Ada-Ada Saja! Rusia Klaim Planet Venus Miliknya dan Siap Eksplorasi Lebih Lanjut
Dunia

Dmitry Rogozin, yang merupakan Direktur Jenderal Perusahaan Antariksa Rusia Roscosmos, mengungkapkan bahwa negara tersebut berencana mengirimkan misinya sendiri ke Venus

WowKeren - Planet dan benda-benda antariksa lainnya sejatinya adalah sesuatu yang bukan dimiliki oleh negara atau bahkan perseorangan. Namun apa jadinya jika ada negara yang mengklaim tentang kepemilikan sebuah planet di luar angkasa?

Adalah Rusia, negara yang mengklaim jika Planet Venus adalah milik mereka. Dmitry Rogozin, yang merupakan Direktur Jenderal Perusahaan Antariksa Rusia Roscosmos, mengungkapkan bahwa negara tersebut berencana mengirimkan misinya sendiri ke Venus untuk melakukan eksplorasi lebih dalam.

Mengutip The Times seperti dilansir Business Insider, Senin (21/9), Rogozin, pada pameran helikopter internasional di Moskow pekan lalu mengatakan, "Negara kami adalah yang pertama dan satu-satunya yang berhasil mendarat di Venus."

Seperti diketahui, Rusia memang menjadi satu-satunya negara yang berhasil mendarat di permukaan Venus. Pada tahun 1970, wahana antariksa Venera 7 berhasil melakukan soft landing di Venus. Namun karena kondisi Venus yang sangat panas, wahana tersebut meleleh setelah berhasil mengirimkan data ke Bumi selama 23 menit.


Sehingga negara tersebut akan terus melakukan eksplorasi di planet Venus. "Melanjutkan eksplorasi Venus ada dalam agenda kami. Kami pikir Venus adalah planet Rusia, jadi kami tidak boleh ketinggalan," ujarnya kepada CNN.

Adapun pernyataan Rogozin ini muncul setelah penelitian baru menunjukkan bahwa gas di Bumi yang disebut fosfin juga telah terdeteksi di atmosfer Venus. Ini artinya, awan planet tersebut dapat menampung kehidupan mikroba.

Selain Venera 7, Rusia juga meluncurkan Venera 9 dan berhasil mengambil gambar pertama dan menjadi satu-satunya yang menunjukkan permukaan Venus dari perspektif permukaan tanah pada tahun 1975. Rogozin mengatakan jika Rusia berencana untuk mengirim misinya sendiri ke Venus antara 2021 dan 2030.

Sementara itu, Venus yang berada di nomor kedua urutan tata surya Galaksi Bima Sakti dianggap sebagai planet yang terpanas. Atmosfer planet hampir seluruhnya terdiri dari karbon dioksida dan merupakan objek paling terang kedua di langit malam, setelah bulan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru