8 Bahaya Ini Bakal Mengintai Kalian Jika Enggak Hapus Make Up Sebelum Tidur, Jangan Malas Ya!
pexels.com/ Andrea Piacquadio
Lifestyle

Banyak orang yang sering mengabaikan kandungan kimia yang ada di dalam make up. Hasilnya, beberapa jenis make up berbahaya jika dibiarkan terlalu lama di wajah.

WowKeren - Penggunaan make up untuk kegiatan sehari-hari merupakan hal yang rutin dilakukan beberapa orang. Untuk itu kalian juga harus memperhatikan bagaimana cara membersihkannya. Bahkan kalian tetap diwajibkan membersihkan wajah meski tak mengenakan make up sekalipun.

Sayangnya banyak orang sering mengabaikan kandungan kimia yang ada di dalamnya. Hasilnya, beberapa jenis make up berbahaya jika dibiarkan terlalu lama di wajah. Penggunaan make up yang tak dibersihkan dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga memicu peradangan kulit dan timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, setelah aktivitas selesai, sebaiknya segera membersihkan make up dengan pembersih wajah yang sesuai jenis kulit wajah. Efek negatif dari tidak membersihkan make up sebelum tidur memang tidak segera dirasakan namun kebiasaan buruk ini harus dihentikan karena bisa terjadi masalah wajah yang serius ke depannya. Berikut tim WowKeren rangkum 8 bahaya yang bisa mengintai kalian jika malas membersihkan make up. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Munculkan Infeksi Jerawat


Munculkan Infeksi Jerawat
pixabay.com

Foundation merupakan produk make up yang pasti digunakan untuk berias. Foundation yang dibiarkan saja menempel pada wajah sepanjang malam akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak wajah, sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Bila ini sering kamu lakukan, kulit akan mudah terkena infeksi bakteri dan menyebabkan timbulnya jerawat baru. Hal inilah yang memicu munculnya breakout. Lebih baik kalian membersihkan make up pada wajah sebelum tidur dengan melakukan deep cleansing. Kalian juga bisa menggunakan toner atau facial wash yang mengandung salicylic acid yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit dan membasmi jerawat.

2. Halangi Regenerasi Kulit


Halangi Regenerasi Kulit
pxhere.com

Penelitian dari University of California-Irvine mengungkapkan, regenerasi kulit terjadi di malam hari, sehingga perawatan kulit di malam hari menjadi aktivitas yang penting untuk kecantikan wajah. Merawat kulit di malam hari dapat memperbaiki setiap kerusakan sel-sel kulit akibat radiasi sinar matahari, polusi, dan stres yang dialami sepanjang hari.

Nah, apabila kalian masih meninggalkan make up atau tidak membersihkan makeup dengan bersih sebelum tidur, maka bisa merusak proses alami ini. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kulit rentan dan mengalami kerusakan. Apalagi bila kalian sering kali melakukan kebiasaan buruk ini.

3. Komedo Merajalela


Komedo Merajalela
wikimedia.org

Ketika lapisan make up masih menempel saat kamu tidur, maka pori-pori wajah cenderung akan membesar dibandingkan dengan yang tidur tanpa menggunakan make up. Hal ini dikarenakan adanya sumbatan pada pori-pori wajah kamu sehingga menyebabkan pori-pori terlihat membesar.

Sumbatan di pori-pori ini juga merupakan salah satu faktor utama timbulnya komedo. Bila sudah parah, sulit untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori. Jadi, sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan scrub sesekali untuk mencegah hal itu terjadi.

4. Sebabkan Infeksi Mata


Sebabkan Infeksi Mata
pexels.com/Karolina Grabowska

Selain kulit, area mata juga kerap menjadi mengalami masalah kesehatan ika kalian memiliki kesehatan buruk ini. Membiarkan maskara dan produk riasan mata lainnya masih menempel pada mata saat tidur akan membuat mata kalian bisa iritasi bahkan bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan. Hal ini disebabkan tersumbatnya kulit pada kelopak mata kamu.

Kondisi lain yang bisa terjadi akibat maskara yang kamu pakai adalah resiko bulu mata yang mudah patah maupun rontok. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kesehatan di area mata. Seperti yang diketahui, bulu mata adalah pelindung dari kotoran. Jika sering rontok, maka kotoran akan rentan masuk ke mata.

5. Buat Wajah Mudah Iritasi


Buat Wajah Mudah Iritasi
pixabay.com

Jika kalian memiliki kulit yang sensitif, semakin besar kemungkinan kalian memiliki bercak merah atau iritasi kulit dibanding orang lain. Kendati beberapa make up memang dibuat untuk kulit sensitif, namun hal ini tetap dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Tidur tanpa membersihkan make up juga dapat memicu reaksi alergi yang menimbulkan kulit iritasi dan merah.

Kebanyakan produk makeup memiliki kandungan kimia, mulai dari yang ringan sampai berat. Nah, kandungan bahan kimia ini lambat laun akan menyerap ke dalam kulit bila tidak dibersihkan dengan baik. Bila terkena paparan udara, debu atau polusi, kulit yang sudah terkontaminasi bahan kimia akan mudah mengalami iritasi dan meradang.

6. Merusak Sel Kulit Wajah


Merusak Sel Kulit Wajah
pexels.com/ cottonbro

Rusaknya sel kulit wajah juga adalah bahaya tidak membersihkan make up yang mengerikan. Pasalnya, kandungan bahan kimia pada make up bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Bayangkan jika make up adalah sebuah filter, jika seharian kamu beraktifitas di luar ruangan maka sudah berapa banyak polusi, bakteri, kotoran dan berbagai hal lainnya menempel di makeup?

Semakin lama kita terpapar lingkungan maka kemungkinan zat-zat berbahaya menempel lebih banyak. Dampak paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini, sedangkan dampak yang paling parah adalah kanker kulit.

7. Mengganggu Kesehatan Bibir


Mengganggu Kesehatan Bibir
pexels.com

Sama seperti mata, bibir juga menjadi bagian yang kerap terkena make up. Alhasil jika kalian tak rajin membersihkannya, makan kesehatan bibir akan terganggu. Tidak membersihkan lipstik pada area bibir kamu bisa menyebabkan bibir menjadi kering bahkan memicu terjadinya bibir pecah-pecah.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias menghitam. Jadi, setelah mengenakan lipstik yang highly pigmented seperti matte liquid lipstick, sebaiknya kamu melakukan scrub bibir setelah menghapus lipstik tersebut. Kemudian, aplikasikan lip balm sesaat sebelum tidur.

8. Percepat Penuaan Dini


Percepat Penuaan Dini
pexels.com/cottonbro

Ketika zat kimia pada make up menempel dalam waktu lama dan tidak segera kamu bersihkan, maka hal ini dapat mencederai kulitmu dan menimbulkan masalah jangka panjang. Zat kimia ini dapat menimbulkan kerut serta tanda penuaan lainnya yang mencegah kulit dari mekanisme peremajaan kulit.

Selain itu, pembersihan make up yang terburu-buru juga enggak baik. Pembersihan yang terburu-buru tidak akan membuat makeup mata bersih. Gunakan kapas yang telah diberi cairan pembersih. Tempelkan pada mata selama beberapa detik lalu bersihkan.

Intip artikel ini juga yuk untuk mengetahui beberapa rekomendasi cleansing oil yang ampuh bersihkan wajah. Kalian juga harus intip juga beberapa kebiasaan dalam merawat wajah yang justru bikin jerawat terus bermunculan di sini.

You can share this post!

Related Posts