Gampang-gampang Susah, 7 Tips Ini Bakal Bantu Kalian Kembalikan Jam Tidur Berantakan
Getty Images
Lifestyle

Perubahan waktu tidur merupakan hasil mekanisme tubuh untuk menyeimbangkan waktu istirahat seseorang. Pola tidur yang berantakan juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan loh.

WowKeren - Pola tidur menjadi salah satu hal yang banyak dikeluhkan orang di jaman milenial ini. Banyak orang yang mengungkapkan pola tidurnya berantakan akibat banyak faktor mulai dari stres hingga pekerjaan. Pola tidur sendiri adalah pola kebiasaan kita mengistirahatkan tubuh kita dengan tertidur.

Hal ini mencakup jam tidur dan berapa lama kita tertidur. Inilah alasan mengapa kita, dalam keadaan normal, cenderung aktif pada siang hari dan tertidur di malam hari hingga pagi. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam pada malam hari.

Perubahan pola tidur biasanya diawali dengan adanya perubahan waktu terjaga. Perubahan waktu tidur merupakan hasil mekanisme tubuh untuk menyeimbangkan waktu istirahat seseorang. Pola tidur yang berantakan juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan loh. Untuk itu berikut tim WowKeren rangkum 7 tips untuk mengatasinya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Konsisten Pada Rutinitas Tidur Baru


Konsisten Pada Rutinitas Tidur Baru
Getty Images/svetikd

Hal pertama untuk mengembalikan pola tidur kalian adalah membuat rutinitas tidur baru yang sesuai dengan jadwalnya. Kalian mungkin kesulitan untuk mengatur siklus tidur saat malam hari dengan tertidur pada jam yang sama. Namun, kalian bisa berusaha menjaga siklus terjaga dengan bangun tidur pada jam yang sama di pagi hari.

Lakukanlah ini dengan bertahap dengan bangun pada pagi hari 5 hingga 15 menit lebih awal sampai terbiasa dengan waktu untuk terbangun tersebut. Selain itu, konsistensi adalah kunci utama jika ingin memperbaiki waktu tidur. Itu artinya kalian harus membentuk kebiasaan durasi tertidur, serta waktu untuk mulai tidur dan terbangun pada jam yang sama. Hal ini harus dilakukan selama satu minggu termasuk akhir pekan loh.

2. Batasi Tidur Siang


Batasi Tidur Siang
Getty Images

Hal selanjutnya yang dilakukan untuk atasi siklus tidur yang berantakan adalah dengan enggak tidur siang secara berlebihan. Jam-jam yang seharusnya digunakan untuk beraktivitas dan terjaga, kadang memang bisa digunakan untuk tidur. Tidur di siang hari sangat disarankan karena bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Namun, kalian harus memperhatikan waktu tidur yang tepat. Yakni 30 hingga 40 menit tidur siang setiap harinya. Berlebihan tidur siang justru akan membuat kalian semakin sulit mengantuk dan berpotensi mengganggu rutinitas tidur di malam hari. Memiliki rutinitas tidur yang normal membuat hidup lebih teratur.

3. Hindari Tekan Snooze Alarm


Hindari Tekan Snooze Alarm
Getty Images/iStockphoto

Snooze alarm memang berguna untuk menunda waktu bangun kalian beberapa menit. Namun kalian harus mulai menghindari kebiasaan tersebut. Alarm yang kalian pasang di pagi hari tidak jarang dilewati dengan menekan tombol snooze karena masih mengantuk.

Snooze alarm kalian ternyata bisa membuat jam tidur terganggu. Siklus terjaga dan tertidur akan berubah dan target kalian mengubah pola tidur tidak akan tercapai. Jika kalian sedang mengusahakan perbaikan waktu tidur, menunda bangun saat alarm sudah berbunyi dapat membuat usaha kalian menjadi kurang efektif.

4. Buat Lingkungan Tidur Yang Nyaman


Buat Lingkungan Tidur Yang Nyaman
Unsplash/Christopher Jolly

Selain aktivitas dan kondisi tubuh, lingkungan juga mempengaruhi kalian mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika kamar tidak dilengkapi pendingin udara, pastikan kamar kalian mendapatkan cukup udara dan berventilasi baik. Buka jendela, bersihkan debu dari permukaan kamar, dan ganti seprei dan sarung bantal dengan yang bersih sehingga udara akan terasa lebih segar.

Tambah pencahayaan alami untuk kamar tidur di siang hari dengan membuka gorden dan penutup jendela. Namun di malam hari, tutup semua jendela dan layar yang akan memancarkan cahaya. Tidur di kasur yang padat karena permukaan yang padat memberikan dukungan yang lebih baik bagi otot, terutama otot dan sendi yang pegal dan nyeri.

5. Perhatikan Pola Makan


Perhatikan Pola Makan
Rawpixel/Helena

Apapun yang kalian konsumsi tentu berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, salah satu nya pola tidur. Jika sedang mencoba mengembalikan pola tidur yang berantakan, hindari konsumsi kafein baik dari kopi, teh, atau sumber lainnya lebih dari 12 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, hindari juga meminum terlalu banyak cairan sebelum tidur agar tidak perlu terbangun di tengah malam untuk ke toilet.

Jangan konsumsi alkohol sebelum tidur karena akan mengganggu proses tubuh untuk terlelap. Kalian juga tidak dianjurkan konsumsi makanan asam dan pedas sebelum tidur. Jika merasa lapar pada malam hari, cobalah memakan makanan yang menyehatkan dan tidak menimbulkan kesulitan untuk terlelap, seperti camilan dari gandum utuh, sereal rendah gula, dan pisang.

6. Olahraga Rutin


Olahraga Rutin
Rawpixel/McKinsey

Olahraga rutin juga perlu dilakukan dalam memperbaiki pola tidur yang berantakan. Hal ini karena olahraga melahirkan energi dan juga membantu mengurangi stress dan depresi. Berolahraga siang hari bisa membantu kalian tidur nyenyak di malam hari karena penurunan suhu badan pasca olahraga membantu mendinginkan tubuh, yang membuat rasa kantuk datang lebih cepat sehingga kamu lebih mudah tertidur.

Namun, jangan berolahraga menjelang waktu tidur. Berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur malah akan membat kamu akan sulit tidur. Olahraga memproduksi endorfin yang meningkatkan semangat, sehingga tubuh kesulitan untuk memulai tidur. Sebaiknya kalian menjadwalkan untuk berolahraga rutin sebelum jam 2 siang setiap hari untuk mendorong pola tidur yang lebih sehat.

7. Hindari Stres Dan Tetap Rileks


Hindari Stres Dan Tetap Rileks
Rawpixel/Jira

Beberapa orang yang sering mengalami kesulitan tidur, tidak bisa terlelap begitu berbaring di tempat tidur. Jika kalian salah satunya sebaiknya kalian bersiap tidur lebih awal yakni 90 menit sebelum. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan ritual sebelum tidur seperti, berendam air hangat, membaca buku, meditasi, minum susu hangat.

Hal ini bisa meredakan rasa stres kalian dan menenangkan sehingga kalian cepat terlelap. Langkah ini sangat efektif untuk membuat kalian segera tidur. Utamakanlah untuk pikiran dan tubuh kalian rileks terlebih dahulu sebelum Anda mencoba untuk tertidur.

Intip juga artikel ini yuk untuk mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa menyebabkan susah tidur. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa aplikasi gratis yang bisa bantu kalian dapatkan tidur malam berkualitas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru