut bahwa pihaknya juga ikut dilibatkan oleh Bappenas dalam merancang pembangunan di ibu kota. Sehingga hal itu diharapkan bisa membuat listrik di ibu kota lebih baik.

"Di sini kan selalu ada diskusi dan ada beberapa perubahan, dan PLN dilibatkan. Artinya PLN diminta untuk memenuhi kebutuhan listrik di IKN," ujar Syamsul. "Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh PLN bahwa nanti di kawasan ibu kota negara yang baru ini listriknya harus lebih baik dibandingkan dengan kota-kota yang lain."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru