Heboh Penampakan 'Benda Gaib' Susuk Terekam X-Ray, Begini Penjelasan Pakar Radiologi
SerbaSerbi

Belum lama ini, ramai perbincangan mengenai penampakan susuk yang dipercaya merupakan benda gaib, terekam melalui foto X-ray yang diunggah oleh pengguna Instagram.

WowKeren - Sebagian orang percaya jika pemakaian susuk mampu membuat paras seseorang menjadi lebih cantik dan menarik. Kendati demikian, pemakaian susuk juga tak lepas dari pandangan negatif, terutama terhadap pemakainya.

Belum lama ini, ramai perbincangan mengenai penampakan susuk yang dipercaya merupakan benda gaib, terekam melalui foto X-ray. Seorang pengguna Instagram, Tasqia Alifa Syabira, viral setelah mengunggah di Instagram story miliknya penampakan susuk di foto X-ray wanita usia 55 tahun.

Ia pun berbagai sedikit informasi mengenai susuk dalam dunia medis. Dalam dunia medis susuk disebut sebagai Charm Needles. Karena susuk ini terbuat dari emas dan tembaga sehingga akan terlihat jelas melalui rekam X-ray.

Dokter Radiologi dr Prijo Sidipratomo, SpRad memberikan penjelasan mengenai penampakan susuk ini. Fenomena semacam ini dalam dunia medis disebut sebagai corpus alienum yang diartikan sebagai kondisi ditemukannya benda asing di dalam tubuh dan terlihat dengan rontgen.


"Corpus alienum yang artinya benda asing, yang kebetulan terlihat dengan rontgen tertampak dengan jarum kecil-kecil," kata Prijo seperti dilansir Detik, Senin (21/9). "Benda yang kalau kena sinar X dia akan terlihat pada gambar."

Prijo melanjutkan jika keberadaan susuk ini tidak memiliki risiko bahaya tertentu di dalam tubuh meskipun merupakan benda asing. Asal dengan catatan selama pengguna tidak merasakan sakit.

Kasus semacam ini, dikatakannya, bukan hanya sekali-dua kali terjadi namun acap kali. Namun, penampakan susuk justru ditemukan secara tidak sengaja. Pasien yang datang meminta untuk dilakukan X-ray karena keluhan penyakit lain.

"Nggak pernah tuh ada yang dateng mengeluh minta difoto khusus," ujarnya melanjutkan. "Semua itu by accident, pasien datang dengan keluhan penyakit lain."

Terkait keberadaan susuk ini, tidak selalu di satu tempat tertentu. "Nah itu kita memang sering pasien-pasien yang lagi diperiksa kadang ada aja letaknya di sekitar wajah, pipi, kanan, kiri, bibir atas, bawah," ungkapnya lagi.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts