Ingin WFH Berjalan Lancar Tanpa Kendala? Ikuti 7 Tips Ini Agar Koneksi Internet Tetap Stabil
Tekno
#dirumahsaja

Koneksi internet yang stabil sangat diperlukan demi mendukung kelancaran WFH (bekerja dari rumah). Karena itu, sebaiknya simak 7 tips ini untuk mengetahui berbagai cara membuat internet selalu lancar saat WFH.

WowKeren - Sistem kerja dari rumah atau yang biasa dikenal dengan Work From Home (WFH) merupakan salah satu kebijakan yang diterapkan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Hingga kini, sejumlah perusahaan dan instansi masih menerapkan sistem tersebut.

Saat WFH, koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting. Dilansir dari Antara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa terjadi peningkatan lalu lintas internet sekitar 5 sampai 10 persen di Indonesia selama periode WFH.


Karena semakin banyaknya orang yang mengakses internet, maka tak heran jika gangguan internet sering terjadi saat WFH. Akibatnya, pekerjaan kita akan terhambat. Apalagi jika kita harus melakukan konferensi video untuk rapat penting dengan atasan maupun rekan kerja yang lain.

Nah, apa kamu juga masih kerap mengalami hal ini? Jika iya, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips untuk membuat koneksi internet selalu lancar agar WFH bisa berjalan dengan baik. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Buat Jadwal Penggunaan Wi-Fi dengan Efektif


Buat Jadwal Penggunaan Wi-Fi dengan Efektif

Kalau kamu tinggal bersama keluarga, sebaiknya buat jadwal penggunaan Wi-Fi dengan efektif. Kamu bisa mendiskusikannya dengan mereka untuk menentukan porsi dan waktu penggunaan internet sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jika Wi-Fi digunakan secara bergantian, gangguan internet yang terjadi saat WFH bisa diminimalisir. Karena semakin sedikit perangkat yang dihubungkan, maka semakin lancar pula koneksi internet kita.

2. Atur Posisi Router dengan Baik


Atur Posisi Router dengan Baik

Router memiliki pengaruh besar dalam penggunaan Wi-Fi. Agar koneksi internet selalu berjalan dengan lancar, perangkat satu ini harus diletakkan di tempat yang tidak terhalang oleh benda apapun seperti meja, pintu maupun dinding. Meski terdengar sepele, benda-benda tersebut dapat menjadi gangguan internet yang cukup memusingkan saat WFH.

Oleh karena itu jika router di rumahmu masih diletakkan berdekatan dengan berbagai penghalang, sebaiknya pindahkan ke tempat lain yang jauh dari hambatan. Kamu juga bisa meletakkan router di tempat yang tinggi karena ia dapat mengirim sinyal ke bawah. Atau kamu bisa meletakkannya di dekat meja kerjamu di rumah. Dengan begitu, koneksi internet akan tetap stabil dan kamu bisa menjalani WFH dengan lancar.

3. Matikan Perangkat yang Tidak Digunakan


Matikan Perangkat yang Tidak Digunakan

Semakin banyak perangkat yang dihubungkan dengan Wi-Fi di rumah, semakin lambat pula kecepatan koneksi internet. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan perangkat yang tidak terlalu penting yang masih terhubung dengan jaringan internet. Misalnya jika kamu bekerja menggunakan laptop, sebaiknya matikan internet yang terkoneksi pada tablet maupun smartphone.

Selain itu, sebaiknya jangan lupa untuk memasang dan mengganti password secara berkala. Hal ini perlu dilakukan untuk membatasi akses oleh pengguna lain yang tidak kita inginkan. Selain berpotensi menimbulkan gangguan internet saat sedang WFH, hal itu juga bisa membuat tagihan internet kita membengkak.

4. Gunakan Smartphone Untuk Tethering


Gunakan Smartphone Untuk Tethering

Terkadang ada beberapa masalah yang tiba-tiba menghampiri saat kita sedang WFH. Misalnya koneksi Wi-Fi yang mendadak bermasalah saat kita sedang melakukan online meeting dengan tim kantor. Saat itu terjadi, kamu mungkin akan sangat kebingungan karena ada banyak hal penting yang harus dibahas dalam rapat tersebut.

Apa kamu pernah mengalaminya? Jika masalah itu terjadi lagi, sebaiknya langsung beralihlah menggunakan smartphone untuk tethering internet. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan informasi penting lagi saat sedang WFH. Tapi perhatikan juga penggunaan kuotanya agar tidak sampai kebablasan ya.

5. Jangan Mengunduh dan Mengunggah Data Ukuran Besar di Jam Sibuk


Jangan Mengunduh dan Mengunggah Data Ukuran Besar di Jam Sibuk

Jika kamu ingin mengunduh atau mengunggah data dengan ukuran yang sangat besar, sebaiknya jangan dilakukan di jam-jam sibuk. Penggunaan internet di jam sibuk biasanya sedang tinggi- tingginya karena sedang diakses oleh banyak orang. Jadi jika kamu tetap mengunduh atau mengunggah data berukuran besar, risiko gagal sangat mungkin terjadi karena proses ini membutuhkan internet dengan kapasitas besar juga.

Daripada di jam sibuk, sebaiknya lakukan proses tersebut di waktu-waktu sepi ketika waktu kerja sebagian besar orang telah berakhir. Misalnya pada malam hari atau pagi-pagi sekali. Dengan begitu, proses download dan upload yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

6. Gunakan Block Ads dan Hapus Cache


Gunakan Block Ads dan Hapus Cache

Salah satu penyebab lambatnya jaringan internet adalah iklan. Pasalnya iklan pada internet dapat memakan data lebih banyak untuk proses akomodasi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan AdsBlocker untuk browser di laptop atau komputermu. Kamu hanya perlu mencarinya di mesin pencarian lalu unduh dan hubungkan dengan browser yang kamu gunakan.

Selain memasang AdsBlocker, penting juga untuk menghapus cache secara rutin dan berkala. Perlu diketahui bahwa cache menggunakan penyimpanan internal yang dapat mempengaruhi kecepatan internet. Jika dibersihkan secara berkala, penyimpanan internal tidak akan terlalu penuh dan koneksi internet akan tetap stabil sehingga WFH bisa berjalan dengan lancar.

7. Pertimbangkan Untuk Memutuskan Kabel Ethernet


Pertimbangkan Untuk Memutuskan Kabel Ethernet

Jika kamu memiliki pilihan untuk melepaskan web nirkabel, sebaiknya pertimbangkan juga untuk memutuskan kabel ethernet. Setelah itu buat koneksi langsung antara perangkat yang kamu gunakan dengan router yang ada. Tidak dapat dipungkiri jika internet nirkabel memberikan rasa nyaman. Namun kelemahannya adalah adanya jeda waktu atau latensi yang diperlukan untuk sinyal bolak-balik antara router dan perangkat, terutama jika dibandingkan dengan koneksi kabel.

Yang lebih penting adalah ketika kamu melakukan aktivitas dalam waktu nyata seperti bermain game kompetitif atau konferensi video dengan rekan kerja saat WFH. Latensi itu dapat menyebabkan hilangnya informasi sehingga terjadi kelambatan, kualitas yang semakin menurun dan headshots yang terlewatkan.

Demikian tujuh tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar koneksi internet selalu lancar saat WFH. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips merawat laptop agar tetap prima meski digunakan dalam waktu yang lama saat WFH. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai camilan sehat yang cocok dikonsumsi saat WFH, agar tubuh tetap prima dan berat badan terkontrol.

You can share this post!

Related Posts