Jangan Abaikan! 2 Gejala Ini Ternyata Pertanda Awal Infeksi Virus Corona
Health

Peneliti dari Inggris mengungkap 2 gejala yang umum dialami pada fase awal infeksi virus Corona. Sayangnya kedua gejala ini juga bias dengan penyakit lain sehingga kerap diabaikan.

WowKeren - Lewat berbagai penelitian yang ada, tak salah bila COVID-19 disebut sebagai penyakit seribu wajah karena keberagaman gejala klinisnya. Namun peneliti belum lama ini mengungkap dua gejala awal yang umum dirasakan oleh pasien positif COVID-19.

"Kedua gejala tersebut gejala yang paling sering dialami pasien virus Corona di seluruh Inggris," terang para peneliti, dilansir dari Express UK, Kamis (22/10). Sayangnya para pasien COVID-19 malah kerap mengabaikan gejala tersebut.

"Data kami menunjukkan bahwa gejala awal yang paling umum dialami sebenarnya adalah sakit kepala (82 persen) dan kelelahan (72 persen)," imbuh peneliti. "Dan ini terjadi pada semua kelompok umur."

Lewat berbagai data yang berhasil dihimpun, peneliti mengungkap bahwa hanya sembilan persen orang dewasa positif COVID-19 yang tidak mengalami dua gejala tersebut. Kendati demikian gejala seperti sakit kepala dan kelelahan juga merupakan tanda klinis yang dialami oleh pasien penyakit lain alih-alih infeksi virus Corona.


"Hanya sembilan persen orang dewasa yang positif COVID-19 berusia 18-65 tahun yang tidak mengalami sakit kepala atau kelelahan," tutur peneliti. "Tentu saja, sakit kepala dan kelelahan biasanya terjadi pada kondisi lain, itulah sebabnya mereka tidak langsung melakukan tes COVID-19 sendiri."

Namun kedua gejala tersebut sangat umum dialami sehari-hari, sehingga kecurigaan ke arah COVID-19 perlu didampingi dengan berbagai pertanda klinis lain. Berdasarkan berbagai studi kasus yang ada, umumnya gejala klinis yang khas ditemui pada pasien COVID-19 adalah demam, batuk, sesak napas, serta gangguan pada indera penciuman dan perasa.

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta publik untuk mewaspadai setidaknya 15 gejala yang umum dialami pasien COVID-19. Gejala paling umum adalah demam, batuk kering, dan kelelahan.

Kemudian ada 9 gejala lain yang umumnya akan dialami namun tidak semua pasien merasakannya. Termasuk di antaranya adalah rasa sakit dan nyeri, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, dan sakit tenggorokan. Selain itu pasien juga bisa merasakan diare, kehilangan indera rasa dan penciuman, muncul ruam pada kulit, serta perubahan warna jari tangan atau kaki.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru