Kini Diserbu Hingga Harganya Meroket, Ini 7 Jenis Tanaman Hias Yang Ngetren Saat Pandemi
Lifestyle

Berada di dalam rumah seharian tentu saat membuat banyak orang sibuk mencari hobi baru, salah satunya adalah berkebun. Banyaknya minat untuk berkebun membuat beberapa tanaman hias pun laris dan menjadi viral saat pandemi.

WowKeren - Pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti Indonesia membuat banyak orang orang lebih memilih beraktivitas di rumah. Apalagi beberapa sekolah, kampus dan kantor menerapkan belajar atau bekerja dari rumah yang membuat momen keluar rumah makin sedikit.

Berada di dalam rumah seharian tentu saat membuat bosan. Untuk mengatasinya banyak orang yang sibuk mencari hobi baru, salah satunya adalah berkebun. Banyaknya minat untuk berkebun membuat beberapa tanaman hias pun laris dan menjadi viral saat pandemi ini.

Bahkan ada tanaman yang sebelumnya tak terlalu populer, kini menjadi favorit. Apa saja tanaman hias tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum beberapa tanaman hias yang nge-tren dan viral saat pandemi ini. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Aglaonema


Aglaonema
Getty Images

Salah satu jenis tanaman hias yang menjadi favorit adalah aglaonema. Aglaonema adalah salah satu spesies tanaman hias yang akrab disebut "Sri Rejeki" atau Chinese Evergreen. Tanaman ini sangat baik tumbuh daerah tropis. Kepopuleran tanaman ini sedang naik karena perawatannya yang cukup mudah dan tampilannya yang cantik.

Tanaman dengan nama latin aglaonema commutatum ini juga disinyalir bisa membawa energi positif di rumah. Sesuai dengan namanya "rejeki" diharapkan ketika memiliki tanaman ini akan membawa banyak keberuntungan di rumah. Selain itu, tanaman aglaonema ini cukup efektif menghilangkan polutan rumah tangga seperti formaldehida dan benzena yang ada di udara loh.

2. Succulent


Succulent
Getty Images

Akhir-akhir ini, trend memelihara tanaman succulent banyak diminati apalagi di masa pandemi ini. Succulent atau sukulen dalam bahasa Indonesia adalah tanaman yang menyimpan air di daunnya, seperti kaktus & asparagus. Selain indah, tanaman succulent ini banyak diminati karena perawatannya yang sangat mudah.

Kalian enggak harus menyiram terlalu sering, memberi pupuk, atau menjemur terlalu sering. Succulent juga sangat bagus untuk diletakkan di meja kantor atau di dalam apartemen. Succulent juga bisa membuat lingkungan sekitarnya lebih sehat karena tanaman ini melepas oksigen di siang hari tapi melepas karbon dioksida di malam hari. Beberapa jenis succulent juga bisa membersihkan udara dan membuat udara kering menjadi lebih lembap.

3. Janda Bolong


Janda Bolong

Akhir-akhir ini tanaman Monstera banyak diminati karena daunnya yang unik. Dari genus Monstera, ada beberapa spesies yang banyak diminati antara lain, Monstera Variegata atau yang akrab disebut janda bolong. Sesuai dengan namanya, tanaman satu ini memiliki keunikan lubang-lubang di tengah daunnya.

Tanaman hias yang termasuk ke dalam Familia Aracae ini memiliki harga jual hingga ratusan juta rupiah loh. Tanaman Janda Bolong yang berukuran kecil dapat dihargai sekitar Rp6 juta. Jika ukurannya sudah cukup besar, tanaman Janda Bolong akan dihargai per helai daunnya.

4. Gelombang Cinta


Gelombang Cinta

Sempat menjadi trend di tahun 2006-2008, gelombang cinta kini kembali naik pamor di masa pandemi ini. Gelombang cinta merupakan tanaman yang berasal dari jenis Anthurium. Bentuk daunnya besar, bergelombang, sehingga akhirnya tanaman ini dinamakan gelombang cinta.

Sebenarnya, bentuk tanaman Anthurium ini tidak terlalu istimewa karena memang tidak berbunga. Namun, bentuk daunnya yang bergelombang, ukuran daun yang besar, serta warna daun yang mengkilap menjadi daya tarik lain. Anthurium memang bisa tumbuh besar, jadi bisa dibayangkan daunnya yang besar dibandingkan manusia.

5. Sirih Gading


Sirih Gading

Tanaman sirih gading atau yang dikenal dengan nama lolo munding/tali (Sunda), jalu mampang, sulang (Jawa) dan samblung (Bali) merupakan tanaman rambat yang memiliki akar gantung yang bisa melilit batang pohon. Bentuk daun seperti sirih pada umumnya, berbentuk jantung hati.

Perbedaannya dengan sirih adalah warna daun yang terbilang cukup unik dengan campuran warna kuning seperti marmer. Sirih gading disebut juga sebagai tanaman tahan banting karena cocok ditanam di media tanam apapun dan mudah dirawat. Selain itu, tanaman ini bahkan memiliki manfaat yang sangat baik jika dijadikan tanaman dalam rumah.

6. Lidah Mertua


Lidah Mertua
www.floralartanddecor.com

Lidah mertua alias Sansevieria adalah tanaman hias dengan bentuk daun-daun tegak dan kaku yang akhir-akhir ini menjadi favorit para masyarakat. Tanaman ini banyak diminati karena bisa tanaman ideal untuk membantu memurnikan udara dalam ruangan. Bahkan, ketika tanaman lain mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari, si lidah mertua masih terus memproduksi oksigen.

Di beberapa marketplace, lidah mertua masih memiliki harga terjangkau dari belasan hingga puluhan ribu rupiah. Spesies Sansevieria trifasciata laurentii yang disebut lidah mertua dulu memiliki harga tak sampai sepuluh ribu Rupiah, kini memiliki harga hampir Rp100ribu loh.

7. Syngonium


Syngonium
Getty Images/iStockphoto

Syngonium merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Araceae. Ini merupakan tanaman tropis yang tumbuh di Meksiko Selatan dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Salah satu spesies yang cukup umum dibudidaya sebagai tanaman hias adalah Syngonium podophyllum atau hanya disebut Syngonium.

Jika kalian berminat membudidayakan tanaman ini, rata-rata penjual akan menawarkan spesies variegata. Variegata memberikan warna putih atau kuning pada daun Syngonium yang umumnya hijau. Syngonium variegata dijual dengan harga mulai dari Rp100 ribu hingga Rp700 ribu. Padahal sebelum pandemi, harga jual tanaman ini hanya sekitar Rp10 ribuan loh.

Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bunga hias yang mudah ditanam di dalam rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memulai budidaya tanaman hias di tengah pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru