Sinetron 'Pesantren Rock N Dut' Baru Kena Teguran Setelah Tamat, KPI Disindir Lambat Kerja
TV

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan teguran pada sinetron 'Pesantren Rock N Dut' yang sudah tamat dan tak tayang lagi di SCTV. Ternyata begini fakta sebenarnya.

WowKeren - Belum lama ini Komosi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan teguran pada sinetron "Pesantren Rock N Dut" di SCTV pada 1 Juni 2020 pukul 19.56 WIB. Teguran tersebut diberikan lantaran KPI mendapati adanya adegan seorang pria yang melecehkan simbol agama yakni melakukan panggilan salat dengan cara yang tidak semestinya.

Menanggapi kasus ini, Mulyo Hadi Purnomo menerangkan bahwa teriakan yang dilakukan pria di dalam cerita itu dinilai tidak mencerminkan penghormatan terhadap rumah ibadah (musala). Hal ini jelas berbenturan dengan aturan yang ada dalam P3SPS tentang kewajiban lembaga penyiaran menghormati nilai dan norma agama.

“Meski ini hanya cerita dalam sinetron, tapi harus ada pemahaman tentang penghormatan terhadap nilai-nilai agama, termasuk bagaimana perilaku dan etika kita berada di rumah ibadah," papar Mulyo mengutip dari website resmi KPI. "Hati-hati dengan muatan-muatan sensitif. Jangan sampai bermain-main dengan kreativitas yang justru bisa menyinggung nilai-nilai agama apa pun."

Tak hanya itu, Mulyo juga mengimbau kepada SCTV agar menepatkan kepentingan anak dan remaja sebagai salah satu kelompok rentan yang patut dilindungi dari isi siaran yang negatif. hal itu dilakukan agar kejadian yang dianggap tak pantas tidak dijadikan sebagai hal yang lumrah.


“Jangan sampai mereka menganggap kejadian tak pantas tadi sebagai hal yang lumrah atau biasa dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Mulyo. "Ingat, televisi bisa diakses dengan mudah oleh siapa pun termasuk anak-anak. Karena itu sensor internal harus berlaku dan mengacu pada P3SPS KPI.”

Sementara itu, saat kabar tersebut dibagikan ulang oleh akun Instagram Dunia TV dan membuat netizen ramai memberikan cibiran pada KPI. Pasalnya mereka menganggap bahwa KPI lamban dalam bekerja karena baru memberikan teguran pada sinetron "Pesantren Rock N Dut" yang diketahui kini sudah tamat dan tidak lagi tayang di SCTV.

Padahal sebenarnya teguran tersebut dilayangkan pada 1 Juni, sementara sinetronnya baru tamat pada 28 Juni. Hanya saja KPI baru membagikan kabar teguran tersebut lewat unggahan di Instagram pada Selasa (14/7)

"Kerja telat, duit haram," cibir seorang netter. "Apaan si. Ah elah kpi. Baru nnton ya? Buat sinetron2 jadul ati2 kena teguran juga. Putri yg di tukar jaman gw sd ati2 kena teguran juga," sahut netter yang lain.

(wk/lail)

You can share this post!