Kasus Corona di Italia Tembus 100 Ribu, Ribuan Dokter Baru Lulus Dipaksa Tangani Pasien
Dunia

Pemerintah Italia bahkan mempercepat prosedur pendaftaran kerja bagi lulusan kedokteran dengan meniadakan ujian rumah sakit dan meningkatkan jumlah dokter yang direkrut.

WowKeren - Jumlah kasus positif corona (COVID-19) di Italia makin membengkak. Tercatat, kasus COVID-19 di Italia telah menembus angka lebih dari 100 ribu, menyusul Amerika Serikat.

Hingga berita ini ditulis, tercatat ada sekitar 101,739 pasien positif corona di Italia. Bukan hanya itu, Italia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah korban tewas akibat corona tertinggi di dunia, dengan 11,591 kasus yang dilaporkan.

Dengan membengkaknya kasus corona, pihak pemerintah Italia rupanya mengerahkan ribuan dokter yang baru lulus untuk turun tangan. Apalagi federasi dokter nasional Italia juga melaporkan kematian 50 dokter akibat virus corona, yang membuat tenaga kesehatan di Italia semakin menipis.

Dilansir CNN, ribuan lulusan kedokteran di Italia menerima panggilan darurat pemerintah untuk membantu menangani pasien COVID-19. Bahkan pemerintah pun mempercepat prosedur pendaftaran kerja bagi lulusan kedokteran dengan meniadakan ujian rumah sakit dan meningkatkan jumlah dokter yang direkrut.


Seorang lulusan kedokteran Universitas L'Aquila di pusat Italia, Chiara Bonini, mengaku baru saja menyelesaikan ujian akhirnya. Pemerintah kemudian mendesak para mahasiswa kedokteran untuk membantu menangani wabah corona di bagian utara Italia yang terdampak parah. Bonini pun mengaku siap untuk membantu pemerintah yang kekurangan profesional medis.

Direktur Penyakit Menular di S.S. Salvatore Hospital di L'Aquila, Dr. Alessandro Grimaldi, mengungkapkan perubahan prosedur perekrutan yang mendadak ini menandai perombakan besar pada sistem pendidikan Italia.

Pada umumnya, mahasiswa kedokteran di Italia diwajibkan menjalani masa residensi untuk menjadi seorang dokter spesialis dalam bidang tertentu. Terkadang, karena jatah penempatan yang minim, mahasiswa kedokteran biasanya dikirim ke luar negeri untuk menjalani masa residensi mereka.

Namun, dengan melonjaknya jumlah kasus dan angka kematian di Italia karena virus corona, para mahasiswa kedokteran yang baru lulus langsung diterjunkan ke garda terdepan darurat kesehatan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru