Alasan Mulia Rektor IPB Mau Umumkan Dirinya Positif COVID-19 Terkuak
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Sebagai informasi, rektor IPB Arif Satria mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada 19 September 2020 lalu. Ia dinyatakan negatif COVID-19 dan sembuh pada Jumat (25/9) pekan lalu.

WowKeren - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona (COVID-19) usai menjalani tes swab pada Jumat (18/9) lalu. Arif pun kini mengungkapkan alasan ia mengumumkan statusnya sebagai pasien positif COVID-19 secara terbuka.

"Memudahkan tracing dan meminimalkan risiko menularnya ke orang lain. Kita tidak ingat persis dengan siapa saja kita ketemu orang sejak 10 hari yang lalu. Dengan saya menyatakan terbuka maka orang-orang yang merasa pernah bertemu saya akan mengetahui kalau saya terpapar, sehingga bisa melakukan inisiatif sendiri untuk melakukan rapid test atau swab test," ungkap Arif dilansir Kumparan pada Selasa (29/9). "Dengan mengumumkan, kita sudah membantu mengendalikan penularan COVID-19."

Dengan mengumumkan statusnya sebagai pasien positif COVID-19, Arif juga mendapat banyak doa yang mengali dari rekan dan saudara. Hal tersebut membuatnya merasa optimis bisa sembuh dan juga meningkatkan imun.

"Doa dan semangat sahabat sangat penting bagi saya untuk lebih tenang dan optimis," jelas Arif. "Dan ini penting untuk meningkatkan imun."

Langkah Arif ini menginspirasi sejumlah penyintas COVID-19 lainnya. "Banyak hal baru yang saya dapatkan dari pengalaman mereka," ungkap Arif.


Sementara itu, langkah Arif yang mengumumkan statusnya sebagai pasien positif COVID-19 justru bertolak belakang dengan sejumlah pejabat lain. Beberapa pejabat cenderung menutupi informasi jika mereka terkonfirmasi positif COVID-19.

Terkait hal ini, Arif memberikan pandangan singkat. "Enggak ada untunya menyembunyikan," pungkas Arif.

Sebagai informasi, Arif mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada 19 September 2020 lalu. Ia dinyatakan negatif COVID-19 dan sembuh pada Jumat (25/9) pekan lalu.

Arif juga telah membagikan sejumlah tips bagaimana dirinya bisa sembuh dari virus corona. Salah satu caranya adalah dengan menghirup air rebusan minyak kayu putih.

Ia mengaku mendapatkan saran itu dari teman-temannya yang juga merupakan penyintas COVID-19. Selain menghirup air rebusan minyak kayu putih, Arif juga rajin mengonsumsi makanan sehat seperti telur dan susu demi menjaga kekuatan tubuhnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts