Ingin Meningkatkan Kesehatan Jantung? Maka Perbanyak Konsumsi 8 Makanan Sehat Ini
Health

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mau tahu makanan apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Jantung adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Karena itulah menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk dilakukan. Ada banyak kasus kematian karena serangan jantung yang dapat dicegah dengan melakukan deteksi lebih awal dan mengubah gaya hidup agar lebih sehat.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Mau tahu makanan apa saja itu? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Tingkatkan Kesehatan Jantung dengan Perbanyak Konsumsi Ikan Berlemak


Tingkatkan Kesehatan Jantung dengan Perbanyak Konsumsi Ikan Berlemak
Unsplash/Colin Czerwinski

Beberapa ikan berlemak sangat baik untuk kesehatan jantung karena kaya akan asam lemak omega-3. Di antaranya adalah ikan salmon, mackerel, sarden dan tuna. Sebuah studi menunjukkan bahwa makan salmon tiga kali dalam seminggu selama delapan pekan dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.

Mengkonsumsi ikan berlemak secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung. Seperti aritmia, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes hingga obesitas.

2. Ingin Meningkatkan Kesehatan Jantung? Maka Sering-Sering Konsumsi Sayuran Hijau


Ingin Meningkatkan Kesehatan Jantung? Maka Sering-Sering Konsumsi Sayuran Hijau
Unsplash/Inigo De la Maza

Makanan berikutnya yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah sayuran hijau. Hal ini dikarenakan sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Ada juga kandungan vitamin K yang bisa membantu melindungi arteri dan pembekuan darah.

Selain itu, sayuran hijau juga terbukti mengandung nitrat yang dapat mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Di antara jenis sayuran hijau yang baik untuk kesehatan jantung adalah bayam, kangkung hingga sawi.

3. Mengkonsumsi Beras Merah Juga Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung Loh


Mengkonsumsi Beras Merah Juga Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung Loh

Jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah jauh lebih sehat karena rendah kalori, memiliki banyak nutrisi, serat dan mineral yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan jantung. Karena itulah beras merah dapat menurunkan kolesterol jahat yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Selain itu, kandungan anthocyanin yang ada di dalamnya terbukti dapat mencegah penyakit jantung dan memiliki sifat antiinflamasi (peradangan). Karena itulah seseorang yang menderita penyakit jantung sangat disarankan untuk mengganti beras putih dengan beras merah sebagai makanan utamanya.

4. Jeruk, Buah yang Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung Jika Dikonsumsi Secara Rutin


Jeruk, Buah yang Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung Jika Dikonsumsi Secara Rutin
Pexels

Makanan yang sehat untuk jantung selanjutnya adalah buah jeruk. Hal ini dikarenakan buah jeruk mengandung pektin yang mampu mencegah stroke istemik yang disebabkan oleh penyumbatan. Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada arteri.

Buah ini juga mengandung hesperidin yang dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Dan yang tak kalah penting vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bisa menjaga jantung dari penyakit yang mematikan.

5. Kandungan Kalium di Dalam Kentang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung


Kandungan Kalium di Dalam Kentang Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung
Unsplash/Monika Grabkowska

Kentang mengandung kalium yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena berperan dalam menurunkan tekanan darah. Kebanyakan orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi lebih mudah terkena serangan jantung. Sehingga jika sering mengkonsumsi kentang, kamu bisa mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Selain kalium, komposisi serat yang tinggi di dalam kentang juga bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Karena itulah kamu juga bisa mengganti karbohidratmu dengan kentang yang telah direbus. Tapi sebaiknya hindari konsumsi kentang goreng karena bisa jadi sumber kolesterol jahat.

6. Kacang-Kacangan Bisa Dijadikan Camilan yang Baik Untuk Penderita Jantung


Kacang-Kacangan Bisa Dijadikan Camilan yang Baik Untuk Penderita Jantung
Unsplash/Maddi Bazzocco

Kacang-kacangan dikenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Misalnya kacang almond, kenari, pistachio, kacang tanah dan macadamia. Kacang almond memiliki sterol, serat dan lemak tak jenuh tunggal, protein hingga zat besi yang bisa meningkatkan aliran darah ke jantung.

Sedangkan kacang kenari kaya akan omega-3 dan berfungsi sebagai sumber serat dan mikronutrien seperti magnesium, tembaga dan mangan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari dapat mengurangi kolesterol LDL hingga 16 persen, mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

7. Kandungan Lemak Tak Jenuh yang Tinggi di Buah Alpukat Sangat Baik Untuk Kesehatan Jantung


Kandungan Lemak Tak Jenuh yang Tinggi di Buah Alpukat Sangat Baik Untuk Kesehatan Jantung
Pexels/Valeria Boltneva

Buah alpukat sudah dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk jantung. Pasalnya lemak tersebut dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Selain itu, alpukat juga kaya akan nutrisi dan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh demi kesehatan jantung. Menurut beberapa penelitian, seseorang yang mengkonsumsi 4,7 gram alpukat per hari bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

8. Minyak Zaitun, Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Jantung


Minyak Zaitun, Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Jantung
Pexels/Mareefe

Minyak zaitun memiliki beragam khasiat baik untuk kecantikan maupun kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Baik dalam bentuk buah atau minyak, zaitun baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang berfungsi untuk menghilangkan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak sayur biasa saat memasak agar lebih sehat.

Demikian delapan makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi ibu selama masa menyusui. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait