Jangan Terus Larut Dalam Kesedihan, 8 Tips Ini Bakal Bantu Kalian Pulihkan Diri Setelah Keguguran
Health

Wanita yang mengalami keguguran tentu membutuhkan waktu untuk bisa memulihkan dirinya, baik secara fisik maupun emosional. Ada cara untuk memulihkan diri dan kembali bangkit setelah keguguran.

WowKeren - Keguguran adalah keluarnya janin secara tiba-tiba sebelum waktunya lahir. Sekitar 10–25% kehamilan berakhir dengan keguguran. Dalam sebagian besar kasus, keguguran tidak dapat dihindari dan merupakan akibat dari ketidaknormalan janin. Wanita yang mengalami keguguran tentu membutuhkan waktu untuk bisa memulihkan dirinya, baik secara fisik maupun emosional.

Kehilangan bayi yang belum lahir, dapat membawa kesedihan yang panjang bagi seorang wanita. Meski belum menimang sang buah hati, tapi ikatan batin antara ibu dan bayi sejak dalam kandungan pasti telah terjalin. Wajar saja bila segala perasaan timbul campur aduk ketika mengalami keguguran.

Tetapi jangan biarkan hal ini membuat kalian tenggelam dalam duka berkepanjangan. Meski tidak mudah, ada cara untuk memulihkan diri dan kembali bangkit setelah keguguran. Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips memulihkan diri usai mengalami keguguran. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pulihkan Fisik Kalian Dengan Istirahat Yang Cukup


Pulihkan Fisik Kalian Dengan Istirahat Yang Cukup

Beristirahat yang banyak setelah mengalami keguguran adalah hal yang cukup penting. Dengan istirahat, tubuh kalian akan memiliki kesempatan untuk menyesuaikan kondisi tubuh yang baru dan juga memulihkan diri dari rasa kehilangan. Jika kalian mengalami kesulitan tidur, minumlah segelas susu hangat agar tubuh kamu semakin rileks.

Jika memungkinkan, ambil cuti dari kantor meski secara fisik mungkin merasa baik-baik saja. Jika memiliki anak lain, minta bantuan kerabat, teman, atau pengasuh untuk membantu mengasuhnya. Minta bantuan asisten rumah tangga untuk membersihkan rumah, memasak atau mencuci.

2. Rutin Cek Dan Pastikan Tidak Terjadi Infeksi Dan Demam


Rutin Cek Dan Pastikan Tidak Terjadi Infeksi Dan Demam

Sebaiknya periksa suhu tubuh setiap hari untuk mengetahui suhu normal tubuh. Sebaiknya kembali ke dokter jika kalian mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 37,6 derajat celcius untuk menghindari kemungkinan adanya infeksi pada rahim atau bagian tubuh lainnya. Selain itu jaga kebersihan dan kesehatan vagina.

Jangan berenang atau menggunakan sabun kewanitaan karena bahan kimia yang keras bisa menyebabkan infeksi bakteri vagina. Hindari juga penggunaan tampon. Sebaiknya kalau terjadi perdarahan atau siklus menstruasi kalian sudah kembali normal, pakailah pembalut biasa tanpa pewangi. Pastikan juga area kewanitaan kalian selalu kering dan jangan mengusap atau menggosok vagina terlalu keras.

3. Jangan Lupa Untuk Terus Terapkan Pola Makan Sehat


Jangan Lupa Untuk Terus Terapkan Pola Makan Sehat

Makanan sehat tentu akan memulihkan tubuh kamu lebih cepat dan membuat bagian tubuh kamu kembali berfungsi dengan normal. Pastikan kalian mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, mineral, dan kalsium seperti bayam, rumput laut, hati sapi dan ayam, salmon, atau kerang. Kalian juga perlu memenuhi kebutuhan serat tinggi dengan makan buah-buahan, sayur-mayur, dan olahan gandum.

Untuk menyeimbangkan hormon, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik. Contoh makanan dengan lemak baik adalah alpukat dan kacang-kacangan. Tingkatkan juga asupan asam folat, karena asam folat berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Mengalami keguguran membuat kalian kehilangan banyak darah.

4. Jangan Terlalu Lama Terlarut Dalam Kesedihan. Hibur Diri Dengan Tetap Produktif


Jangan Terlalu Lama Terlarut Dalam Kesedihan. Hibur Diri Dengan Tetap Produktif

Jangan biarkan diri kalian berlama-lama dalam kesedihan tanpa melakukan hal apapun. Perbanyaklah kegiatan diluar rumah agar kalian tidak terlalu mengingat kejadian yang menyedihkan tersebut. Gunakanlah waktu berharga kalian untuk beragam kegiatan positif, seperti memperdalam agama ataupun berkarya dalam bidangnya.

Kalian bisa bergabung dengan berbagai komunitas yang sesuai dengan minat kalian. Dengan melakukan hal positif seperti itu, kalian bukan hanya dapat melupakan masalah yang sedang dihadapi. Namun juga bisa mendapatkan manfaat dari hal-hal positif yang sudah kalian lakukan.

5. Lakukan Olahraga Ringan Agar Tubuh Semakin Fit Dan Tidak Semakin Sakit


Lakukan Olahraga Ringan Agar Tubuh Semakin Fit Dan Tidak Semakin Sakit

Bila dokter kandungan kalian tidak menyarankan bed rest atau istirahat total, kalian bisa melakukan olahraga ringan. Olahraga rutin bisa membantu tubuh supaya lebih cepat pulih. Selain itu, berolahraga ringan juga bisa membantu pikiran dan suasana hati supaya lebih segar.

Saat olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Selain itu, dengan berolahraga kamu juga bisa merasakan banyak manfaat positif seperti memperbaiki suasana hati, serta menurunkan tingkat stres dan depresi. Contoh olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah lari, berenang, jalan santai, treadmill, angkat beban, aerobik, atau yoga.

6. Jangan Lupa Untuk Lakukan Konseling Jika Diperlukan


Jangan Lupa Untuk Lakukan Konseling Jika Diperlukan

Jika kalian merasa masih sering teringat akan hal tersebut dan dirasa cukup mengganggu kegiatan sehari-hari, maka ada baiknya jika kalian melakukan konseling ke ahlinya. Melalui konseling, kalian dapat mencurahkan segala macam perasaan yang campur aduk pada sang ahli.

Bicaralah dengan perawat kalian dan tanyakan apakah ia mengetahui ada kelompok dukungan di tempat terdekat. Kadang sulit membuat orang lain yang tidak pernah mengalami keguguran memahami peristiwa ini. Oleh karena itu, banyak wanita merasa terbantu dengan berbicara kepada orang-orang yang pernah mengalami hal yang sama.

7. Cobalah Untuk Ikhlas, Tenangkan Hati Agar Emosi Kalian Tetap Stabil


Cobalah Untuk Ikhlas, Tenangkan Hati Agar Emosi Kalian Tetap Stabil

Meskipun terdengar klise, namun ikhlas memang cara terbaik untuk merelakan sesuatu. Kalian harus menyadari bahwa segala sesuatu adalah milik penguasa alam. Maka dari itu, manusia harus selalu siap jika sewaktu-waktu diminta kembali oleh tuhan, sama halnya dengan bayi yang kalian kandung.

Hindari menyalahkan diri sendiri atas keguguran yang dialami. Kalian juga mungkin ingin menyalahkan berbagai hal di sekelilingmu, termasuk dokter, pasangan, atau situasi yang kamu alami. Tetapi menyalahkan pihak lain tidak akan bermanfaat. Berdamai dengan diri sendiri dan keadaan, akan sangat membantu kalian untuk menjalani hidup dengan perasaan yang lebih ringan.

8. Pahami Masalah Terkait Keguguran Agar Kejadian Tersebut Tak Terulang Kembali


Pahami Masalah Terkait Keguguran Agar Kejadian Tersebut Tak Terulang Kembali

Kebanyakan kasus keguguran memang tidak dapat dihindari. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk meminimalkan risiko keguguran. Terapkan gaya hidup sehat selama kehamilan. Berolahragalah dengan teratur dan jagalah berat badan dengan panduan medis. Makanlah makanan sehat dan hindari apa saja yang dapat membahayakan janin.

Rencana apa pun yang kalian buat terkait dengan kehamilan setelah keguguran harus didiskusikan dengan dokter. Tidak ada aturan baku yang berlaku untuk semua wanita yang ingin hamil. Hanya ahli medis profesional yang familier dengan catatan kesehatan dan riwayat medis kalian yang dapat menyarankan langkah-langkah ekstra untuk hamil lagi setelah keguguran.

Selain itu simak juga beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk para ibu hamil dalam artikel berikut. Intip juga beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil jelang persalinan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru