Coba Sekarang, Ini 7 Tips Memasak Daging Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau Amis
Kuliner

Jika tidak diolah dengan tepat, daging bebek yang kita masak bisa berbau amis dan alot. Oleh sebab itu, sebaiknya simak beberapa tips ini agar Anda bisa menghasilkan olahan bebek yang gurih, empuk dan tidak amis.

WowKeren - Daging bebek sering dianggap sebagai primadona karena memiliki citarasa kuat dengan tekstur yang lebih padat jika dibandingkan dengan daging ayam. Meski demikian memasak daging bebek tidaklah mudah, karena jika tidak diolah dengan tepat olahan bebek akan beraroma amis dan memiliki tekstur yang alot.

Jika sudah demikian, sensasi makan bebek jadi tak seenak biasanya. Dagingnya yang alot dan baunya yang amis tentu bisa menurunkan selera makan kita. Akibatnya, olahan bebek yang sudah kita masak bisa terbuang sia-sia jika tak ada anggota keluarga yang ingin menyantapnya.

Anda pasti tak ingin hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui tips dan trik memasak bebek berikut ini agar Anda bisa menghasilkan hidangan yang lezat, empuk, gurih dan tidak berbau amis. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pilih Bebek Muda dan Segar


Pilih Bebek Muda dan Segar

Kualitas rasa dan kelezatan hidangan tergantung dari bahan yang digunakan. Untuk itu, sebaiknya pilih daging bebek muda dan segar karena dagingnya tidak akan terlalu keras. Lebih baik gunakan daging bebek yang baru disembelih karena akan berpengaruh pada tekstur yang dihasilkan.

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda perhatikan untuk menilai kesegaran daging bebek. Di antaranya adalah daging bebek tersebut memiliki kulit berwarna putih, kakinya masih lunak sehingga bisa ditekuk, bagian dadanya cenderung berisi serta bau amisnya tidak terlalu menyengat. Jika Anda mendapati daging bebek yang telah menyusut dan berbau amis, sebaiknya lewati saja dan pilih yang lain.

2. Bersihkan Bebek


Bersihkan Bebek

Setelah memilih daging bebek segar, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah proses pembersihan. Pertama-tama singkrikan beberapa bagian bebek yang dapat memicu bau amis seperti jeroan dan tunggir (pantat bebek) karena mengandung banyak minyak. Setelah itu pastikan seluruh permukaan bebek sudah benar-benar bersih dari bulu halus. Jika memang ada yang tertinggal, bakar bebek sebentar untuk menghilangkan semua bulunya.

Setelah itu, bersihkan kulit ari bebek yang berwarna kekuningan menggunakan garam kasar. Caranya cukup mudah, sebab Anda hanya perlu menggosokkan garam pada permukaan daging bebek sampai kulit arinya benar-benar terangkat. Bila sudah, pastikan untuk membilas bebek dengan air sampai bersih.

3. Lumuri dengan Air Perasan Jeruk Nipis


Lumuri dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Sebelum diolah, sebaiknya lumuri dulu daging bebek dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Pastikan untuk melumuri seluruh bagian bebek dengan air jeruk nipis dan pijat secara perlahan. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air mengalir.

Air jeruk nipis sendiri bisa mengurangi aroma amis pada daging bebek. Sedangkan pijatan lembut yang Anda lakukan bisa membuat otot-ototnya melunak. Selain itu, rasa asam pada jeruk nipis juga akan melunakkan tekstur daging sehingga membuatnya menjadi lebih empuk dan gurih saat diolah.

4. Cuci dengan Daun Pepaya


Cuci dengan Daun Pepaya
Shutterstock

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menghilangkan bau amis daging bebek dengan daun pepaya. Daun pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat menghilangkan bau amis pada daging bebek serta melembutkan teksturnya. Bahkan cara ini sudah sering diterapkan oleh masyarakat sejak lama.

Cara penerapannya cukup mudah. Pertama-tama ambil beberapa lembar daun pepaya lalu campur dengan air bersih. Gunakan air tersebut untuk mencuci daging bebek yang telah dipotong-potong sebelumnya. Terakhir, bilas kembali daging bebek menggunakan air biasa.

5. Rebus Daging Bebek dengan Rempah-Rempah


Rebus Daging Bebek dengan Rempah-Rempah

Langkah berikutnya untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek adalah merebusnya menggunakan rempah atau bumbu lengkap. Anda bisa menggunakan berbagai rempah seperti daun jeruk, daun salam, serai serta lengkuas lalu merebusnya selama satu jam dengan api sedang.

Bila ingin tekstur dagingnya lebih empuk, sebaiknya rebus selama 3 jam dan tambahkan beberapa potong buah nanas ke dalamnya. Namun jika Anda merasa cara ini terlalu lama, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan panci bertekanan tinggi yang bisa membuat daging bebek empuk dalam waktu cepat.

6. Diamkan Bebek yang Telah Direbus Semalaman


Diamkan Bebek yang Telah Direbus Semalaman

Bila ingin membuat hidangan bebek goreng yang gurih dan renyah, sebaiknya diamkan bebek yang telah direbus semalaman. Anda bisa menyimpannya di kulkas maupun panci yang tertutup dan jangan dibuka sampai akan diolah. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan olahan bebek goreng yang lezat, tidak amis dan gurih.

7. Goreng dengan Banyak Minyak


Goreng dengan Banyak Minyak

Tips berikutnya khusus untuk Anda yang ingin memasak bebek goreng. Usahakan untuk menggunakan wajan cekung, isi dengan banyak minyak lalu goreng bebek dengan api sedang. Yang perlu diingat, pastikan minyak di wajan sudah benar-benar panas saat Anda memasukkan daging bebek ke dalamnya. Selain itu, hindari menggoreng bebek terlalu lama agar teksturnya tidak alot atau keras. Bila bagian luarnya sudah terlihat garing, pastikan untuk segera mengangkat daging bebek dari penggorengan.

Sedangkan jika Anda ingin memasak bebek bakar, pastikan untuk tidak membakarnya terlalu lama dan segera angkat saat permukaannya sudah berubah warna. Agar rasanya lebih nikmat, sebaiknya beri bumbu olesan pada daging bebek serta lengkapi sajiannya dengan sambal dan lalapan.

Demikian tujuh tips memasak daging bebek agar tidak berbau amis dan alot yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara mudah menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memasak kerang agar tidak amis dan alot.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel