8 Tips Ini Bantu Buat Performa Laptop Tetap Prima, Biar WFH Berjalan Lancar Tanpa Kendala
Tekno

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop agar lebih tahan lama. Dengan begitu, performa laptop akan selalu terjaga dan WFH bisa berjalan lancar.

WowKeren - Sistem kerja dari rumah atau yang dikenal dengan Work From Home (WFH) menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran virus Corona. Hingga kini, sejumlah perusahaan dan instansi masih menerapkan sistem tersebut.

Saat bekerja dari rumah, kita biasanya akan menggunakan komputer atau laptop milik sendiri. Karena digunakan untuk bekerja, kita perlu menjaga dan merawat laptop dengan sebaik mungkin agar performanya tidak sampai terganggu. Sebab dengan begitu kita bisa bekerja dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Jika ingin laptopmu tetap awet demi mendukung kelancaran bekerja, sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips merawat laptop dan hal-hal apa saja yang sebaiknya kamu hindari untuk membuatnya lebih awet. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur


Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Jika kamu bekerja di rumah, sebaiknya jangan menggunakan laptop di atas kasur. Perlu diketahui bahwa menggunakan laptop di permukaan empuk dapat menghambat sirkulasi udara di dalamnya. Saat udara pembuangan yang panas tertahan oleh kasur atau bantal, udara akan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya, suhu laptop akan meningkat dan cepat panas.

Ketika komponen di dalam laptop sudah mengalami overheat, maka tinggal menunggu waktu saja ia akan mengalami kerusakan. Karena itu alih-alih bekerja di dalam kamar apalagi di atas kasur, sebaiknya pilih ruangan lain yang lebih kondusif dan letakkan laptop di atas meja. Dengan begitu, laptopmu akan lebih awet dan kamu pun tak mudah mengantuk saat bekerja.

2. Segera Cabut Charger Saat Baterai Sudah Penuh


Segera Cabut Charger Saat Baterai Sudah Penuh

Jika ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama misalnya untuk bekerja seharian, sebaiknya isi baterainya sampai penuh terlebih dahulu. Jika baterai sudah terisi penuh, segera cabut charger-nya dan jangan biarkan terus terhubung dengan laptop. Jangan gunakan laptop sampai baterainya habis atau 0 persen, dan segera isi jika dayanya tinggal sedikit.

Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan laptop tanpa baterai atau hanya mengandalkan charger saja. Sebab jika listrik tiba-tiba padam, maka laptop akan mati secara otomatis. Mematikan laptop tanpa proses shutdown dapat menyebabkan kerusakan pada bagian motherboard dan prosesor. Jika itu sampai terjadi, kamu akan memerlukan uang yang cukup banyak untuk memperbaikinya.

3. Selalu Perhatikan Suhu Laptop


Selalu Perhatikan Suhu Laptop

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan jika ingin laptop tetap awet adalah dengan selalu memperhatikan suhunya. Karena laptop digunakan dalam waktu yang lama saat WFH, bukan tidak mungkin suhunya akan meningkat. Karena itulah penting untuk membuat suhunya tetap normal dan stabil agar laptopmu tak mudah mengalami kerusakan.

Caranya mudah, yakni kamu bisa menggunakan cooling pad atau kipas tambahan untuk mendinginkan laptop dan menjaga suhunya agar tidak terlalu panas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan vacum cooler untuk menyedot keluar udara panas yang ada di dalam laptop. Dengan demikian, laptop tidak akan mudah panas dan kinerjanya tidak akan melambat saat digunakan WFH.

4. Jangan Meletakkan Benda di Atas Laptop


Jangan Meletakkan Benda di Atas Laptop
Unsplash

Sebagian orang terbiasa meletakkan berbagai barang di atas laptop saat sedang tidak digunakan. Entah itu secangkir kopi, buku, handphone, tablet, mouse, kertas, pensil dan sebagainya. Jika kamu memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera hentikan sekarang. Sebab kebiasaan buruk satu ini dapat menyebabkan kerusakan pada laptop itu sendiri.

Bagian yang rusak bisa saja layar maupun komponen laptop lainnya. Tanpa sadar, laptop kamu mungkin bakal ganti tema sendiri. Jika sudah demikian, biaya perbaikannya tentu tidak murah. Kamu pasti tidak mau itu terjadi kan? Apalagi saat WFH, tentu kamu tak ingin pekerjaanmu jadi terhambat karena laptop yang rusak bukan?

5. Jauhkan Laptop dari Makanan dan Minuman


Jauhkan Laptop dari Makanan dan Minuman

Bekerja di rumah memang paling asyik jika ditemani dengan konsumsi camilan, makanan maupun minuman. Namun sebaiknya jauhkan makanan dan minuman dari laptop ya. Sebab remukan makanan yang jatuh ke atas tombol-tombol keyboard. Jika sudah demikian, tombol tersebut akan mengalami masalah dan tidak bisa digunakan.

Apalagi jika minumanmu tidak sengaja tumpah di atas laptop, maka akan terjadi hubungan arus pendek yang bisa membuat laptop mengalami kerusakan. Oleh karena itu, saat bekerja sebaiknya letakkan makanan dan minuman dengan jarak yang cukup jauh dari laptop. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari jatuhnya remukan makanan dan tumpahnya minuman di atas laptop.

6. Jangan Langsung Menutup LCD


Jangan Langsung Menutup LCD

Setelah bekerja dan mematikan laptop, sebaiknya jangan langsung menutup LCD-nya ya. Ketika laptop dimatikan, panas yang dihasilkan belum hilang sepenuhnya. Karena itu jika laptop langsung ditutup, hawa panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD. Akibatnya, layar LCD laptop akan mudah mengalami kerusakan. Sebaiknya biarkan laptop selama beberapa menit setelah dimatikan. Jika kamu merasa suhunya sudah turun, saat itulah kamu boleh menutupnya.

Selain itu, hindari memindahkan laptop dalam keadaan menyala karena hard disk-nya juga sedang menyala. Saat laptop menyala, piringan hard disk tengah berputar. Sehingga jika digerakkan akan memicu terjadinya goresan yang akan membuat hard disk mengalami penurunan speed read atau write secara signifikan. Kondisi ini dapat menyebabkan kinerja laptop melambat dan jika terus dilakukan, laptop akan mengalami kerusakan.

7. Beri Laptop Waktu Untuk Beristirahat


Beri Laptop Waktu Untuk Beristirahat

Seperti halnya manusia, laptop juga memerlukan istirahat agar performanya selalu terjaga. Apalagi jika kamu menggunakannya selama sehari penuh saat bekerja di rumah. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengistirahatkan laptop untuk mendinginkan komponen yang ada di dalamnya.

Misalnya ketika sudah digunakan selama 3-4 jam, sebaiknya istirahatkan laptop selama 15-20 menit. Begitupun jika kamu sudah selesai bekerja, sebaiknya matikan laptopmu dan jangan terlalu lama digunakan, apalagi jika untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, performa laptop akan senantiasa terjaga.

8. Bersihkan Laptop Secara Rutin


Bersihkan Laptop Secara Rutin

Membersihkan laptop secara rutin sangat penting dilakukan untuk menjaga performanya tetap prima dan lebih tahan lama. Sebab tanpa kita sadari ada banyak sekali debu yang menempel dan masuk ke dalam laptop. Pembersihan ini tak hanya dilakukan di bagian luar laptop tapi juga di bagian dalamnya. Di bagian luar, kalian bisa membersihkan debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard dan di area layar. Gunakan tisu basah agar hasilnya lebih maksimal.

Setelah area luarnya selesai dibersihkan, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam laptop atau hardware. Berbeda dengan bagian luar, usahakan untuk tidak menggunakan tisu basah saat membersihkan bagian dalam laptop. Kamu bisa menggunakan kuas atau tisu biasa lalu bersihkan dengan maksimal sampai tidak ada debu yang tersisa.

Demikian delapan tips merawat laptop saat WFH agar lebih awet dan tahan lama. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengatasi laptop yang mendadak lemot saat WFH. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama WFH.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru