Berkhasiat dan Aman Digunakan, Ini 7 Manfaat Menakjubkan Minyak Argan Untuk Kecantikan
pixabay.com
Lifestyle

Bagi kalian yang sedang ingin melakukan perawatan secara alami, sebaiknya coba untuk menggunakan minyak argan. Tapi sebelum itu, ketahui dulu manfaatnya untuk kecantikan dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Minyak argan merupakan minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang kebanyakan tumbuh di wilayah Timur Tengah. Minyak ini sering dijuluki dengan "emas cair" karena memiliki banyak sekali manfaat, khususnya untuk kecantikan kulit dan rambut.

Hal ini disebabkan karena minyak argan memiliki sejumlah kandungan baik seperti vitamin A, E, asam linoleate, asam lemak omega-6 dan antioksidan. Yang tak kalah menarik, minyak argan tidak memiliki tekstur yang lengket sehingga bisa meresap dengan mudah ke dalam kulit.

Agar kalian lebih bersemangat menggunakannya, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa manfaat minyak argan untuk kecantikan. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mengatasi Jerawat


Mengatasi Jerawat
pixabay.com

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling mengganggu penampilan hingga membuat kita tidak percaya diri. Bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat, sebaiknya gunakan minyak argan untuk mengatasinya. Khasiat ini diperoleh dari tingginya kadar asam linoleate yang terbukti efektif mengatasi peradangan pada kulit wajah. Selain itu, zat tersebut juga mampu memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami kerusakan.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, sebab kalian hanya perlu mengoleskan minyak argan pada wajah sebanyak dua kali sehari. Lakukan perawatan ini secara rutin dan lihat hasilnya setelah empat minggu pemakaian.

2. Membantu Regenerasi Kulit


Membantu Regenerasi Kulit
pixabay.com

Manfaat minyak argan berikutnya adalah untuk membantu regenerasi kulit. Caranya adalah dengan melakukan eksfoliasi yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Cara ini cenderung aman karena minyak argan dapat mengurangi dampak iritasi saat proses eksfoliasi berlangsung sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Untuk melakukan itu, pertama-tama campur satu sendok makan gula merah dengan beberapa tetes minyak argan. Setelah itu oleskan memutar ke wajah selama 2 sampai 4 menit. Bila sudah, basuh dengan air hangat dan lakukan perawatan ini secara rutin.

3. Mencegah Penuaan Dini


Mencegah Penuaan Dini
pixabay.com

Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan pada kulit serta berkurangnya elastisitas dan tingkat kekencangan kulit. Karena itulah masalah kulit satu ini menjadi salah satu momok menakutkan bagi hampir setiap orang, baik wanita maupun pria. Karena jika sudah mengalami penuaan dini, penampilan mereka akan menjadi kurang menarik.

Jika kalian juga merasakan keluhan ini, sebaiknya coba atasi dengan minyak argan. Kandungan berbagai nutrisi dan zat yang ada di dalamnya dipercaya dapat merawat elastisitas kulit, meningkatkan resistensi kelembapannya, mencegah keriput serta bintik-bintik di tangan. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

4. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV


Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV
pixabay.com

Manfaat berikutnya ini cocok banget buat kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang ada di dalam minyak argan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, minyak argan juga dapat melindungi kulit wajah dari kanker kulit, termasuk melanoma. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan minyak argan yang tinggi dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kanker kulit.

5. Sebagai Pelembab Alami Kulit dan Bibir


Sebagai Pelembab Alami Kulit dan Bibir
pixabay.com

Salah satu manfaat utama minyak argan adalah untuk melembapkan kulit dan bibir. Hal ini dikarenakan minyak argan mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan retensi air di dalam kulit. Cara penggunaannya mudah, sebab kamu hanya perlu mengoleskan satu tetes minyak argan di wajah dan leher pada malam hari sebelum tidur.

Selain untuk melembapkan kulit wajah, minyak argan juga bisa difungsikan sebagai pelembap bibir. Dengan mengoleskannya secara rutin, kelembapan dan kelembutan bibir akan terjaga sehingga cocok banget buat kalian yang sering bermasalah dengan bibir kering dan pecah-pecah.

6. Sebagai Toner Alami


Sebagai Toner Alami
pxhere.com

Selain sebagai pelembab, minyak argan juga bisa kita alih fungsikan menjadi toner alami yang sangat dibutuhkan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama, campurkan toner yang biasa kalian gunakan dengan 2 sampai 3 tetes minyak argan. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dengan bantuan kapas.

Bahkan menurut hasil penelitian, minyak argan terbukti mampu menurunkan tingkat sebum pada mereka yang memiliki kulit berminyak. Yang tak kalah menarik, minyak argan tidak memicu pertumbuhan komedo serta tidak meninggalkan residu di permukaan kulit loh!

7. Menjaga Kecantikan Kuku


Menjaga Kecantikan Kuku
pxhere.com

Hampir setiap wanita pasti ingin memiliki kuku yang terlihat sehat, indah dan terawat. Sebab dengan begitu, penampilannya akan tampak semakin menarik dan rasa percaya dirinya pun akan meningkat.

Nah, jika kalian juga mendambakan hal ini, tak ada salahnya unjtuk merawat kuku menggunakan minyak argan. Caranya sangat mudah kok, sebab kalian hanya perlu mengoleskan minyak argan pada kuku secara merata. Usahakan untuk melakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian tujuh manfaat minyak argan untuk kecantikan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat luar biasa teh hijau untuk kecantikan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah kegunaan tomat bagi kecantikan.

You can share this post!

Related Posts