ARMY BTS Bikin Takjub Beramal Hingga 25,5 Miliar, Netizen Sesalkan Imej Fandom Toxic
Selebriti

Fandom BTS menjadi sorotan netizen karena jumlah donasi mereka selama 2020. Banyak yang takjub dengan total donasi mereka yang diungkap oleh majalah buatan Big Hit Entertainment.

WowKeren - ARMY yang merupakan fandom BTS (Bangtan Boys) baru-baru ini menjadi sorotan netizen karena jumlah donasi mereka selama 2020. Banyak yang takjub dengan total donasi mereka yang diungkap oleh majalah buatan Big Hit Entertainment.

Aplikasi Weverse telah meluncurkan Majalah Weverse dengan dua cerita mendalam tentang BTS yakni "Behind The Success Of 'Dynamite'" dan "BTS & ARMY, We Walk Together". Kisah pertama adalah tentang pentingnya kesuksesan "Dynamite", dan yang kedua adalah tentang pengalaman bersama BTS dan ARMY selama pandemi COVID-19.

ARMY BTS Bikin Takjub Beramal Hingga 25,5 Miliar, Netizen Sesalkan Imej Fandom Toxic

Source: theqoo

Majalah tersebut juga menyoroti jumlah donasi yang disumbangkan ARMY selama tahun ini ke berbagai lembaga sosial. Totalnya mencapai 2.018.020.000 won atau sekitar Rp 25,5 miliar. Banyak netizen yang mengaku kagum dengan skala donasi mereka.

"Wow aku juga menyumbang tapi ARMY memang keren."

"Aku juga menyumbang karena konser BTS dibatalkan. BTS dan ARMY sangat keren."

"Jumlahnya kecil tapi aku juga menyumbang setelah konser dibatalkan."


"Tiket dua konserku dibatalkan dan aku menyumbangkan 300 ribu won ke UNICEF."

"Aku sangat bangga, meskipun jumlahnya kecil, aku berharap ini bisa membantu siapa saja yang membutuhkannya."

"Aku juga menyumbangkan semuanya selama COVID-19 atas nama BTS. Aku sangat tertekan karena konser dibatalkan tapi aku senang bisa menyumbang."

"Mereka benar-benar keren. Para penyanyi melakukannya dengan sangat baik sehingga para penggemar pun mengikuti. Aku juga menyumbang sedikit dan aku sangat bangga."

Beberapa netizen di sisi lain menyesalkan fakta bahwa ARMY sering dicap fandom toxic dan memicu fanwar. "Kenapa semua orang mengira perang penggemar dan racun dimulai oleh ARMY? Itu selalu ada, itu adalah bagian dari budaya internet. Bedanya kita tahu bagaimana menggunakan kekuatan fandom untuk hal-hal positif, ini sudah terbukti lebih dari sekali. Sangat mudah untuk menulis hal-hal positif dan berpura-pura menjadi orang baik dengan menuding orang lain dan tidak melakukan apa-apa dalam kehidupan nyata. BTS memiliki pengaruh yang sangat baik dan ARMY benar-benar menjadi fandom yang sangat baik dan menyelesaikan masalah. Sangat senang BTS mengetahui semua yang telah dilakukan penggemar mereka atas nama mereka, dan aku sangat senang begitu banyak orang mendapatkan bantuan berkat ini," kata netizen.

"Haters yang selalu mengatakan ARMY itu toxic hanya untuk menjatuhkan BTS dan membuat mereka terlihat buruk melalui penggemarnya. Karena yang mereka tahu ARMY adalah kekuatan utama BTS. Banyak dari kita mendukung mereka dengan tulus. Kami selalu menikmati musik mereka. Kami bertahan saat BTS diserang secara membabi buta. Orang yang menyebarkan kebencian kebanyakan ARMY palsu atau yang tidak dewasa. Sebagian besar dari kita melakukan apa yang kita bisa untuk menyampaikan pesan BTS. Dan melakukan hal-hal baik berdasarkan teladan mereka," tambah netizen lain.

"Inilah kenapa kupikir tidak adil bagi orang untuk memberhentikan dan menilai semua ARMY sebagai fandom toxic kumpulan orang gila yang terobsesi. Ada orang-orang yang toxic. Aku tidak akan menyangkalnya dan ini juga berlaku untuk banyak fandom lain pada umumnya. Tapi pada saat yang sama, aku juga melihat bahwa ada banyak orang baik di fandom, yang mencoba untuk menghidupkan pesan BTS," pungkas lainnya.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts